Urukagina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pecahan inskripsi Urukagina yang bertulis: "Ia [Uruinimgina] menggali (...) kanal ke kota NINA. Pada awalnya, ia membangun Eninnu; pada akhirnya, ia membangun Esiraran." (Musée du Louvre)

Urukagina (berkuasa dari tahun 2380 SM2360 SM, kronologi pendek), kadang-kadang ditulis Uruinimgina atau Irikagina, adalah penguasa (énsi) negara-kota Lagash di Mesopotamia. Ia mengambil gelar raja dan mengklaim bahwa gelar tersebut diberi oleh para dewa setelah jatuhnya pendahulunya yang korup, Lugalanda.

Ia dikenal akan reformasi dan pemberantasan korupsinya, yang akdang-kadang disebut sebagai salah satu contoh pertama undang-undang hukum yang tercatat. Meskipun teks aslinya masih belum ditemukan, isinya dapat diperkirakan dari tablet lain yang merujuk ke undang-undang tersebut. Di dalamnya, ia menghapuskan pajak untuk janda dan yatim piatu, mewajibkan kota untuk membayar biaya pemakaman (termasuk makanan dan minuman untuk perjalanan orang mati ke dunia bawah), dan menyatakan bahwa orang kaya harus menggunakan perak saat membeli makanan dari orang miskin, dan jika orang miskin tidak mau menjual, orang kuat (orang kaya dan pendeta) tidak dapat memaksa mereka.[1]

Ia juga terlibat dalam beberapa konflik, seperti konflik perbatasan melawan Uruk.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Reforms of Urukagina". History-world.org. Diakses 2009-02-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]