Joe Carioca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joe Carioca
B11a3d.jpg
Donal Bebek dan Joe Carioca
Penampilan perdana Komik stripSilly Symphonies (1942), film Saludos Amigos (1943)
Pencipta The Walt Disney Company
Pengisi suara José Oliveira
Informasi terkait
Nama alias
Saudara
Binatang peliharaan
Rekan Panchito Pistoles, Donal Bebek
Musuh

Joe Carioca adalah karakter fiksi produksi Disney yang digambarkan sebagai kakaktua dari Rio de Janeiro, Brazil (demikian "Carioca", sebuah hubungan yang merujuk dengan orang yang lahir disana). Joe dibuat pada tahun 1942 untuk filmSaludos Amigos sebagai teman dari Donal Bebek. Dia kembali dalam film tahun 1943 berjudul The Three Caballeros bersama dengan Donal dan ayam jantan Meksiko bernama Panchito Pistoles. José juga muncul dengan Donal dan Burung Aracuan dalam sekmen "Blame it on the Samba" dari antologi 1948 terdapat Melody Time.

Dia juga muncul dalam serial tv tahun 1960 spesial, dan seri film Mickey Mouse Works dan House of Mouse. Joe cukup populer di Brazil, muncul bersama dengan Miki Tikus dan Donal Bebek dalam komik mereka. Di Brazil, dia disebut Zé Carioca ("Zé" menjadi sebutan tak asing bagi nama Portugis "José", dimana "Joe" juga bentuk tak asing dari kata "Joseph"). Kemunculannya paling sedikit 2 minggu di buku komik Brazil.

Joe Carioca tinggal di daerah pembuangan sampah di Brazil bersama dengan Nestor (burung hering) dan Pedrão (anjing), bersama dengan karakter baru: keponakannya Zico dan Zeca (kakatua), pacarnya Rosinha (burung), anak dari pengusaha yang sangat kaya, dan musuhnya Zé Galo (ayam jantan). Joe Carioca mengisi waktunya dengan merayu dan membuat wanita-wanita kagum (dimana pada akhir cerita selalu diketahui identitas Joe sebenarnya dan meninggalkannya dengan hati yang hancur) dan mendapatkan makan malam gratis di restoran mahal. Hal ini membuatnya bermasalah.

Di komik Brazil, Joe jug abagian dari tim sepak bola (atau sebagai wasit) dan mempunyai identitas rahasia pahlawan super, Morcego Verde.

Pembuatan karakter ini selama Perang Dunia II bagian dari taktik yang bernama Kebijaksanaan Ketetanggaan yang Baik oleh Amerika Serikat untuk memperkuat relasi dan mendapatkan bantuan dari negara tetangganya.

Pada April 2007, Disney memperkenalkan kembali Joe Carioca (bersama dengan caballero ketiga, Panchito) di wahana di Paviliun Epcot Meksiko dengan perubahan animasi dan alur cerita baru. Setelah dipersatukan kembali, 3 Caballeros akan memainkan peran di Mexico City. Tapi Donal tidak ada. Joe dan Panchito harus mencari diseluruh Meksiko untuk Donal. Animasi ini dibuat oleh Eric Goldberg. [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]