Museum Kereta Api Sawahlunto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Sawahlunto
  • Singkatan: SWL
  • Nomor: 7301
Sawahlunto railway station (1).JPG
Peron Stasiun Sawahlunto
Lokasi
ProvinsiSumatra Barat
KotaSawahlunto
KecamatanLembah Segar
KelurahanPasar
AlamatJalan Jenderal Ahmad Yani
Sejarah
Dibuka kembali2005 (sebagai museum)
Informasi lain
OperatorDivisi Regional II Sumatra Barat
Kelas stasiun[1]Besar
Ketinggian+262 m
Letak[2]km 155+520 lintas Teluk BayurPadangLubuk AlungSawahlunto
LayananMak Itam

Museum Kereta Api Sawahlunto adalah sebuah museum yang dahulunya merupakan stasiun kereta api di Sawahlunto yang termasuk ke dalam Divisi Regional II Sumatra Barat, dan merupakan salah satu stasiun terminus yang letaknya paling timur di Sumatra Barat. Museum ini terletak di kelurahan Pasar, kecamatan Lembah Segar, kota Sawahlunto. Museum yang terletak pada ketinggian +262 meter ini termasuk dalam Divisi Regional II Sumatra Barat, tetapi secara resmi museum ini dikelola di bawah bendera Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT Kereta Api Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 Desember 2005, Stasiun Sawahlunto diubah fungsinya menjadi museum, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla. Dengan demikian, Indonesia memiliki 2 museum kereta api, dengan yang pertama ada di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Museum ini memiliki koleksi berjumlah 106 buah yang terdiri dari gerbong (5 buah), lokomotif uap (1 buah), jam (2 buah), alat-alat sinyal atau komunikasi (34 buah), foto dokumentasi (34 buah), miniatur lokomotif (9 buah), brankas (3 buah), dongkrak rel (5 buah), label pabrik (3 buah), timbangan (3 buah), lonceng penjaga (1 buah), dan baterai lokomotif (2 buah).

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. 
  2. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Stasiun sebelumnya   Logo PT KAI (Persero) (New version 2016).svg Lintas Kereta Api Indonesia Logo of the Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia.svg   Stasiun berikutnya
Lubuk Alung–SawahluntoTerminus