Dikasteri untuk Para Imam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kongregasi bagi Para Imam)

Dikasteri untuk Para Imam (Congregatio pro Clericis) adalah sebuah dikasteri dalam Kuria Roma yang bertanggung-jawab atas pengawasan masalah-masalah yang berhubungan dengan para imam dan diakon yang tidak masuk ke dalam ordo atau tarekat religius. Kepala kongregasi saat ini adalah Cláudio Cardinal Hummes, dan sekretarsinya adalah Uskup Agung Mauro Piacenza.

Kongregasi bagi Para Imam berasal dari "Sacra Congregatio Cardinalium Concilii Tridentini interpretum" yang dibentuk oleh Paus Pius IV dalam konstitusi apostoliknya Alias Nos pada tanggal 2 Agustus 1564. Kongregasi ini bertanggung-jawab untuk memastikan reformasi-reformasi yang disebutkan di dalam Konsili Trente ditaati di seluruh Gereja Katolik. Oleh karenanya institusi ini dikenal sebagai Kongregasi Suci Konsili sebelum adanya konstitusi apostolik Paus Paulus VI Regimini Ecclesiae Universae pada tahun 1967.

Kongregasi bagi Para Imam menangani berbagai permintaan untuk dispensasi dari pelayanan imam yang sedang aktif, dan juga undang-undang yang mengatur dewan-dewan pastoran dan organisasi imam lainnya di seluruh dunia. Kongregasi ini tidak berurusan dengan kasus-kasus pelecehan seksual para imam karena kasus-kasus tersebut ditangani secara khusus oleh Kongregasi bagi Doktrin Iman.

Para Kepala[sunting | sunting sumber]

Dokumen-dokumen[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Congregation for the Clergy". The Roman Curia. 
  • "Pastor Bonus". John Paul II: Apostolic Constitutions. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]