Mi ta-a

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ta-a mi
Mi Ta-a
SajianHidangan utama
Tempat asalTaiwan
DaerahNasional
Dibuat olehOrang Taiwan
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaMie gandum Tiongkok, sup rasa udang, udang, ketumbar, Saus Daging Taiwan, dan bawang putih
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Ta-a mi [1] ( Hanzi: 擔仔麵; Pinyin: dànzǎimiàn; Pe̍h-ōe-jī: tàⁿ-á-mī; harfiah: 'shoulder pole noodle' ), juga dikenal sebagai mie Ta-a atau mie danzai, adalah jenis makanan ringan yang ditemukan di Tainan, Taiwan .[2] Juga dikenal sebagai "Mie Ta-a Musim Slack", mereka berasal dari Tainan (di Taiwan selatan), sekitar 130 tahun yang lalu. Meskipun resep umumnya sudah diketahui, beberapa bumbu dan proporsi berbagai bahan (sup rasa udang, udang, ketumbar, dan bawang putih ) dijaga dengan baik oleh berbagai restoran/stan yang menyajikannya.[3] Meskipun tampaknya camilan sederhana, pecinta kuliner dari seluruh dunia telah memberikan pengakuan yang substansial. Ukuran porsi normal biasanya kecil, karena dianggap lebih sebagai camilan daripada hidangan utama. Itu juga di sisi pricier (relatif) sekitar NT$50 (US$1,60) untuk mangkuk kecil.

Asal[sunting | sunting sumber]

Mie Ta-a konon berasal dari akhir Dinasti Qing, sekitar tahun 1895.[4] Selama Festival Penyapuan Makam dan musim panas (Juli sampai September) setiap tahun di Taiwan, sering terjadi angin topan, membuat penangkapan ikan terlalu berbahaya. "Musim sepi" ini dikenal oleh para nelayan sebagai "bulan-bulan kecil" ( Hanzi: 小月; Pe̍h-ōe-jī: sió-go̍eh ) dan frasa "lewati bulan-bulan kecil" (度小月; tō͘-sió-go̍eh ) mengacu pada bertahannya musim sepi.

Hong Yutou (洪芋頭), seorang nelayan dari Tainan, dan keturunan nelayan di Zhangzhou, Fujian, mulai menjual mie saat berusia 20 tahun. Awalnya untuk mendapatkan uang selama musim sepi tetapi akhirnya menjadi pekerjaan utamanya. Pada awalnya, ia membawa mie di tiang bahu (; tàⁿ ) dan menjualnya di jalan sebelum mendirikan kios kecil di depan Kuil Tainan Chuisian (水仙宮; Chuí-sian-kiong ), dengan karakter Cina (度小月擔仔麵; tō͘-sió-go̍eh tàⁿ-á-mī ) ditulis di atas lentera. Karenanya nama "Mie Ta-a Musim Slack".

Proses pembuatan[sunting | sunting sumber]

  1. Bahan: "mie minyak", daging babi cincang, udang, tauge, ketumbar, cuka hitam, bawang putih, kecap dan telur.
  2. Rebus kepala udang untuk dijadikan bahan dasar sup
  3. Rebus mie dan tauge dalam air panas, sambil dikocok naik turun
  4. Angkat mie dan tauge, taruh tauge di mangkuk terlebih dahulu lalu taruh mie di atas tauge di mangkuk. Di atasnya dengan daging babi cincang dan udang.
  5. Tambahkan sup kepala udang, lalu tambahkan beberapa bumbu sesuai selera Anda: biasanya cuka hitam, bawang putih, dan daun ketumbar.
  6. Juga bisa diberi topping telur atau bola babi

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How To Tell Taiwanese Ta-a And Tshik-a Noodles Apart" (dalam bahasa Inggris). MICHELIN. 2020-10-19. While both are quintessentially Taiwanese noodles, ta-a-mi and tshik-a-mi are two distinct dishes with unique broths and side ingredients, enjoyed in very different ways. 
  2. ^ "Entry #11693". 臺灣閩南語常用詞辭典 [Kamus Min Nan Taiwan yang Sering Digunakan] (dalam bahasa Tionghoa and Hokkien). Kementerian Pendidikan Republik Tiongkok. 2011. 
  3. ^ Hiufu Wong, Maggie. "40 of the best Taiwanese foods and drinks". edition.cnn.com. CNN. Diakses tanggal 14 Mei 2022. 
  4. ^ "Du Hsiao Yueh Restaurant". Diakses tanggal 14 Mei 2022.