Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu
Gambar sampul novel ringan volume pertama
無職転生 〜異世界行ったら本気だす〜
(Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu)
Genre
Seri novel
PengarangRifujin na Magonote
PenerbitShōsetsuka ni Narō
Terbit22 November 20123 April 2015
Volume25 (Daftar volume)
Novel ringan
PengarangRifujin na Magonote
IlustratorShirotaka
PenerbitMedia Factory
Penerbit bahasa Inggris
ImprintMF Books
DemografiPria
Terbit23 Januari 201425 November 2022
Volume26 (Daftar volume)
Manga
PengarangRifujin na Magonote
IlustratorYuka Fujikawa
PenerbitMedia Factory
Penerbit bahasa Inggris
MajalahMonthly Comic Flapper
DemografiSeinen
Terbit2 Mei 2014 – sekarang
Volume20 (Daftar volume)
Drama audio
Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu 〜 Ten'i Meikyū-hen
StudioFrontier Works
Rilis26 April 2017
Manga
Mushoku Tensei: Roxy Datte Honki Desu
PengarangRifujin na Magonote
IlustratorShoko Iwami
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
MajalahComic Walker
DemografiSeinen
Terbit21 Desember 2017 – sekarang
Volume6
Manga
Mushoku Tensei: 4-koma ni Natte mo Honki Dasu
PengarangRifujin na Magonote
IlustratorNogiwa Kaede
PenerbitASCII Media Works
MajalahComic Dengeki Daioh "G"
DemografiShōnen
Terbit25 Oktober 201827 Agustus 2020
Volume3
Seri anime
SutradaraManabu Okamoto
SkenarioManabu Okamoto
MusikYoshiaki Fujisawa
StudioStudio Bind
PelisensiFunimation
Saluran
asli
Tokyo MX, KBS, BS11, SUN
Tayang 11 Januari 2021 – sekarang
Episode23 + OVA (Daftar episode)
Permainan
Mushoku Tensei ~ Gēmu ni Natte mo Honki Dasu
PengembangAiming Co., Ltd.
PenerbitBeaglee Co., Ltd.
GenreRPG
PlatformiOS / Android
Rilis2021
 Portal anime dan manga

Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu (Jepang: 無職転生 〜異世界行ったら本気だす〜) adalah sebuah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Rifujin na Magonote. Mengisahkan tentang seorang pria pengangguran dan putus asa yang bereinkarnasi ke dunia fantasi sambil mempertahankan ingatannya, ia bertekad untuk menjalani kehidupan barunya tanpa penyesalan. Seri ini awalnya diterbitkan di situs web berisi novel karya penggunanya Shōsetsuka ni Narō pada tanggal 22 November 2012. setahun kemudian diumumkan bahwa seri tersebut akan menerima rilis dalam bentuk cetak di bawah imprint MF Books terbitan Media Factory dengan ilustrasi yang dibuat oleh seorang pengguna Pixiv bernama Shirotaka.

Sebuah adaptasi manga oleh Yuka Fujikawa mulai dimuat berseri dalam majalah Monthly Comic Flapper pada edisi Juni 2014. Penerbit Seven Seas Entertainment telah melisensikan volume tankōbon dari manga tersebut untuk diterbitkan di wilayah Amerika Utara dan perusahaan tersebut juga melisensikan seri novel ringannya. Pada peringkat Syosetu, web novel masuk sebagai karya paling populer di situs web tersebut.[2] Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Studio Bind dijadwalkan tayang perdana pada tanggal 11 Januari 2021.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang NEET Jepang berusia 34 tahun yang tidak diketahui namanya, ia diusir dari rumah setelah kematian orang tuanya. Setelah beberapa kali intropeksi diri, ia menyimpulkan bahwa kehidupan yang ia jalani pada akhirnya tidak ada gunanya. Ia mencegat truk yang sedang melaju menuju sekelompok remaja mencoba melakukan sesuatu yang sangat berarti sekali dalam hidupnya, dan berhasil menyelamatkan salah satu dari mereka dari jalan yang berbahaya sebelum akhirnya ia meninggal.

Terbangun dalam tubuh bayi, ia segera menyadari bahwa dirinya telah bereinkarnasi ke dunia pedang dan sihir, kemudian ia memutuskan untuk menjadi sukses dalam kehidupan barunya, membuang identitas masa lalunya untuk kehidupan barunya sebagai Rudeus Greyrat. karena faktor genetik dan pelatihan lebih awal, Rudeus menjadi sangat ahli dalam sihir. Selama masa kecilnya ia menjadi murid Roxy Migurdia, berteman dengan Sylphiette, dan menjadi guru Eris Boreas Greyrat. tak lama setelah itu, terjadi bencana yang menyebabkan semua orang diteleportasi ke segala penjuru dunia, dan Rudeus memutuskan untuk mengantar Eris pulang. Selama perjalannya, Rudeus menerima beberapa nasihat dari Dewa Manusia (Hitogami) dan berteman dengan Ruijerd Supardia. Setelah berhasil mengantar Eris pulang, terjadi kesalahpahaman dengan Eris yang membuat Rudeus patah hati.

