Ibbi-Sin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Manik nazar yang didedikasikan kepada dewa Bulan oleh Ibbi-Sin, raja dewa Ur, sebagai pengakuan menyelamatkan nyawanya: "Kepada (dewa) Nanna, tuannya, Ibbi-Sin, dewa negerinya, raja yang kuat, raja Ur, raja empat wilayah yang untuk hidupnya telah mendedikasikan manik ini."

Ibbi-Sin, putra Shu-Sin, merupakan seorang raja Sumeria dan Akkadia dan raja terakhir Dinasti Ketiga Ur, dan bertakhta pada sekitar tahun 1963 SM - 1940 SM (kronologi pendek). Selama masa pemerintahannya, kekaisaran Sumeria diserang berulang kali oleh bangsa Amori. Karena iman di dalam kepemimpinan Ibbi-Sin gagal, Elam mengumumkan kemerdekaannya dan mulai menyerang juga.

Ibbi-Sin memerintahkan benteng pertahanan yang dibangun di kota-kota penting Ur dan Nibru, namun usaha ini tidak cukup untuk menghentikan penjarahan atau menjaga kekaisaran tetap bersatu. Kota-kota di seluruh kekaisaran Ibbi-Sin jatuh dari seorang raja yang tidak dapat melindungi mereka, terutama Isin di bawah penguasa Amori, Isbi-Erra. Pada akhir masa pemerintahannya, Ibbi-Sin hanya tinggal di kota Ur. Pada tahun 1940 SM, orang-orang Elam bersama dengan "orang-orang suku" dari wilayah Shimashki di Pegunungan Zagros" (Stiebing 79) menjarah Ur dan menawan Ibbi-Sin; ia dibawa ke kota Elam di mana ia dipenjara dan tanggal kematiannya tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]