Ngesrep, Ngemplak, Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ngesrep
Desa
Ngesrep-ngemplak-boyolali-map.jpg
Peta lokasi Desa Ngesrep
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Boyolali
Kecamatan Ngemplak
Kodepos 57375
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Ngesrep adalah desa di kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia.

Di wilayah Desa Ngesrep terdapat kompleks Pangakalan TNI Angkatan Udara dan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo. Dan sebuah alun-alun dibangun di pojok persimpangan Bandara. Selain itu di jalan utama desa ini (Persimpangan Bandara belok arah kiri/barat) banyak terdapat rumah warga dan kawasan pertokoan. Perkampumgan warga dapat ditemui di Dukuh Kaliwungu, Mangu, Tanjungsari dan dukuh lainnya.

Jika ingin menuju ke kawasan wisata Waduk Cengklik di Desa Ngargorejo dari arah Colomadu atau Kota Surakarta akan melewati desa ini. Begitu juga jika ingin menuju ke wilayah Kabupaten Boyolali bagian utara seperti Kecamatan Nogosari juga melewati jalan raya di wilayah desa ini.

Desa ini adalah salah satu desa di Kecamatan Ngemplak yang berbatasan di bagian selatan dengan Sungai Pepe, selain Gagaksipat, Donohudan dan Sawahan.

Luas wilayah desa Ngesrep adalah 252.1684 ha.

Desa Ngesrep memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat desa yang adil makmur dengan bertumpu pada sektor pertanian, peternakan, perdagangan dan home industri.

Asal mula nama “Ngesrep” menurut sesepuh desa, bermula sejak zaman dahulu sebelum kemerdekaan ada seorang Kiyai yang bernama Mbah Gareng, beliau adalah orang yang mengajarkan agama Islam di desa.

Karena rajinnya warga dalam menjalankan ibadah maka tercetuslah Desa Ngesrep yang berarti sregep ibadah.

Demi meningkatkan perekonomian desa, banyak warga yang terjun menjadi pengusaha home industri. Banyak potensi yang sudah dikembangkan warganya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Batas[sunting | sunting sumber]