Brankas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah brankas.

Brankas adalah lemari atau kotak besi tahan api yang biasa dipergunakan untuk melindungi barang-barang berharga dari bahaya kebakaran dan pencurian/pembongkaran (seperti uang, surat-surat berharga, perhiasan, dll).

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Kata Brankas adalah berasal dari Bahasa Belanda, kata branden artinya membakar dan kast artinya lemari, jadi lemari tahan kebakaran. Sedangkan dalam bahasa Indonesia Lemari Besi, yaitu lemari yang terbuat dari besi.

Dalam bahasa Inggris disebut Safes" (di banyak ulasan perihal "brankas" dalam bahasa Inggris. Juga terjemahan Google Translate). Berdasarkan ketahanannya brankas dibagi menjadi 3 jenis: 1. Steel Safes (brankas yang terbuat dari pelat besi/baja saja). Brankas seperti ini tidak tahan api dan biasanya hanya dipergunakan untuk penyimpanan uang yang relatif sedikit untuk kebutuhan operasional usaha sekala kecil. 2. Fire Safes (brankas yang sudah dilengkapi dengan fitur tahan api). Brankas jenis ini terlihat dari ketebalan body brankas dan bila diketuk terasa ada isi dari body brankas tersebut. 3. Fire and Burglar Safes (Brankas yang masuk klasifikasi Tahan Api dan Tahan Dobrak). Brankas jenis ini sangat direkomendasikan untuk digunakan karena sudah memiliki keamanan yang relatif tinggi. Biasanya sudah dilengkapi fitur relocking (penguncian otomatis yang didesain khusus). Dari fisik brankas terlihat berdinding tebal, bahan pelat juga lebih tebal dari jenis Brankas Tahan Api.

Nama Lain[sunting | sunting sumber]

Selain dikenal dengan nama Brankas, lemari penyimpanan ini juga dikenal dengan nama berbeda seperti; Lemari Besi, Brankas,Lemari Brankas Besi, Lemari Tahan Api, dsb.

Walau memiliki nama alias yang berbeda, sebenarnya semua Peralatan Kantor ini adalah produk yang sama, yaitu Brankas Besi.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Brankas umumnya berbentuk kubus/balok atau silinder. Ada berbagai jenis brankas, dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan.

Kota kecil bisa dibawa (portable) adalah cash box atau kotak uang. Masih banyak orang menyebut dengan sebutan brankas.

Fitur Brankas[sunting | sunting sumber]

Tahan Api[sunting | sunting sumber]

Brankas Tahan Api adalah brankas yang dirancang untuk melindungi isinya dari suhu tinggi atau kebakaran. Ketahanan brankas terhadap api biasanya dinilai berdasarkan jumlah waktu yang dapat mereka tahan terhadap suhu ekstrem yang dihasilkan api, sementara tidak melebihi suhu internal yang ditetapkan (177 ° C / 350 ° F). Biasanya, brankas tahan api bisa tahan antara durasi setengah jam dan empat jam.

Kunci pengamanan[sunting | sunting sumber]

Kunci pengaman pada brankas umumnya berdasarkan sistem kerjanya ada 2 macam: - Digital - Analog Tidak jarang kedua sistem tersebut di satukan. Maksudnya brankas yang bersistem digital di sertai dengan kunci analog (orang terkadang menyebutnya kunci manual, kunci kecil, kunci tambahan).

Untuk Brankas yang masuk klasifikasi tahan api dan tahan dobrak biasanya menggunakan 2 kunci analog (kunci kombinasi-putar dan kunci panjang). Macam-macam kunci brankas - Kunci Kombinasi - Kunci Panjang - Kunci kecil

Kunci Kombinasi Kunci kombinasi ada 2 jenis. Kunci kombinasi yang bisa di set berdasarkan keinginan pengguna dan ada kunci kombinasi yang sudah di set dari pabrik dan tidak bisa di set sesuai keinginan pengguna.

Kunci Kombinasi / Nomer Putar brankas secara umum dengan 3 (tiga) nomer kombinasi atau 4 (empat) nomer kombinasi. Bila mengacu pada standar ECB.S (European Certification Board of Safety) maka kunci kombinasi dengan 4 (empat) nomor kombinasi digunakan untuk brankas dengan standar keamanan yang lebih tinggi.

Kunci Panjang Kunci panjang biasanya menggunakan produk impor atau pun lokal. Biasanya berbentuk panjang minimal 10 cm. Ada yang menggunakan single bite (1 sisi) dan double bite (2 sisi), orang sering menyebut dengan istilah 1 atau 2 bendera.

Kunci kecil Ada juga brankas analog atau digital yang menggunakan kunci tambahan kecil seperti kunci-kunci laci pada umumnya.

Sistem Kunci Pengamanan brankas hanyalah sistem membuka dan bukan titik kekuatan utama brankas, jadi pilihlah brankas berdasar kekuatan brankas yang dibutuhkan bukan komplesitas sistem pengunciannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Locks, Safes, and Security: An International Police Reference, published by Charles Thomas Publishers, Springfield, Illinois, United States. (2000) ISBN 0-398-07079-2.