Kamen Rider Accel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamen Rider Accel (仮面ライダーアクセル, Kamen Raidā Akuseru) adalah salah satu protagonis dalam serial TV Kamen Rider W, dan merupakan Kamen Rider kedua setelah Kamen Rider Double. Namanya berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu acceleration serta wujudnya menyerupai sepeda motor. Kamen Rider Accel adalah Ryu Terui dalam wujud manusianya yang diperankan oleh Minehiro Kinomoto. Saat berubah atau Henshin, Ryu melakukan starter sepeda motor lewat Accel Driver yang memiliki stang sepeda motor yang membuatnya dapat mengakses wujud Kamen Rider Accel dan juga bisa berubah menjadi sepeda motor atau disebut Bike Form.

Ryu Terui[sunting | sunting sumber]

Ryu Terui (照井 竜, Terui Ryū, diperankan oleh Minehiro Kinomoto) adalah inspektur polisi yang ditunjuk untuk Divisi Paranormal Departemen Investigasi Kriminal (超常犯罪捜査課, Chōjō Hanzai Sōsaka) Kepolisian Futo, dan menjadi atasan dari Jinno dan Makura. Ryu biasanya mengenakan jaket merah dengan frasa Buddha "spiritual state of nothingness makes even fire itself cool" (keadaan rohani dari kehampaan membuat bahkan api itu sendiri dingin) di bagian belakang. Sebelum datang ke Futo, Ryu kehilangan keluarganya ketika mereka dibunuh oleh Dopant dengan Gaia Memory yang bersimbol huruf W, mendorongnya untuk membalas dendam terhadap orang ini. Wanita misterius yang dikenal hanya sebagai Shroud membantunya, memberikannya Memori Accel dan Engine Blade. Dia juga memendam kebencian untuk kota Futo, melihat kota itu sebagai tempat berkumpulnya semua jenis sampah. Sebelum debutnya dalam serial, Ryu tampil sebagai kameo di akhir cerita dalam Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010, menyatakan bahwa Kamen Rider Double bukanlah satu-satunya Kamen Rider di Futo. Sejak saat itu, Ryu mengawasi Shotaro dan Philip dari kejauhan sebelum secara resmi memperkenalkan dirinya kepada mereka bersamaan dengan Shroud yang memberikannya Accel Driver.

Meskipun Ryu dan Shotaro sempat berselisih pada awalnya, Ryu menjadi klien dari Kantor Detektif Narumi, menyewa mereka sebagai asisten dan konsultan ketika datang menyelidiki gelombang kasus kejahatan yang dilakukan oleh Dopant, dan membayar mereka dengan biaya yang besar dan tetap. Ia secara bertahap meniru beberapa kebiasaan Shotaro dalam menangani Dopant bahkan setelah sempat kehilangan kepercayaan diri yang pada akhirnya membawanya menemukan pembunuh keluarganya: Weather Dopant alias Isaka Shinkuro. Setelah memperoleh Memori Trial dari Shroud dan belajar untuk menggunakannya, Ryu akhirnya berhasil membalaskan dendamnya pada Weather Dopant, menggunakan Trial Maximum Drive untuk menghancurkan Weather Dopant berikut memorinya, membuat Isaka memudar dan hilang menjadi debu sebagai akibat dari penyalahgunaan jangka panjang dari Gaia Memory merayap pada dirinya tanpa memori Weather dengan banyaknya akses memori pada tubuhnya yang perlahan menghancurkannya. Setelah kematian Isaka ini, Ryu menjadi lebih dekat dan lebih terbuka kepada orang lain dan melanjutkan perannya sebagai Kamen Rider untuk melawan gelombang kejahatan Dopant. Ia juga mulai membuka hatinya untuk Akiko, yang berlanjut lebih serius. Ryu akhirnya mengetahui bahwa Shroud lah yang telah memberi Isaka memori Weather, meskipun ia tidak tahu bahwa keluarganya akan menderita dan terbunuh pada akhirnya. Selanjutnya, Ryu juga mempelajari bahwa ia memiliki fisiologi yang unik, memungkinkan dia untuk menahan kekuatan intens dari beberapa Gaia Memory, hal yang tidak dimiliki oleh Shotaro sebagai Kamen Rider Double. Fisiologi nya yang unik inilah yang memungkinkannya untuk melawan kekuatan Terror Field yang dimiliki oleh Terror Dopant, ditambah dengan rasa dendam yang membara yang terbentuk secara kebetulan setelah keluarganya terbunuh, adalah alasan mengapa ia dipilih oleh Shroud. Karena itu, Shroud awalnya memilihnya untuk menggantikan peran Shotaro sebagai Double menggunakan kebencian Ryu untuk memungkinkan Double untuk mencapai kekuatan penuh, dan masih berniat pada Ryu untuk melakukannya bahkan setelah Shotaro telah berpasangan dengan Philip sejak lama. Namun, Ryu telah menunjukkan Shroud bahwa ia bisa bertarung dengan kasih sayang dan tidak perlu menjadi Double untuk melawan, sekaligus memaafkan Shroud yang menjadi penyebab tidak langsung kematian keluarganya sepanjang waktu. Selanjutnya, setelah hilangnya Philip seiring kekalahan Jun Kazu, Ryu telah tumbuh untuk mencintai Futo dengan keinginan untuk melindunginya, secara keseluruhan mulai berubah penuh dari kepribadian awalnya.