Dua tahun kemudian setelah insiden dengan Eris yang membuat Rudeus terkena impotensi, ia memutuskan untuk mendaftar di Akademi Sihir Ranoa di bawah nasihat Dewa Manusia untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Di sana ia bertemu kembali dengan Sylphiette yang telah menyembuhkan impotensi pada dirinya dan keduanya menikah tak lama kemudian. Rudeus menerima permintaan untuk bergabung dalam misi ayahnya untuk menyelamatkan ibunya dan mengabaikan nasihat dewa manusia ketika melakukannya. Di sana Rudeus bertemu kembali dengan Roxy, lalu membangun hubungan romantis dengannya selama perjalanan pulang dan ia menjadikan Roxy sebagai istri keduanya. Kemudian Rudeus dikunjungi oleh dirinya dari masa depan yang sedang sekarat dan memperingatkannya bahwa Dewa Manusia akan menyebabkan kematian terhadap orang-orang yang ia sayangi. Untuk menenangkan Dewa Manusia, Rudeus mencoba membunuh salah satu musuh dia yaitu Dewa Naga bernama Orsted akan tetapi ia gagal, sebaliknya Rudeus menawarkan kesetiaannya kepada Orsted sebagai balasan atas perlindungan kepada keluarganya, dan Tak lama kemudian, Rudeus menjadikan Eris sebagai istri ketiganya.

