Enshakushanna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Enshakushanna (atau En-shag-kush-ana, Enukduanna, En-Shakansha-Ana) merupakan seorang raja Uruk pada akhir milenium ketiga SM yang ditempatkan di dalam Daftar Raja Sumeria, yang menyatakan bahwa pemerintahannya telah berusia 60 tahun. Ia menaklukkan Hamazi, Akkadia, Kiš, dan Nibru, menyatakan hegemoni atas seluruh Sumeria. Gelarnya di dalam bahasa Sumeria adalah en ki-en-gi lugal kalam-ma,[1][2] yang dapat diterjemahkan sebagai "tuan Sumeria dan raja seluruh tanah" (atau mungkin sebagai "en dari wilayah Uruk dan Lugal dari Ur"[3]), dan dapat sesuai dengan gelar kemudian lugal ki-en-gi ki-uri "Raja Sumeria dan Akkadia" yang akhirnya berarti kerajaan atas seluruh Mesopotamia.

Ia digantikan oleh Lugal-kinishe-dudu di Uruk, namun hegemoni tampaknya telah diserahkan ke Eannatum dari Lagash untuk sementara waktu. Lugal-kinishe-dudu kemudian bersekutu dengan Entemena, penerus Eannatum, melawan saingan utama Lagash, Umma.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Emar Lexical Texts : Part 2 - Composite edition" (PDF). Openaccess.leideuniv.nl. Diakses tanggal 2015-08-15. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-17. Diakses tanggal 2008-08-13. 
  3. ^ See e.g. Glassner, Jean-Jacques, 2000: Les petits etats Mésopotamiens à la fin du 4e et au cours du 3e millénaire. In: Hansen, Mogens Herman (ed.) A Comparative Study of Thirty City-State Cultures. The Royal Danish Academy of Sciences and Letters, Copenhagen., P.48
Didahului oleh:
Hadanish of Hamazi
Raja Sumeria
skt. abad ke-26 SM
Diteruskan oleh:
Lugal-ure atau Lugal-kinishe-dudu
Didahului oleh:
tdk diketahui
Ensi dari Uruk
skt. abad ke-26 SM