Setelah menikah dan hidup bersama dengan Akiko, Ryu dihadapkan pada kasus yang melibatkan seorang wanita bernama Aoi Katsuragi, anggota dari kelompok pencopet perhiasan yang sebagian besar anggotanya mati dibunuh. Dalam proses ini, dari tindakan Commander Dopant yang menjadi dalang semua ini, Ryu menemukan dirinya dalam keadaan terpojok dan pernikahannya di ambang perceraian. Tapi setelah mengetahui identitas Dopant yang ternyata adalah Kapten Hiroshi Sagami, Ryu melihat hal yang sama seperti dirinya sebelumnya ketika dikuasai oleh keinginan balas dendam yang besar dan menolak untuk kembali ke sana bahkan ketika Akiko, alasan yang membuatnya berubah, berada dalam bahaya. Setelah menggunakan Gaia Memory Enhancement Adapter untuk menyelamatkan istrinya dan membawa Sagami ke pengadilan, Ryu mampu memulai lagi hidup baru dengan Akiko.[1]

Kamen Rider Accel[sunting | sunting sumber]

Seperti Kamen Rider Double, Ryu Terui berubah menjadi Kamen Rider Accel melalui penggunaan Gaia Memory. Namun, Kamen Rider Accel hanya memiliki akses ke satu wujud dan ia bertarung melalui penggunaan Memori Accel yang ia memasukkan ke Accel Driver. Seperti Kamen Rider Double, Kamen Rider Accel dapat melakukan Maximum Drive (マキシマムドライブ, Makishimamu Doraibu), serangan akhir yang diperlukan untuk menghancurkan Dopant berikut Gaia Memory nya yang disebut Memory Break (メモリブレイク, Memori Bureiku). Maximum Drive standar dari Kamen Rider Accel adalah Tendangan Rider yang disebut Accel Glanzer (アクセルグランツァー, Akuseru Gurantsā), setelah pengisian listrik ke titik di mana tubuh Accel ini diselimuti api orange, ia mengeksekusi tendangan melompat berputar yang melepaskan energi dalam bentuk tanda tapak kaki.[2][3] Dengan menggunakan Engine Blade, Kamen Rider Accel juga dapat melakukan Maximum Drive tambahan.

Ryu sebelum bertarung mengucapkan,"Ayo hancurkan penghalang!" (振り切るぜ!, Furikiru ze!) yang menjadi catchphrase khasnya. Setelah mengalahkan Dopant, Ryu mengucapkan, "Keputusasaan menunggumu di garis akhir!" (絶望がお前(たち)のゴールだ!, Zetsubō ga omae (-tachi) no gōru da!, sebagai Accel atau Accel Trial) dan "[0.1-9.9] detik, inilah detik terakhirmu menjelang kehancuranmu!" (○○秒、それがお前の絶望までのタイムだ!, [0.1-9.9]-byō, sore ga omae no zetsubō made no taimu da!, sebagai Accel Trial) setelah melakukan Maximum Drive.