Seri ini berlanjut secara episodik dengan serangkaian alur cerita yang terjadi di sekitar Rudeus yang bekerja dengan Orsted, serta kehidupan sehari-harinya dan keluarganya yang sedang tumbuh. Setelah serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Musuh - musuhnya terhadap Rudeus gagal, Dewa Manusia menyerah pada rencananya untuk melawan Rudeus, dan memilih untuk melawan keturunan Rudeus sebagai gantinya. Rudeus menjalani sisa hidupnya dengan damai sebelum kematiannya pada usia 74 tahun.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Rudeus Greyrat (ルーデウス・グレイラット, Rūdeusu Gureiratto)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita (dirinya dahulu),[3] Yumi Uchiyama[4]
Sebelum bereinkarnasi ia adalah seorang NEET Jepang berusia 34 tahun yang kelebihan berat badan dan menjadi orang yang mengurung diri (hikikomori) setelah mengalami penganiayaan di sekolah menengahnya.WN 1.P Setelah bereinkarnasi ia membuang identitas masa lalunya dan berusaha menjadikan kehidupan barunya dengan lebih baik sebagai Rudeus Greyrat. Karena itu ia mencoba menjadi pria yang baik hati meskipun telah mengalami penganiayaan pada kehidupan masa lalunya yang terkadang muncul dan membuatnya takut terhadap orang-orang di sekitarnya. Karena ia masih mempertahankan ingatan serta kecerdasannya, Rudeus dapat memulai pelatihan sihir pada usia tiga tahun dan mampu mempelajari cara merapal sihir tanpa mengucapkan mantra. Selain itu ia mewarisi Faktor Laplace sehingga memberinya kapasitas sihir yang besar serta karena pelatihan di usianya yang masih muda.WN 17.167 Karena Roxy Migurdia membantunya mengatasi ketakutannya terhadap dunia luar, ia memujanya seperti dewi dan ia sangat menghormatinya.WN 1.10 Selama waktu luangnya, Rudeus membuat patung-patung kecil untuk meningkatkan sihir bumi miliknya yang telah menjadi sihir utamanya. Di masa depan alternatif di mana Dewa Manusia membunuh semua orang yang ia cintai—Rudeus yang gagal melakukan balas dendam kemudian melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk memperingatkan dirinya di masa tersebut.WN 16.156 Karena reinkarnasi istimewanya, Rudeus kebal terhadap kutukan yang memungkinkan ia berteman dengan Ruijerd Supardia dan Orsted. WN 17.166 kekebalan ini juga diturunkan kepada keturunannya.
Sylphiette Greyrat (シルフィエット・グレイラット, Shirufietto Gureiratto)
Pengisi suara: Ai Kayano[4]
Yang biasa dipanggil Sylphy adalah teman masa kecil Rudeus yang merupakan bagian dari ras manusia, elf, dan hewan. Karena Faktor Laplace-nya, yaitu sebuah materi genetik yang memberi pemiliknya kemampuan sihir yang dapat ditingkatkan jika dilatih pada usia yang masih muda, dan dia memiliki rambut berwarna hijau.WN 17.166 Rudeus telah membantunya belajar cara merapal sihir tanpa mengucapkan mantra. Setelah bencana teleportasi terjadi rambutnya berubah menjadi putih karena persediaan sihirnya habis.WN 9.81 Berkat kemampuan sihirnya dia ditugaskan menjadi pengawal Ariel Anemoi Asura dengan identitas sebagai seorang laki-laki bernama Fitz (フィッツ, Fittsu).WN 9.82 Karena konflik Kerajaan Asura dalam memperebutkan mahkota, Ariel dan para pengawalnya memutuskan untuk mendaftar di Akademi Sihir Ranoa.WN 9.83 Sylphy yang tidak memiliki nama gadis kemudian mengambil nama Rudeus setelah dia menikah. Dia melahirkan seorang putri bernama Lucy Greyrat (ルーシー・グレイラット, Rūshī Gureiratto) dan seorang putra bernama Sieghart Saladin Greyrat (ジークハルト・サラディン・グレイラット, Jīkuharuto Saradin Gureiratto).
Roxy Migurdia (ロキシー・ミグルディア, Rokishī Migurudia)
Pengisi suara: Konomi Kohara[4]
Seorang penyihir dari ras Migurdia yang terkenal dengan telepati, rambut biru, penampilan muda, dan umur panjangnya. Karena tidak bisa menggunakan telepati, dia meninggalkan desanya karena merasa terisolasi dari teman-temannya.WN 5.S Tidak dapat hidup stabil sebagai petualang, dia menjadi guru keliling dan akhirnya menjadi guru Rudeus. Setelah insiden teleportasi, Roxy membantu Paul mencari orang-orang yang selamat di dunia.WN 2.S Dia menjadi istri kedua Rudeus setelah menyelamatkan ZenithWN 13.131 dan melahirkan dua anak perempuan yang bernama Lily Greyrat (リリ・グレイラット, Riri Gureiratto), dan Lara Greyrat (ララ・グレイラット, Rara Gureiratto) yang merupakan sang penyelamat dunia.WN 19.197
Eris Boreas Greyrat (エリス・ボレアス・グレイラット, Erisu Boreasu Gureiratto)
Pengisi suara: Ai Kakuma[4]
Seorang gadis bangsawan dan kerabat jauh Rudeus. Dia memiliki karakter tsundere dengan sifat temperamentalnya, akan tetapi dia memiliki potensi dalam jurus Dewa Pedang. Selama perjalanannya pulang ke rumah setelah insiden teleportasi terjadi dia tumbuh dan mencintai Rudeus. Setelah mereka bercinta satu sama lain, Eris kemudian pergi meninggalkan Rudeus untuk berlatih agar cukup layak berada di sisinya.WN 6.63 Berkat pelatihannya dia menjadi pendekar pedang yang layak yang bisa mengendalikan amarahnya serta pandai dalam menilai lawannya. Dia menjadi istri ketiga Rudeus dan melahirkan seorang putra bernama Ars Greyrat (アルス・グレイラット, Arusu Gureiratto) dan seorang putri bernama Christina Greyrat (クリスティーナ・グレイラット, Kurisutīna Gureiratto).

Media[sunting | sunting sumber]

Rifujin na Magonote menerbitkan karyanya di situs web novel Shōsetsuka ni Narō. bab pertama diterbitkan pada tanggal 22 November 2012.[5] Pada bulan November 2013 penulis mengumumkan karyanya akan dirilis sebagai novel ringan di bawah Imprint MF Books terbitan Media Factory. Meskipun demikian, penulis menyatakan niatnya untuk terus menerbitkan bab-babnya secara daring.[6] Ilustrator untuk novel ringan adalah seorang pengguna Pixiv bernama Shirotaka.[7] Seven Seas Entertainment telah melisensikan novel ringan tersebut untuk diterbitkan di Amerika Utara.[8]

Daftar volume web novel[sunting | sunting sumber]

