Kubaba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kubaba
Museum of Anatolian Civilizations086.jpg
Kubaba memegang kapsul poppy (mungkin delima) dan Timpani (atau mungkin cermin)
Museum Peradaban Anatolia, Ankara, Turki
Gelar Ratu Sumer
Anak Puzur-Suen
Kerabat Ur-Zababa (cucu)

Kubaba (di dalam Tawarikh Weidner atau Esagila;[1] Bahasa Sumeria: Kug-Bau) merupakan satu-satunya ratu di Daftar Raja Sumeria, yang menyatakan bahwa ia bertakhta selama 100 tahun – kira-kira pada periode awal Dinasti III (skt. 2500-2330 SM) dari Sejarah Sumeria. Di kemudian hari, ia disembah sebagai dewi.

Ratu[sunting | sunting sumber]

Kubaba adalah satu dari sedikit wanita yang pernah bertakhta dengan haknya sendiri di dalam sejarah Irak. Sebagian besar versi daftar raja menempatkannya seorang diri di dinastinya sendiri, dinasti ketiga Kiš, menyusul kekalahan Sharrumiter dari Mari, namun versi lain menggabungkannya dengan dinasti keempat, yang mengikuti keutamaan raja Akshak. Sebelum menjadi raja, daftar raja menyatakan bahwa ia adalah seorang pembuat bir.

Putra Puzur-Suen dan cucunya Ur-Zababa menjadi penerus takhtanya di Sumeria dari dinasti Kiš keempat di dalam daftar raja, di dalam beberapa salinan sebagai pengganti langsungnya, di pihak lain dengan dinasti Akshak ikut campur. Ur-Zababa juga dikenal sebagai raja yang konon bertakhta di Sumeria selama masa muda Sargon dari Akkadia, yang secara militer membawa sebagian besar wilayah timur dekat ke bawah rezimnya tak lama kemudian.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "The Weidner 'Chronicle' mentioning Kubaba". From Grayson, A. K. (1975). Assyrian and Babylonian Chronicles.
  • Munn, Mark (2004). "Kybele as Kubaba in a Lydo-Phrygian Context": Emory University cross-cultural conference "Hittites, Greeks and Their Neighbors in Central Anatolia" (Abstracts)
  • Laroche Emmanuel, "Kubaba déesse anatolienne, et le problème des origines de Cybèle", Eléments orientaux dans la religion grecque ancienne, Paris 1960, p. 113-128.
  • Vermaseren, Maarten J., Cybele and Attis; the Myth and the Cult, A.M.H. Lemmers, Trans., Thames and Hudson, London. (1970)
Didahului oleh:
Enshakushanna dari Uruk
Ratu Sumeria
skt. abad ke-25 SM
Diteruskan oleh:
Raja Akshak
Didahului oleh:
(tdk diketahui)
Penguasa Kiš
skt. abad ke-25 SM
Diteruskan oleh:
(tdk diketahui)