Kwik, Kwek, dan Kwak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kwik, Kwek, Kwak
ScroogeWithNephews.jpg
Kwik, Kwek, dan Kwak bersama dengan Paman Gober di film DuckTales.
Penampilan perdana Komik strip mingguan Donal Bebek tahun 1937
Pencipta Ted Osborne dan Al Taliaferro
Pengisi suara Clarence Nash (film kartun klasik), Russi Taylor (film DuckTales), Jeannie Elias (Kwik pada film Quack Pack), Pamela Segall (Kwek pada filmQuack Pack), Elizabeth Daily (Kwak pada film Quack Pack), Tony Anselmo (pada film Mickey MouseWorks dan House of Mouse)
Informasi terkait
Nama alias
Saudara Gober Bebek, Donal Bebek, Hortensia Bebek, Dumbela Bebek, Kweker Bebek, Untung Angsa, Didi Bebek, Nenek Bebek, Agus Angsa
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh Gerombolan Siberat, Mimi Hitam

Kwik, Kwek, dan Kwakinggris:huey,dewey,louie adalah 3 karakter Disney yang muncul di kartun dan buku komik yang dipublikasi oleh Perusahaan Disney. Mereka adalah keponakan dari Donal Bebek. Kwik, Kwek, dan Kwak dibuat oleh Ted Osborne dan Al Taliaferro. Mereka muncul pertama kali di komik strip koran pada tanggal 17 Oktober 1937, sedangkan kemunculan pertama di film animasi adalah dalam film kartun Donald's Nephews pada tanggal 15 April 1938.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Kwik, Kwek, dan Kwak adalah anak dari saudara kandung Donal Bebek. Pada film Donald's Nephews, nama ibu kandung Kwik, Kwek, dan Kwak adalah Dumbella, namun pada komik nama lengkapnya adalah Della Thelma Bebek. (Dumbella sebenarnya bukan nama, tapi nama panggilan). Pada film Donald's Nephews, mereka dikirim oleh ibunya untuk mengunjungi Donal untuk satu hari, namun pada komik, mereka dikirim untuk tinggal bersama Donal sampai ayahnya yang belum pernah terlihat kembali dari rumah sakit. Baik di komik maupun di film, orang tua mereka belum pernah terdengar lagi setelah cerita itu, dimana selanjutnya mereka tinggal dengan Donal. Mereka berempat tinggal di Kota Bebek, di negara bagian fiksi yaitu Calisota.

Kwik, Kwek, dan Kwak memiliki sifat yang nakal, kadang-kadang mereka membalas dendam apa yang dilakukan pamannya kepada mereka. Namun, di komik buatan Al Taliaferro dan Carl Barks, mereka terlihat lebih sopan, biasanya mereka menolong paman mereka dan kakeknya, Gober Bebek pada petualangan mereka. Mereka memanggil Gober Bebek paman walaupun ia adalah kakek mereka. Pada awal komik Barks, mereka bertiga masih liar dan tidak dapat diatur, tapi mereka mulai berubah karena mereka ikut Pramuka Siaga dan pengaruh baik dari sifat bijaksana Nenek Bebek.

Masuk Pramuka[sunting | sunting sumber]

Keponakan Donal begitu nakal hingga Donal kewalahan. Tak sengaja dia mendengar tentang Pramuka Siaga, tetapi dia kurang begitu antusias karena Donal adalah salah satu orang/bebek yang dikeluarkan dari Pramuka Siaga. Melihat antusias Keponakannya, Donal membiarkan mereka menjadi Pramuka. Tapi hal itu tak berlangsung lama, karena mereka memanggil nenek pada pemimpin Pramuka yang merupakan Nenek mereka. Petugas mengusir mereka dan membuat Donal marah.

Tapi kemarahan tersebut mereda saat petugas tersebut mengetahui keponakan tersebut masih ada hubungan dengan Gober Bebek. Paman mereka yang pelit dan menyimpan kenang-kenangan terakhir dari pramuka siaga pertama yaitu markas mereka. Tugas keponakan itu adalah mencari kayu/peninggalan terakhir dari markas tersebut, karena markas yang sekarang tak ada dan dimana markas itu berada menjadi gudang uang Gober.

Mencari peninggalan[sunting | sunting sumber]

Perjalanan ini tidak mudah, karena Donal dilarang membantu. Tapi pamannya terlalu bertanggung jawab dan mengikuti mereka. Dalam perjalanan ini, mereka dibantu oleh anjing setia yang berikutnya mengejar-ngejar Donal karena di anggap membantu. Tapi tanpa disadari, tingkah Donal membantu keponakannya. Gober merasa terpojok karena pramuka siaga berhasil memojokkannya memutuskan menghancurkan barang bukti.

Keberuntungan[sunting | sunting sumber]

Tepat sebelum kayu terakhir dihancurkan. Keponakan memberi tahu fakta tentang kayu tersebut pada orang jahat yang akan menghancurkan. Orang tersebut berhenti dan memberi tahu bahwa dia adalah bagian dari pramuka dulu sebelum bekerja sekarang.

Dengan takut, dia membatalkan menghancurkan barang bukti dan meminta Gober membatalkan perintah. Tetapi Gober begitu marah dan mengumpat pramuka. Tanpa sadar seluruh staff kantornya adalah anggota pramuka memutuskan akan mogok kerja. Dengan sedih, dia membatalkan dan memberi perintah untuk menyumbang pada pramuka sebelum pingsan.

Menjadi Pramuka[sunting | sunting sumber]

Perjalanan menjadi pramuka dimulai saat mereka di nobatkan karena menemukan peninggalan terakhir dari Pramuka, membuat gober kalah dan menyumbang. Dan berbagai kontribusi lain seperti mereka masih ada hubungan dengan pembuat pramuka siaga. Tapi walau dengan semua titel dan kebanggaan, mereka memberikan satu penghargaan bagi pamannya. Perjalanan mereka cukup jauh, karena mereka harus menguasai buku pedoman yang nantinya dipertanyakan kebenarannya dan juga pembuatnya, menguasai medan dan menyelesaikan solusi yang harus mereka hadapi. Terkadang mereka harus menjadi ketua dalam team. Yang lebih sering tampak sok tahu dengan pamannya. Walau sikap dan pengetahuannya yang seperti orang pintar, mereka tetaplah anak-anak yang perlu lindungan pamannya.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Kwik, Kwek, dan Kwak dapat dibedakan dengan warna topi dan baju mereka: Kwik memakai baju dan topi berwarna merah, Kwek mengenakan baju dan topi berwarna biru, dan Kwak memakai baju dan topi berwarna hijau.

Pada saat ketiganya memasuki gudang uang Gober, mereka hampir tak pernah mendekati uang keberuntungan ataupun gudang dimana uang tersebut berada. Salah satunya (Kwak) ternyata memiliki kemampuan menarik, apabila dia dekat dengan barang berharga seperti uang 100, dirinya bergetar. Kemampuan inilah yang kemungkinan akan membuat Gober mewariskan hartanya apabila dia dewasa. Tapi dalam pandangan / mimpi Donal saat pingsan, Gober akan memberikan /mewariskan hartanya pada Donal sebelum diturunkan ke keponakannya saat cukup umur.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Kwik, Kwek, dan Kwak muncul pada beberapa film kartun pendek bersama Donal, dimulai dengan Donald's Nephews pada tahun 1938. Setelah itu, mereka muncul bersama Donal dalam film kartun pendek seperti:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]