Nomor volume. Judul Tanggal rilis web novel[5]
1 Childhood (幼年期, Yōnen-ki) 22 November – 2 Desember 2012
Seorang NEET berusia 34 tahun diusir dari rumahnya setelah kematian orang tuanya. Ia melihat sebuah truk yang melaju menuju sekelompok remaja dan ia berhasil menyelamatkan salah satu dari mereka sebelum akhirnya meninggal. Ia kemudian terbangun dalam tubuh seorang bayi dan ia menyadari bahwa dirinya telah bereinkarnasi ke dunia pedang dan sihir. Ia memutuskan untuk menjadi sukses dalam kehidupan barunya dengan membuang identitas masa lalunya untuk kehidupan barunya sebagai Rudeus Greyrat. Pada saat berusia 3 tahun, Rudeus belajar tentang sihir sendirian dan mulai berlatih untuk meningkatkan kapasitas mana dalam dirinya. Menyadari bakatnya dalam sihir, orang tua Rudeus mempekerjakan seorang gadis bernama Roxy Migurdia untuk menjadi guru privatnya. Selama dua tahun bersama Roxy, Rudeus belajar banyak tentang dunia dan ia juga berhasil menghilangkan trauma yang membuatnya menjadi orang yang mengurung diri. Setelah kepergian Roxy, Rudeus berteman baik dengan seorang gadis yang mengalami perundungan dan dia bernama Slyphy, yang mana Rudeus mengira bahwa Slyphy adalah seorang laki-laki. Rudeus mengajari Slyphy semua yang ia tahu, yang membuat dia menjadi mahir dalam sihir. Menyadari ketergantungan Rudeus dengan Slyphy yang menghambat potensi dalam dirinya, ayah Rudeus, Paul Greyrat mengirim Rudeus ke kerabatnya untuk menjelaskan kepadanya tentang dunia.
2 Boyhood: Home Tutor Part (少年期 家庭教師編, Shōnen-ki Kateikyōshi-hen) 9 Desember 2012 – 16 Desember 2012
3 Boyhood: Adventurers Introduction Part (少年期 冒険者入門編, Shōnen-ki Bōken-sha Nyūmon-hen) 23 Desember 2012 – 13 Januari 2013
4 Boyhood: Journey Part (少年期 渡航編, Shōnen-ki Tokō-hen) 14 Januari 2013 – 24 Januari 2013
5 Boyhood: Reunion Part (少年期 再会編, Shōnen-ki Saikai-hen) 7 Februari 2013 – 17 Februari 2013
6 Boyhood: Homecoming Part (少年期 帰郷編, Shōnen-ki Kikyō-hen) 16 Maret 2013 – 29 Maret 2013
7 Adolescence: Admission Part (少年期 入学編, Seishōnen-ki Nyūgaku-hen) 16 April 2013 – 22 April 2013
8 Adolescence: Special Student Part (少年期 特別生掌握編, Seishōnen-ki Tokubetsu-sei Shōaku-hen) 23 April – 9 Mei 2013
9 Adolescence: Sylphiette Part (少年期 シルフィエット編, Seishōnen-ki Shirufietto-hen) 8 Juni 2013 – 18 Juni 2013
10 Adolescence: Newlywed Part (少年期 新婚編, Seishōnen-ki Shinkon-hen) 26 Juni – 2 Juli 2013
11 Adolescence: Younger Sister Part (少年期 妹編, Seishōnen-ki Imōto-hen) 28 Juli – 9 Agustus 2013
12 Adolescence: Begaritto Continent Part (少年期 ベガリット大陸編, Seishōnen-ki Begaritto Tairiku-hen) 30 Agustus – 6 September 2013
13 Adolescence: Labyrinth Part (少年期 迷宮編, Seishōnen-ki Meikyū-hen) 5 Oktober 2013 – 21 Oktober 2013
14 Young Man: Everyday Part (青年期 日常編, Seinen-ki Nichijō-hen) 23 November – 4 Desember 2013
15 Young Man: Summoning Part (青年期 召喚編, Seinen-ki Shōkan-hen) 6 Januari 2014 – 17 Januari 2014
16 Young Man: Human-god Part (青年期 人神編, Seinen-ki Hito-gami-hen) 17 Februari 2014 – 28 Februari 2014
17 Young Man: Kingdom Part (青年期 王国編, Seinen-ki Ōkoku-hen) 1 April 2014 – 11 April 2014
18 Young Man: Asura Kingdom Part (青年期 アスラ王国編, Seinen-ki Asura Ōkoku-hen) 22 Mei – 4 Juni 2014
19 Young Man: Subordinates Part (青年期 配下編, Seinen-ki Haika-hen) 3 Juli 2014 – 13 Juli 2014
20 Young Man: Zanoba Part (青年期 ザノバ編, Seinen-ki Zanoba-hen) 21 Agustus – 2 September 2014
20.5 Part 2 (間章, Kanshō) 16 Oktober 2014 – 21 Oktober 2014
21 Young Man: Cliff Part (青年期 クリフ編, Seinen-ki Kurifu-hen) 7 November 2014 – 22 November 2014
22 Young Man: Organization Part (青年期 組織編, Seinen-ki Soshiki-hen) 5 Januari 2015 – 15 Januari 2015
23 Young Man: Battle Part (青年期 決戦編, Seinen-ki Kessen-hen) 1 Maret 2015 – 15 Maret 2015
24 Conclusion Part (青年期 完結編, Kanketsu-hen) 3 April 2015

