Kapal perang pesawat terbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kapal perang pesawat terbang adalah jenis kapal perang yang merupakan gabungan kapal induk dengan kapal tempur/kapal penjelajah.

Kapal tempur pesawat terbang[sunting | sunting sumber]

Ise1944.png

Selama Perang Pasifik, karena kebutuhan akan kapal induk meningkat, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, yang kehilangan 4 kapal reguler dalam Pertempuran Midway, melakukan berbagai cara untuk menanggulangi kurangnya kekuatan udara. Salah satunya adalah renovasi kapal-kapal yang ada ke kapal induk. Akhirnya setelah dipertimbangkan, jenis kapal tempur dipilih untuk menjadi 航空戦艦 (kapal tempur pesawat terbang).

Awalnya, kelas Kongou dan kelas Nagato-lah yang menjadi kandidat utama, namun karena mereka semua sedang sibuk, maka dipilihlah kapal tempur kelas Hyuuga. Karena kelas Hyuuga tergolong inferior (ketinggalan jauh teknologinya) dibanding kelas-kelas kapal tempur Jepang lainnya sehingga akhirnya Kelas Hyuuga diperbaharui.

Kapal penjelajah pesawat terbang[sunting | sunting sumber]

Kapal penjelajah pesawat terbang atau (Cruiser-Carrier tahun 1930-an) awalnya merupakan konsep eksperimental menciptakan kapal perang serba bisa, mencoba untuk menggabungkan semua fitur yang baik dari kapal induk dan kapal penjelajah berat. Para penjelajah pesawat awal biasanya dipersenjatai dengan artileri yang relatif berat, tambang dan sejumlah pesawat dilengkapi dengan pelampung (membuat kapal jenis amfibi).

Desain kapal pesawat penjelajah awal ternyata berhasil. Pesatnya perkembangan pesawat angkatan laut pada 1930-an yang cepat dan mereka membangun kembali misalnya sebagai kapal penjelajah anti-pesawat.

Sebuah turunan yang lebih modern dari kapal penjelajah pesawat adalah cruiser helikopter. Kapal induk kelas Invincible dari Royal Navy juga dapat dipertimbangkan; mereka awalnya digolongkan sebagai kapal penjelajah karena peran aslinya sebagai komando dan kontrol platform serta kapal ASW, mengambil peran-peran dari "Tiger" konversi kelas cruiser RN.

Di Angkatan Laut Rusia, Aviation Cruiser adalah sebutan untuk kelas Kiev dan kelas kapal Kuznetsov. Mereka adalah persilangan antara cruiser dan kapal induk dan dibagi dalam dua kelas, kapal penjelajah penerbangan dan kapal penjelajah penerbangan berat.

Contoh kapal[sunting | sunting sumber]

Kapal penjelajah induk Kiev, USSR, 1985.

Tipe awal:

Tipe baru:


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]