Kaisar Suzong dari Tang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tang Suzong
唐肅宗
TangSuzong.jpg
Tang Suzong
Kaisar Dinasti Tang
Berkuasa12 Agustus 756[1][2] – 16 Mei 762
Penobatan12 Agustus 756
PendahuluKaisar Xuanzong
PenerusKaisar Daizong
Lahir21 Februari 711[3][4]
Wafat16 Mei 762(762-05-16) (umur 51)[5][6]
Nama lengkap
Nama periode
Nama anumerta
Kaisar Wenming Wude
Dasheng Daxuan Xiao
文明武德大聖大宣孝皇帝
Nama kuil
Sùzōng (肅宗)
AyahKaisar Xuanzong
IbuPermaisuri Yuanxian
PermaisuriLady Wei dari Jingzhao
(cerai 746)
Lady Zhang (menikah –762)
Permaisuri Zhangjing
(menikah 725; meninggal 730)
AnakKaisar Daizong
Li Xi
Li Tan
Li Jin
Li Xian
Li Ting
Li Guang
Li Chui
Putri Su
Putri Xiao
Putri Hezheng
Putri Tan
Putri Ji
Putri Yonghe
Putri Gao
Putri Yongmu
Tang Suzong
Hanzi: 唐肅宗
Makna literal: "Penerus terhormat dari Tang"
Li Heng
Hanzi: 李亨
Makna literal: (nama pribadi)

Kaisar Suzong dari Tang (19 Oktober 711[3] – 16 Mei 762;[5] berkuasa 756 – 762), nama pribadi Li Heng, nama lahir Li Sisheng (李嗣升), dikenal sebagai Li Jun (李浚) dari 725 hingga 736, disapa Li Yu (李璵) dari 736 hingga 738, dikenal juga sebagai Li Shao (李紹) tahun 738, adalah seorang kaisar dinasti Tang dan putra dari Kaisar Xuanzong. Suzong naik takhta setelah ayahnya melarikan diri ke Sichuan ketika terjadi Pemberontakan An Lushan pada 756. Li Heng sendiri juga melarikan diri ke arah yang berlawanan, yaitu ke Lingwu, di sana ia dinyatakan sebagai kaisar oleh para tentara. Sebagian besar pemerintahan Kaisar Suzong dihabiskan untuk memadamkan Pemberontakan An Lushan, yang pada akhirnya berhasil dibasmi pada 763 di masa pemerintahan putranya, Kaisar Daizong.

Tradisi kasim menjadi pejabat tingkat atas dimulai sejak masa pemerintahan Kaisar Suzong ini. Kasim Li Fuguo menjadi komandan Pengawal Kerajaan (Dinasti Tang) dan memiliki kekuasaan yang hampir mutlak selama pemerintahan Kaisar Suzong. Pada 762, ketika Kaisar Suzong sakit parah, Li Fuguo membunuh istri Kaisar Suzong Permaisuri Zhang karena terjadi perebutan kekuasaan dan tak lama setelah itu, Kaisar Suzong meninggal karena infark miokard.[butuh rujukan] Dia digantikan oleh putranya Kaisar Daizong, yang akhirnya bisa membunuh Li Fuguo, tetapi tradisi kasim memiliki kekuasaan telah dimulai. Kematian Suzong pada 16 Mei, hanya berselang 13 hari setelah kematian ayahnya, Kaisar Xuanzong.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Following the rebellion of An Lushan, Emperor Suzong was proclaimed emperor by the army on August 12, 756, but his father Emperor Xuanzong and his retinue, who had escaped to Sichuan, only heard the news on September 10, 756, that date marking the end of Xuanzong's reign in practice. Until Emperor Xuanzong received the news of Emperor Suzong's ascension, he continued to issue imperial edicts as emperor.
  2. ^ 兩千年中西曆轉換[pranala nonaktif]
  3. ^ a b 兩千年中西曆轉換[pranala nonaktif]
  4. ^ Old Book of Tang, vol. 10.
  5. ^ a b 兩千年中西曆轉換[pranala nonaktif]
  6. ^ Zizhi Tongjian, vol. 222.