Daftar volume novel ringan[sunting | sunting sumber]

Nomor volume. Konten Tanggal rilis Jepang ISBN Jepang Tanggal rilis bahasa Inggris ISBN Inggris
Digital Fisik
1 Web Novel 1 02014-01-2424 Januari 2014[9] ISBN 978-4-04-066220-6 02019-04-044 April 2019 02019-05-2121 Mei 2019[10] ISBN 978-1-64275-138-3
2 Web Novel 2 02014-03-2525 Maret 2014[11] ISBN 978-4-04-066393-7 02019-05-2323 Mei 2019 02019-07-3030 Juli 2019[12] ISBN 978-1-64275-140-6
3 Web Novel 3 02014-03-2525 Maret 2014[13] ISBN 978-4-04-066755-3 02019-08-011 Agustus 2019 02019-10-2929 Oktober 2019[14] ISBN 978-1-64275-705-7
4 Web Novel 4 02014-08-2525 Agustus 2014[15] ISBN 978-4-04-066961-8 02019-10-1010 Oktober 2019 02020-01-077 Januari 2020[16] ISBN 978-1-64505-179-4
5 Web Novel 5 02014-10-2424 Oktober 2014[17] ISBN 978-4-04-067130-7 02020-01-1616 Januari 2020 02020-04-1414 April 2020[18] ISBN 978-1-64505-228-9
6 Web Novel 6 02015-02-2525 Februari 2015[19] ISBN 978-4-04-067412-4 02020-04-022 April 2020 02020-07-2828 Juli 2020[20] ISBN 978-1-64505-488-7
7 Cerita Asli antara Web Novel 6 dan 7 02015-08-2525 Agustus 2015[21] ISBN 978-4-04-067759-0 02020-07-099 Juli 2020 02020-10-2727 Oktober 2020[22] ISBN 978-1-64505-753-6
8 Web Novel 7 dan dimulai dari 8 02015-10-2323 Oktober 2015[23] ISBN 978-4-04-067946-4 02020-10-011 Oktober 2020 02020-12-088 Desember 2020[24] ISBN 978-1-64505-793-2
9 Akhir dari Web Novel 8 dan bagian dari 9 02016-01-2525 Januari 2016[25] ISBN 978-4-04-068046-0 02021-01-2121 Januari 2021 02021-03-3030 Maret 2021[26] ISBN 978-1-64505-952-3
10 Web Novel 10 dan dimulai dari 11 02016-03-2525 Maret 2016[27] ISBN 978-4-04-068192-4 02021-03-2525 Maret 2021 02021-04-2020 April 2021[28] ISBN 978-1-64827-087-1
11 Akhir dari Web Novel 11 dan 12 02016-05-2525 Mei 2016[29] ISBN 978-4-04-068347-8 02021-05-066 Mei 2021 02021-06-011 Juni 2021[30] ISBN 978-1-64827-222-6
12 Web Novel 13 02016-08-2525 Agustus 2016[31] ISBN 978-4-04-068483-3 02021-07-1515 Juli 2021 02021-08-1717 Agustus 2021[32] ISBN 978-1-64827-260-8
13 Web Novel 14 02016-12-2222 Desember 2016[33] ISBN 978-4-04-068745-2 02021-09-2323 September 2021 02021-11-1616 November 2021[34] ISBN 978-1-64827-322-3
14 Web Novel 15 02017-04-2525 April 2017[35] ISBN 978-4-04-069189-3 02021-11-2525 November 2021 02022-01-1818 Januari 2022[36] ISBN 978-1-64827-360-5
15 Web Novel 16 02017-07-2525 Juli 2017[37] ISBN 978-4-04-069355-2 02022-02-1717 Februari 2022 02022-04-055 April 2022[38] ISBN 978-1-63858-128-4
16 Web Novel 17 02017-10-2525 Oktober 2017[39] ISBN 978-4-04-069587-7 02022-04-2121 April 2022 02022-05-1010 Mei 2022[40] ISBN 978-1-63858-194-9
17 Web Novel 18 02018-01-2525 Januari 2018[41] ISBN 978-4-04-069664-5 02022-06-1616 Juni 2022 02022-07-1919 Juli 2022[42] ISBN 978-1-63858-241-0
18 Web Novel 19 02018-05-2525 Mei 2018[43] ISBN 978-4-04-069925-7 02022-07-1414 Juli 2022 02022-10-2525 Oktober 2022[44] ISBN 978-1-63858-350-9
19 Web Novel 20 02018-08-2525 Agustus 2018[45] ISBN 978-4-04-065167-5 02022-09-2929 September 2022 02022-11-088 November 2022[46] ISBN 978-1-63858-765-1
20 Web Novel 20.5 dan dimulai dari 21 02019-01-2525 Januari 2019[47] ISBN 978-4-04-065502-4 02023-01-3131 Januari 2023[48] ISBN 978-1-63858-860-3
21 Akhir dari Web Novel 21 02019-03-2525 Maret 2019[49] ISBN 978-4-04-065637-3 02023-03-2121 Maret 2023[50] ISBN 978-1-63858-978-5
22 Dimulai dari Web Novel 22 02019-07-2525 Juli 2019[51] ISBN 978-4-04-065908-4 02023-06-066 Juni 2023[52] ISBN 978-1-68-579636-5
23 Akhir dari Web Novel 22 02020-06-2525 Juni 2020[53] ISBN 978-4-04-064540-7
24 Dimulai dari Web Novel 23 02020-12-2525 Desember 2020[54] ISBN 978-4-04-680069-5
25 Dimulai dari Web Novel 24 02021-09-2525 September 2021[55] ISBN 978-4-04-680509-6
26 02022-11-2525 November 2022[56] ISBN 978-4-04-681933-8