Bike Form[sunting | sunting sumber]

Kekuatan Memori Accel dapat membuat Kamen Rider Accel berubah wujud menjadi sepeda motor yang disebut Bike Form (バイクフォーム, Baiku Fōmu). Wujud ini diakses dengan mengambil Accel Driver dari sabuk ketika mata biru Kamen Rider Accel yang disebut Face Flasher (フェイスフラッシャー, Feisu Furasshā) menyala dan ketika berubah, Kamen Rider Accel dapat menempuh kecepatan 920 km/jam.[4] Di film Kamen Rider W Forever: A to Z/The Gaia Memories of Fate, Bike Form memiliki Maximum Drive sendiri setelah Memori Engine dimasukkan ke dalam Accel Driver dan Accel berubah menjadi Bike Form: akselerasi kecepatan penuh hingga menabrak atau melibas target.

  • AccelTurbuler (アクセルタービュラー, Akuseru Tāburā): Selain Gunner A milik pribadi, Kamen Rider Accel Bike Form dapat bergabung dengan Turbuler dalam RevolGarry milik Double menjadi AccelTurbuler. Accel tidak hanya dapat menggunakan Scramble Cutter (スクランブルカッター, Sukuranburu Kattā) dari Turbuler, ia juga dapat mengubah tubuh bagian atasnya dari Bike Form ke wujud asalnya untuk melakukan Maximum Drive dengan menabrak dan menggilas target dan membuatnya terbakar membentuk simbol huruf A.

Accel Trial[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Accel Trial (仮面ライダーアクセルトライアル, Kamen Raidā Akuseru Toraiaru) adalah wujud Kamen Rider Accel berwarna biru yang kekuatannya telah berevolusi, melalui akses Memori Trial. Bentuk ini secara signifikan lebih cepat daripada bentuk normal Kamen Rider Accel, tapi lebih lemah dari segi ketahanan dan kekuatan secara keseluruhan. Hal ini lebih dari cukup untuk menebus kelemahan dengan mampu meninju dan menendang dengan kecepatan tak terhingga, serta meningkatkan kecepatan gerakannya secara keseluruhan (berjalan, menghindari, dll) dalam jumlah yang banyak. Setelah Maximum Drive dimulai, Kamen Rider Accel Trial hanya dapat digunakan selama 10 detik sebelum dipaksa kembali ke wujud manusia, tetapi transformasi dapat bertahan jika Trial Maximum Drive berhasil dilaksanakan dalam waktu 10 detik atau kurang. Maximum Drive atau serangan akhirnya adalah Tendangan Rider Machine Gun Spike (マシンガンスパイク, Mashingan Supaiku), tendangan berkecapatan tinggi secara bertubi-tubi yang mengeluarkan energi membentuk huruf T. Kekuatan Maximum Drive ini dibatasi oleh berapa banyak tendangan yang dapat dilakukan oleh Accel Trial dalam batas waktu 10 detik. Ketika Accel Trial menggabungkan Engine Maximum Drive dengan Trial Maximum Drive, ia dapat melakukan Maximum Drive lain yang disebut Machine Gun Slasher (マシンガンスラッシャー, Mashingan Surasshā), yaitu melibas target berulang kali sebanyak mungkin dalam waktu 10 detik. Accel Trial sendiri bermotif sepeda motocross.

Accel Booster[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Accel Booster (仮面ライダーアクセルブースター, Kamen Raidā Akuseru Būsutā) adalah wujud Kamen Rider Accel berwarna kuning yang kekuatannya telah berevolusi maksimal yang hanya muncul di film DVD Kamen Rider W Returns: Kamen Rider Accel. Wujud ini berevolusi menggunakan adapter yang disebut Gaia Memory Enhancing Adapter, yang dicuri dari Commander Dopant dan kemudian dipasangkan di atas Accel Driver tepatnya menutupi Memori Accel untuk meningkatkan output kekuatan memori tiga kali lipat dari kekuatan semula. Fitur yang paling menonjol pada Kamen Rider Accel Booster adalah armor tambahan pada kostumnya dibandingkan dengan Kamen Rider Accel Trial, yang menyimpan mesin jet booster di bagian belakang yang memungkinkan Kamen Rider Accel Booster untuk terbang dengan mobilitas yang besar, meninggalkan bekas percikan api karena mengeluarkan energi panas yang tiga kali lipat. Seperti wujud Accel lainnya, Accel Booster juga menggunakan Engine Blade untuk melakukan Maximum Drive yang disebut Boost Slasher (ブーストスラシャー, Būsuto Surasshā), di mana Engine Blade menghasilkan energi api berwarna emas yang kemudian ditebaskan pada target.

