Mini Tikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mini Tikus
Minnie Mouse.png
Mini Tikus dalam parade Disney Dreams Come True di Magic Kingdom
Penampilan perdana Plane Crazy tahun 1928
Pencipta Walt Disney
Pengisi suara Walt Disney (1928)
Marcellite Garner (1928-1940)
Thelma Boardman (1940-1942)
Ruth Clifford (1942-1952)
Russi Taylor (1986-sekarang)
Informasi terkait
Nama alias Princess Minnie, Maestro Minnie
Saudara
Binatang peliharaan Pluto (anjing)
Rekan Miki Tikus, Desi Bebek, Klarabela, figaro the kitten
Musuh

Mini Tikus adalah salah satu tokoh film kartun dan komik Disney yang juga berbentuk seekor tikus. Dalam bahasa Inggrisnya,Mini Tikus dikenal juga sebagai Minerva Mouse. Nama Minerva Mouse pertama kali diperkenalkan oleh Merrill De Maris dan Floyd Gottfredson dalam komik strip "The Gleam" (dipublikasikan pada 19 Januari - 2 Mei 1942).

Komik strip "Mr. Slicker and the Egg Robbers" (dipublikasikan pada 22 September - 26 December 1930) memperkenalkan ayah Mini Tikus,Marcus Tikus dan ibunya yang anonim yang bekerja sebagai petani. Pada cerita yang sama, diperkenalkan kakek dan nenek Mini Tikus, yaitu Marshall Tikus dan Matilda Tikus.Dari semua saudaranya, Mini Tikus berhubungan erat dengan pamannya, Mortimer Tikus dan kedua keponakannya, Millie Tikus dan Melody Tikus, Dalam banyak cerita, Mini bersahabat sangat akrab dengan Desi Bebek, dan dengan Klarabela.

Asal Usul Karakter[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1928, Walter Elias Disney menciptakan Mickey Mouse untuk bertindak sebagai pengganti bintang sebelumnya Oswald si Kelinci Beruntung. Namun, Miki tidak dapat menyaingi tokoh kartun pendahulunya seorang diri. Salah satu daya tarik tokoh Oswald sebelum pindah ke Universal Studios adalah perilakunya yang terus menerus mencari kekasih. Jadi, untuk menyaingi pendahulunya dalam hal menggoda, seorang tokoh harus menggantikan kekasih-kekasih Oswald. Setelah menciptakan beberapa karakter, akhirnya terciptalah Mini Tikus sebagai pendamping Miki Tikus.

Bersama Miki Tikus, Mini Tikus muncul untuk pertama kalinya dalam Plane Crazy, pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 Mei 1928. Mini diundang untuk mengikuti Miki dalam penerbangan pertama pesawatnya. Mini menerima undangan itu namun ia tak menerima tawaran ciuman di tengah penerbangan, hingga Mini terjun bebas dengan parasut dari pesawat itu. Pada film pertama mereka ini, Mini digambarkan sebagai seseorang yang menolak perhatian Miki dan melarikan diri darinya.

Film mereka selanjutnya berjudul The Gallopin' Gaucho. Pada film ini, Mini ditampilkan sebagai pelayan dan penari di Cantina Argentina, sebuah bar dan restoran yang bertempat di Pampas Argentina. Mini menari Tango untuk Miki sang gaucho dan penjahat Boris(Disney). Keduanya menggoda Mini dan akhirnya Boris berusaha untuk menculik Mini.

Cerita berikutnya yang menampilkan Mini Tikus adalah Steamboat Willie, Mickey's Follies, Wild Waves, The Shindig, The Fire Fighters, The Gorilla Mystery, The Picnic, Pioneer Days, Totally Minnie, Mickey's Christmas Carol, Who Framed Roger Rabbit, Mickey Mouse Works, House of Mouse, Mickey Mouse Clubhouse, Mickey, Donald, Goofy: The Three Musketeers, dan lain sebagainya.