Manga[sunting | sunting sumber]

Dalam majalah Monthly Comic Flapper edisi Mei 2014, diumumkan bahwa adaptasi manga Mushoku Tensei oleh Yuka Fujikawa akan diterbitkan perdana pada bulan Juni 2014,[57][58] meskipun Yuka adalah penulis seri manga, desain karakternya dikerjakan oleh Shirotaka.[59] Media Works telah membundel Bab-bab tunggalnya menjadi volume tankōbon, volume pertama dirilis pada bulan Oktober 2014.[59] Pada bulan Januari 2015 Seven Seas Entertainment mengumumkan pelisensian seri manga tersebut untuk diterbitkan di Amerika Utara dengan judul Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation.[60]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis JepangISBN JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 23 Oktober 2014[61]ISBN 978-4-04-066884-024 November 2015[62]ISBN 978-1-626922-35-8
2 23 Maret 2015[63]ISBN 978-4-04-067293-99 Februari 2016[64]ISBN 978-1-626922-44-0
3 19 September 2015[65]ISBN 978-4-04-067808-57 Juni 2016[66]ISBN 978-1-626922-79-2
4 23 Maret 2016[67]ISBN 978-4-04-068226-618 Oktober 2016[68]ISBN 978-1-626923-42-3
5 23 September 2016[69]ISBN 978-4-04-0694-18-418 April 2017[70]ISBN 978-1-626924-54-3
6 23 Maret 2017[71]ISBN 978-4-040691-09-124 Oktober 2017[72]ISBN 978-1-626925-62-5
7 23 September 2017[73]ISBN 978-4-040694-18-424 April 2018[74]ISBN 978-1-626927-23-0
8 23 Maret 2018[75]ISBN 978-4-040697-76-518 Desember 2018[76]ISBN 978-1-626929-45-6
9 23 Oktober 2018[77]ISBN 978-4-040651-00-220 Agustus 2019[78]ISBN 978-1-642751-19-2
10 23 Maret 2019[79]ISBN 978-4-040655-76-525 Februari 2020[80]ISBN 978-1-64505-204-3
11 23 Oktober 2019[81]ISBN 978-4-040640-46-48 September 2020[82]ISBN 978-1-64505-740-6
12 23 Maret 2020[83]ISBN 978-4-040644-69-116 Februari 2021[84]ISBN 978-1-64827-077-2
13 20 Agustus 2020[85]ISBN 978-4-04064-816-36 Juli 2021[86]ISBN 978-1-64827-283-7
14 21 Januari 2021[87]ISBN 978-4-04680-113-515 Februari 2022[88]ISBN 978-1-63858-105-5
15 23 Juni 2021[89]ISBN 978-4-04680-670-39 Agustus 2022[90]ISBN 978-1-63858-608-1
16 22 November 2021[91]ISBN 978-4-04680-885-17 Maret 2023[92]ISBN 978-1-68579-472-9
17 22 Juni 2022[93]ISBN 978-4-04-681385-58 Agustus 2023[94]ISBN 978-1-68579-915-1
18 22 Desember 2022[95]ISBN 978-4-04-681985-75 Maret 2024[96]ISBN 979-8-88843-373-7
19 22 Juli 2023[97]ISBN 978-4-04-682607-7
20 22 Februari 2024[98]ISBN 978-4-04-683275-7