Perlengkapan[sunting | sunting sumber]

Accel Driver[sunting | sunting sumber]

Accel Driver (アクセルドライバー, Akuseru Doraibā) adalah sabuk transformasi untuk Kamen Rider Accel. Driver memori generasi ketiga yang diberikan kepada Ryu Terui oleh seorang wanita misterius yang hanya dikenal dengan nama "Shroud". Accel Driver sendiri dilengkapi dengan sepasang stang sepeda motor. Dengan memasukkan Memori Accel ke dalam Mono Slot (モノスロット, Mono Surotto) dan melakukan starter pada Power Throttle (パワースロットル, Pawā Surottoru) di stang sebelah kanan, Ryu bertransformasi menjadi Kamen Rider Accel. Dengan menarik Maximum Clutch Lever (マキシマムクラッチレバー, Makishimamu Kuratchi Rebā) (melakukan brake/rem) pada stang sebelah kiri dan kembali memutar starter pada stang sebelah kanan, Kamen Rider Accel dapat melakukan serangan akhir Maximum Drive (マキシマムドライブ, Makishimamu Doraibu) nya.[5]

Gaia Memory[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya Kamen Rider Double, Kamen Rider Accel memiliki Gaia Memory sendiri. Jika dibandingkan dengan Gaia Memory yang digunakan oleh Dopant, memori yang digunakan oleh Kamen Rider Accel juga lebih indah dalam penampilan, sesuatu yang dinyatakan oleh Isaka Shinkuro (Weather Dopant) merupakan indikasi dari batasan kekuatan memori tersebut.

Sebagai Kamen Rider Accel, awalnya Ryu Terui hanya memiliki dua Gaia Memory yaitu Accel dan Engine.

  • Accel (アクセル, Akuseru): Memori Accel, berwarna merah menyala, dikenal sebagai Memori Akselerasi (加速の記憶, Kasoku no Kioku), adalah Gaia Memory utama bagi Kamen Rider Accel. Memori ini membuat Ryu dapat bertransformasi menjadi Kamen Rider Accel serta melakukan Maximum Drive nya. Tidak lupa juga membuat Kamen Rider Accel berubah menjadi sepeda motor atau wujud Bike Form.
  • Engine (エンジン, Enjin): Memori Engine, berwarna abu-abu, adalah memori yang digunakan untuk mengaktifkan Engine Blade serta mengakses bermacam kekuatan dari Engine Blade. Bukanlah sebuah Gaia Memory otentik tapi lebih sebagai Pseudo Memory (Gaia Memory rakitan sendiri sama halnya seperti Memory Gadget milik Kamen Rider Double) karena fungsinya bergantung pada kekuatan memori Accel. Memori Engine membuat Engine Blade menghasilkan bermacam kekuatan, berbasis dari berbagai tipe mesin. Diantaranya adalah Steam (スチーム, Suchīmu), yang mempu menghasilkan gelombang hingga semburan uap yang sangat panas; Jet (ジェット, Jetto), yang membuat Engine Blade mampu mengeksekusi tebasan gelombang api panas berenergi; dan Electric (エレクトリック, Erekutorikku), yang membuat Engine Blade mampu mengendalikan energi listrik serta menyemburkan sengatan listrik bertegangan tinggi.

Selain dua Gaia Memory sebelumnya, Ryu pernah meminjam Memori Cyclone milik Philip untuk membantunya melawan Weather Dopant. Ketika memori Cyclone dimasukkan ke dalam Engine Blade, Kamen Rider Accel mampu melakukan serangan angin badai kekuatan maksimum yang dapat membuat Weather Dopant yang kuat pun terluka.

