Nicolaas Jouwe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Nicolaas Jouwe (1962)

Nicolaas Jouwe (lahir di Jayapura, Papua, 24 November 1923 – meninggal di Jakarta, 16 September 2017 pada umur 93 tahun) adalah mantan tokoh OPM.

Pada tahun 2010, Nicolaas Jouwe kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan mendapatkan kewarganegaraan jadi WNI.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nicolaas Jouwe adalah pemimpin Papua yang terpilih sebagai wakil presiden dari Dewan Nugini yang mengatur koloni Belanda, Nugini Belanda. Sementara itu yang bertindak sebagai presiden dari Dewan Nugini adalah seorang pegawai negeri Belanda, Frits Sollewijn Gelpke, Jouwe adalah politisi Papua yang mendapat jabatan tertinggi di koloni tersebut. Setelah koloni tersebut diserahkan ke UNTEA pada Oktober 1962 dan enam bulan kemudian diserahkan ke Indonesia, Jouwe meninggalkan Papua dan pergi ke Belanda, disana ia menetap di kota Delft. Dia bersumpah tidak akan pernah kembali ke tanah kelahirannya jika masih diduduki oleh Indonesia, namun pada tahun 2010 ia kembali ke Papua Barat dan kembali menjadi WNI.[1] Pada saat itu Jouwe berubah dari seorang yang pro-kemerdekaan Papua menjadi pro-Indonesia.

Pada bulan Oktober 2008, sebuah film dokumenter ditayangkan di televisi Belanda berisi tentang kehidupan Jouwe. Dalam film dokumenter itu, Jouwe menegaskan sikapnya untuk tidak kembali ke Papua Barat yang diduduki Indonesia. Namun pada bulan Januari 2009, ia diundang oleh pemerintah Indonesia untuk mengunjungi tanah leluhurnya. Jouwe merespon positif, dan ia akhirnya mengunjungi Papua dan Indonesia pada Maret 2009.[2] Tentang kunjungannya itu, sebuah film dokumenter lanjutan dibuat oleh sutradara yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Tokoh Organisasi Papua Merdeka Kembali Jadi WNI ANTARANEWS.COM 15 Mei 2010
  2. ^ Schouten E. (2009) "Praten met Jakarta, beter dan strijd," NRC Handelsblad. 24 March.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Belanda) Hollanddoc.nl - Koning zonder land: film dokumenter tentang kehidupan Jouwe.
  • (Belanda) Hollanddoc.nl - Land zonder koning: film dokumenter tentang kunjungan Jouwe ke Papua dan Indonesia pada bulan Maret 2009.