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Maret 2019, situs web resmi MF Books mengumumkan bahwa proyek adaptasi anime dari novel ringan Mushoku Tensei akan diproduksi.[99] Anime tersebut kemudian diumumkan pada tanggal 18 Oktober 2019 sebagai seri televisi yang akan dianimasikan oleh Studio Bind dan disutradarai oleh Manabu Okamoto, dengan Kazutaka Sugiyama sebagai perancang desain karakter, musiknya diciptakan oleh Yoshiaki Fujisawa, dan Egg Firm dikreditkan untuk produksi.[100] Seri ini awalnya dijadwalkan tayang perdana pada tahun 2020,[101] akan tetapi pemutaran perdana ditunda hingga tanggal 11 Januari 2021.[4][102][a]

Lagu tema pembukanya berjudul "The Traveler's Song" (旅人の唄, "Tabibito no Uta") dan lagu tema penutupnya yang berjudul "Only" (オンリー, "Onrī") keduanya dibawakan oleh Yuiko Ōhara.[103] Funimation telah melisensikan seri tersebut dan menayangkannya secara streaming di situs webnya di Amerika Utara, Meksiko, Brasil, dan Kepulauan Inggris. Sementara di Eropa melalui Wakanim, dan di Australia dan Selandia Baru melalui AnimeLab.[104] Muse Communication telah melisensikan seri tersebut di Asia Tenggara dan Asia Selatan dan menayangkannya secara streaming di saluran YouTube Muse Asia milik mereka, untuk iQIYI dan Bilibili di Asia Tenggara.[105] Serta mendapatkan serial sulih suara berbahasa Indonesia.[106]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada peringkat Syosetu, web novel masuk sebagai karya paling populer di situs web tersebut.[2] Novel ringannya telah muncul di tangga lagu Oricon dan juga mendapat peringkat paling populer di situs T-site.[107][108][109][110]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  • ^WN merepresentasikan seri web novel dalam format X dan Y. di mana X mewakili volume dan Y mewakili nomor bab. P adalah singkatan dari bab prolog yang tidak diberi nomor.
  • ^LNS merepresentasikan bab khusus yang ditambahkan dalam volume novel ringan. Nomor di samping catatan menunjukkan nomor volume.
  1. ^ Tokyo MX menayangkan perdana seri ini pada tanggal 10 Januari 2021 pukul 24:00 (secara efektif pada tengah malam tanggal 11 Januari 2021).
Referensi
  1. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Novel ringan)". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 21 Mei 2020. 
  2. ^ a b "Comic Flapper's new series, Mushoku Tensei" (dalam bahasa Jepang). Natalie. 2 Mei 2014. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  3. ^ Loo, Egan (6 Desember 2020). "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Anime Announces Tomokazu Sugita in Cast, Theme Song Artist, January 10 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Desember 2020. 
  4. ^ a b c d e Pineda, Rafael Antonio (19 Juni 2020). "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Anime Reveals Cast, 2021 Delay". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Juni 2020. 
  5. ^ a b Rifujin na Magonote. "Mushoku Tensei official web novel website" (dalam bahasa Jepang). Shōsetsuka ni Narō. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  6. ^ Rifujin na Magonote (23 November 2013). "Light Novel adaptation" (dalam bahasa Jepang). Shōsetsuka ni Narō. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  7. ^ Shirotaka (4 November 2014). "Mushoku Tensei light novel 5 and manga released" (dalam bahasa Jepang). Twitter. Diakses tanggal 15 Februari 2015. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (8 Juli 2018). "Seven Seas Adds Railgun, Kobayashi's Dragon Maid, Orphen Spinoff Manga; 3 Light Novel Series". Anime News Network. Diakses tanggal 8 Juli 2018. 
  9. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 1" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  10. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 1" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  11. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 2" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  12. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 2" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  13. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 3" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  14. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 3" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  15. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 4" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  16. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 4" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  17. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 5" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  18. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 5" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  19. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 6" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  20. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 6" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  21. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 7" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 26 Oktober 2015. 
  22. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 7" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  23. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 8" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  24. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 8" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  25. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 9" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  26. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 9" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  27. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 10" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  28. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 10" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  29. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 11" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  30. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 11" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  31. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 12" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  32. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 12" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  33. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 13" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  34. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 13" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  35. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 14" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  36. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 14" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  37. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 15" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  38. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 15" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  39. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 16" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  40. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 16" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  41. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 17" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  42. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 17" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  43. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 18" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  44. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 18" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  45. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 19" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  46. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 19" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  47. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 20" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 19 Desember 2018. 
  48. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 20" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  49. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 21" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 8 November 2019. 