Trial[sunting | sunting sumber]

Memori Trial (トライアルメモリ, Toraiaru Memori), berwarna biru laut, dikenal sebagai Memori Tantangan (挑戦の記憶, Chōsen no Kioku), adalah Gaia Memory spesial yang membuat Kamen Rider Accel bertransformasi menjadi Kamen Rider Accel Trial. Ketika dalam bentuk memori biasa (Memory Mode (メモリモード, Memori Mōdo)), Memori Trial memungkinkan Kamen Rider Accel bertransformasi seperti urutan menyalanya Lampu Lalu Lintas (トランスシグナル, Toransu Shigunaru) pada warna kostumnya berurutan dari merah, kuning, hingga biru (dengan efek suara hitungan mundur 3 detik layaknya sebuah balapan kendaraan akan dimulai). Ketika dalam bentuk Maximum Mode (マキシマムモード, Makishimamu Mōdo) yang berbentuk seperti stopwatch, ketika tombol Maximum Switch (マキシマムスイッチ, Makishimamu Suitchi) yang merupakan tombol timer ditekan, Kamen Rider Accel Trial memiliki waktu selama 10 detik untuk melakukan serangan sebanyak mungkin, biasanya tendangan dan dalam satu kesempatan, melakukan tebasan, sebelum menekan Switch Maximum kembali untuk mengaktifkan Maximum Drive. Jika Switch Maximum tidak ditekan kembali dalam waktu yang ditentukan, Maximum Drive akan gagal dan membatalkan transformasi Kamen Rider Accel Trial secara paksa dan sangat menyakitkan. Untuk menangani hal ini, Kamen Rider Accel biasanya melemparkan Memori Trial ke udara sebelum Maximum Drive dimulai, dan setelah selesai menekan Switch Maximum segera setelah menangkap kembali memori Trial nya dan menyatakan waktu yang ditunjukkan ketika timer berhenti. Nantinya selama serial berjalan, ia mendapat patokan yang lebih baik pada waktu ke titik di mana ia dapat menghentikan timer tanpa harus melemparkan Memori Trial.[6]

Engine Blade[sunting | sunting sumber]

Engine Blade (エンジンブレード, Enjin Burēdo) adalah senjata utama Kamen Rider Accel. Sebuah pedang perak yang juga bisa dipakai oleh Ryu sendiri tanpa harus bertransformasi, namun menjadi sangat berat ketika dipegang. Dengan memasukkan memori Engine ke dalamnya, Kamen Rider Accel dapat menggunakan bermacam kekuatan yang dihasilkan oleh Engine Blade dengan menekan tuas pada gagangnya. Engine Blade juga membuat Kamen Rider Accel dapat melakukan dua Maximum Drive melalui akses memori Engine. Pertama adalah A-Slasher (エースラッシャー, Ē Surasshā), dimana Engine Blade menyemburkan energi yang membentuk huruf A ke arah target. Yang kedua adalah Dynamic Ace (ダイナミックエース, Dainamikku Ēsu), dimana Kamen Rider Accel melakukan tiga kali tebasan terhadap target membentuk huruf A terhadap target untuk menghancurkannya.[7] Engine Blade juga dapat digunakan dengan memasukkan salah satu Gaia Memory milik Kamen Rider Double seperti ketika Ryu meminjam Memori Cyclone milik Philip untuk menghasilkan kekuatan energi badai maksimum dari Engine Blade.

Gaia Memory Enchanching Adapter[sunting | sunting sumber]

Gaia Memory Enhancing Adapter (ガイアメモリ強化アダプター, Gaia Memori Kyōka Adaputā) adalah sebuah alat khusus yang mampu menaikkan kekuatan Gaia Memory menjadi tiga kali lipat. Walaupun Museum telah berencana untuk memasarkan alat ini secara komersial, hanya satu yang dapat diproduksi sebelum runtuhnya organisasi berikut menghilangnya Ryubee Sonozaki. Alat ini sempat digunakan oleh Commander Dopant sebelum akhirnya dicuri oleh Aoi Katsuragi dan memberikannya pada Kamen Rider Accel untuk bertransformasi menjadi Kamen Rider Accel Booster. Pada awalnya alat ini akan digunakan oleh seorang pemimpin yakuza dengan Memori Unicorn miliknya, namun memori tersebut berhasil dihancurkan oleh Ryu sebelum sempat digunakan.

