Profesor Otto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Profesor Otto
Ludwig von Drake.gif
Penampilan perdana Walt Disney anthology series (24 September 1961)
Pencipta Walt Disney
Pengisi suara Paul Frees, Walker Edmiston, Corey Burton
Informasi terkait
Nama alias
Saudara Donal Bebek, Gober Bebek, Kwik, Kwek dan Kwak
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh

Profesor Otto (bahasa Inggris: Ludwig Von Drake) adalah salah satu karakter fiksi buatan Walt Disney. Dia diperkenalkan pada tanggal 24 September 1961 oleh pembawa acara Walt Disney anthology series di NBC.[1] Ia adalah paman dari Donal Bebek. Selain itu, ia juga memiliki banyak gelar dan memiliki pengetahuan yang sangat banyak.[2] Di samping kehadirannya di beberapa serial televisi, dia juga hadir di Disneyland Records.[3]

Paul Frees adalah pengisi suara Profesor Otto. Ia pensiun sebelum kematiannya pada tahun 1986 dan lalu ia digantikan oleh Walker Edmiston.[4] Kini ia disuarakan oleh Corey Burton.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Profesor Otto berasal dari Wina, Austria. Ia adalah orang yang memiliki banyak gelar, dan berusaha mendapat lebih banyak gelar lagi. Selanjutnya, ia pindah ke Amerika Serikat dan menikahi Matilda McDuck (ini adalah teori yang dibuat oleh Don Rosa). Setelah kematian Matilda, Otto menghabiskan waktunya sendirian. Karena sangat tertarik dengan psikologi, dia mencoba untuk meneliti keponakannya, Donal Bebek.

Kehadiran pada kartun (1980-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Profesor Otto telah hadir dalam beberapa film animasi berseri Disney: DuckTales, Raw Toonage, Bonkers, Mickey Mouse Works, Quack Pack, House of Mouse, dan Darkwing Duck. Dalam semua film ini, ia selalu mengenakan baju pink, dasi hitam, rompi merah dan baju laboratorium.

Pada film House of Mouse, ia muncul sebagai karakter yang seing muncul. Pada acara itu, ia berusaha menggunakan penemuannya untuk membuat klub itu sempurna. Dia juga memiliki seri kartunnya sendiri yang disebut Von Drake's House of Genius, di mana penemuannya diperkenalkan (contohnya, dia membuat mesin untuk membuat uang sehingga semuanya bisa memiliki banyak sekali uang yang dibutuhkan, dan akhirnya ia dipenjara karena pemalsuan).

Profesor Otto juga sering muncul dalam acara anak-anak Mickey Mouse Clubhouse.

Profesor dalam seri Sing Along Songs[sunting | sunting sumber]

Dalam seri video Sing Along Songs, ia muncul dalam 6 volume:

Kehadiran dalam komik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1961, Dell Comics meluncurkan seri komik yang dibintangi Profesor Otto dan digambar oleh Tony Strobl[5], tetapi ini hanya sampai 4 edisi dan tidak dilanjutkan lagi. Karakter ini juga kadang-kadang muncul di komik strip Donal Bebek. Namun karakter ini tidak digunakan oleh Carl Barks.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cotter, Bill (1997). The Wonderful World of Disney Television - A Complete History. New York: Hyperion Books. hlm. 67, 76. ISBN 0-7868-6359-5. 
  2. ^ Smith, Dave (1998). The Updated Official Encyclopedia: Disney A to Z. New York: Hyperion Books. hlm. 337. ISBN 0-7868-6391-9. 
  3. ^ Fisher, David J. (1992). The Music of Disney: A Legacy in Song Collector's Book. Walt Disney Records. hlm. 28, 48. ISBN 0-7868-6359-5. 
  4. ^ http://www.newsfromme.com/archives/2007_02_22.html#012979
  5. ^ http://www.comicvine.com/comic/ludwig-von-drake/2037/&i=21522&v=g