Obi, Halmahera Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Obi
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Maluku Utara
Kabupaten Halmahera Selatan
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -

Obi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Kecamatan Obi berada di Pulau Obi bagian utara, terdiri dari 2 desa utama yaitu Laiwui dan desa pelabuhan Jikotamo, termasuk kecamatan ini pula 2 pulau di lepas pantai utara yaitu Pulau Bisa dan Pulau Tapa.

Sumber daya alam[sunting | sunting sumber]

Pulau Obi memiliki potensi tambang nikel yang saat ini sedang di eksplorasi oleh PT. ANTAM Tbk di desa Kawasi. Selain itu juga memilki hutan asli yang saat ini terancam oleh penebangan liar.

Fasilitas publik[sunting | sunting sumber]

kecamatan Obi memiliki satu puskesmas, satu kantor pos dan serta polres dan koramil. Komunikasi masyarakat menggunaka warung telepon satelit yang tersedia di kantor pos. Listrik PLN hanya tersedia mulai pk 18.00 sampai dengan 06.00 WIT. Ketersediaan air di jamin oleh PAM namun masih terbatas di desa-desa utama. Tranportasi masuk dan keluar kecamatan dilayani oleh kapal penumpang swasta rute Jikotamu-Bacan-Ternate. Transportasi darat dilayani oleh ojek dan beberapa mobil angkutan.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Warga etnis Tionghoa mendominasi aktivitas ekonomi diikuti oleh Minangkabau. Bahan-bahan kebutuhan pokok dipasok terutama dari Manado, mata pencaharian utama masyarakat adalah nelayan dan berkebun, banyak warga memiliki kebun cengkeh dan kelapa.