  50. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 21" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  51. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 22" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 8 November 2019. 
  52. ^ "Book: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Light Novel) Vol. 22" (dalam bahasa Inggris). Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  53. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 23" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 1 Juni 2020. 
  54. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 24" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Oktober 2020. 
  55. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 25" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  56. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 26" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 5 Oktober 2022. 
  57. ^ "Monthly Comic Flapper" (dalam bahasa Jepang). 2014 (Mei). Media Works. 4 April 2014. 
  58. ^ "Monthly Comic Flapper Juni 2014 issue" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Februari 2015. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  59. ^ a b "Mushoku Tensei manga volume 1" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  60. ^ Green, Scott (7 Januari 2015). "Seven Seas Licenses Akuma no Riddle, Golden Time, Mermaid in My Tub, and Mushoku Tensei Manga". Crunchyroll. Diakses tanggal 14 Februari 2015. 
  61. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 1" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  62. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  63. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 2" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  64. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 2". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  65. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 3" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  66. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 3". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  67. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 4" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  68. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 4". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  69. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 5" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  70. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  71. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 6" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  72. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 6". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  73. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 7" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  74. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 7". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  75. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 8" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  76. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 8". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  77. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 9" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  78. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 9". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  79. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 10" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  80. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 10". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  81. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 11" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  82. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 11". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  83. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 12" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  84. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 12". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 12 Januari 2021. 
  85. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 13" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  86. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 13". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 1 Mei 2022. 
  87. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 14" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 29 Januari 2021. 
  88. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 14". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 1 Mei 2022. 
  89. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 15" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  90. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 15". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 1 Mei 2022. 
  91. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 16" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  92. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 16". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 22 Desember 2022. 
  93. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 17" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 1 Mei 2022. 
  94. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 17". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 14 Oktober 2023. 
  95. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 18" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 22 Desember 2022. 
  96. ^ "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (Manga) Vol. 18". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 14 Oktober 2023. 
  97. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 19" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 14 Oktober 2023. 
  98. ^ "無職転生 ~異世界行ったら本気だす~ 20" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 28 Januari 2024. 
  99. ^ Hodgkins, Crystalyn (15 Maret 2019). "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Novels Get Anime Project". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2019. 
  100. ^ "「無職転生」に森川智之・金元寿子・Lynn、ルディらメインキャラの声聴けるPVも". Natalie (dalam bahasa Jepang). 8 Juli 2020. Diakses tanggal 21 Juli 2020. 
  101. ^ Sherman, Jennifer (18 Oktober 2019). "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Anime's Promo Unveils Staff, 2020 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 18 Oktober 2019. 
  102. ^ Loo, Egan (10 Oktober 2020). "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Anime Reveals January Debut, More Cast, Smartphone RPG". Anime News Network. Diakses tanggal 10 Oktober 2020. 
  103. ^ "Myūjikku | Terebi Anime "Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu" Kōshiki Saito" MUSIC | TVアニメ「無職転生 ~異世界行ったら本気だす」公式サイト [Music | TV Anime "Jobless Reincarnation: I Will Seriously Try If I Go To Another World" Official Website]. mushokutensei.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Januari 2021. Diakses tanggal 3 Januari 2021. 
  104. ^ "Welcome to a World of Magic! Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Streams This Winter on Funimation". Funimation. 6 Desember 2020. Diakses tanggal 6 Desember 2020. 
  105. ^ Pineda, Rafael Antonio (7 Januari 2021). "iQiyi Adds 8 Winter 2021 Anime for Southeast Asia". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Januari 2021. 
  106. ^ "Instagram Muse Indonesia". www.instagram.com. '2023-08-21'. Diakses tanggal 2023-08-21. 
  107. ^ "Oricon weekly literary rankings (October 20–26, 2014)" (dalam bahasa Jepang). Oricon. 3 November 2014. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  108. ^ "Oricon weekly literary rankings (23 February – 1 Maret 2015)" (dalam bahasa Jepang). Oricon. 9 Maret 2015. Diakses tanggal 10 Maret 2015. 
  109. ^ "Fukui Residents Vote on Favourite Local Novels" (dalam bahasa Jepang). Tsite.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-03. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 
  110. ^ "Top 50 Local Novels as Voted by Men" (dalam bahasa Jepang). Tsite.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-09. Diakses tanggal 18 Februari 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]