Memory Gadget[sunting | sunting sumber]

Seperti Kamen Rider Double, Kamen Rider Accel juga memiliki Memory Gadget (メモリガジェット, Memori Gajetto) sendiri, alat yang sumber tenaganya berasal dari Gaia Memory rakitan sendiri yang disebut Giji Memory (ギジメモリ, Giji Memori) atau "Pseudo Memory" yang juga dapat berubah sebagai Gadget Mode (ガジェットモード, Gajetto Mōdo) dan Live Mode (ライブモード, Raibu Mōdo).

  • Beetle Phone (ビートルフォン, Bītoru Fon) adalah telepon seluler yang dapat diubah antara Cell Phone Mode (携帯モード, Keitai Mōdo) sebagai telepon seluler biasa dan Beetle Mode (ビートルモード, Bītoru Mōdo) menjadi berbentuk kumbang badak jepang dengan memasukkan Memori Beetle (ビートルメモリ, Bītoru Memori). Bentuknya mirip dengan Stag Phone milik Double, hanya saja berbeda dari segi desain yaitu berbentuk kumbang badak jepang berwarna hitam dengan aksen warna biru. Sebelum serial, Ryu menggunakan Beetle Phone untuk memata-matai aktivitas Kantor Detektif Narumi.

Diablossa[sunting | sunting sumber]

Diablossa (ディアブロッサ, Diaburossa) adalah sepeda motor pribadi Ryu bertipe Ducati 999. Memiliki tempat untuk menyimpan Engine Blade. Ryu tidak mengendarainya ketika menjadi Kamen Rider Accel, karena bisa berubah menjadi sepeda motor dengan mengakses wujud Bike Form. Nama Diablossa sendiri diambil dari dua kata dalam bahasa Spanyol dan bahasa Italia yaitu "Diablo" dalam bahasa Spanyol artinya Setan, dan "Rosso" dalam bahasa Italia artinya Merah (Diablossa berarti Setan Merah).[8]

Gunner A[sunting | sunting sumber]

Gunner A (ガンナーA, Gannā Ē) adalah sebuah tank robotik yang jadi kendaraan pendukung Kamen Rider Accel, yang bergerak tanpa harus menunggu perintah Kamen Rider Accel. Teknologinya mirip dengan HardBoilder milik Kamen Rider Double, serta bagian depan HardBoilder jika digabungkan dengan Gunner A menjadi HardGunner.[9]

AccelGunner[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Accel Bike Form juga dapat bergabung dengan Gunner A yang kombinasinya disebut AccelGunner (アクセルガンナー, Akuseru Gannā). Memori Accel terhubung dengan Gaia Cannon (ガイアキャノン, Gaia Kyanon) milik Gunner A untuk menembakkan energi yang menyerupai Maximum Drive yang disebut Gunner Full Break (ガンナーフルブレイク, Gannā Furu Bureiku). Dilengkapi dengan Gattling Wheel (ガトリングホイール, Gatoringu Hoīru), roda belakang Accel Bike Form dapat berubah menjadi machine gun.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Halaman Kamen Rider Accel pada Wikipedia Bahasa Inggris
  2. ^ "TV Asahi's page on Kamen Rider Accel". Diakses tanggal 2010-01-24. 
  3. ^ "TV Asahi's page for the MotoShellmet". Diakses tanggal 2010-01-23. 
  4. ^ "TV Asahi's page on Kamen Rider Accel Bike Form". Diakses tanggal 2010-01-24. 
  5. ^ "TV Asahi's page on the Accel Driver". Diakses tanggal 2010-01-24. 
  6. ^ "TV Asahi's page for the Trial Memory". Diakses tanggal 2010-05-22. 
  7. ^ "TV Asahi's page on the Engine Blade". Diakses tanggal 2010-01-24. 
  8. ^ "TV Asahi's page on the Diablossa". Diakses tanggal 2010-01-24. 
  9. ^ "TV Asahi's page on the Gunner A". Diakses tanggal 2010-02-14. 
  10. ^ "TV Asahi's page on the AccelGunner". Diakses tanggal 2010-02-14.