Jembatan pejalan kaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jembatan kayu dengan seorang pekerja sibuk melakukan konsolidasi, di Laos
Sebuah jembatan pejalan kaki di Distrik Shaharah, Yaman

Jembatan pejalan kaki (disebut juga jembatan penyeberangan, jembatan penyeberangan pejalan kaki, atau penyeberangan pejalan kaki) adalah jembatan yang dirancang khusus untuk pejalan kaki.[1] Sementara arti utama jembatan adalah struktur yang menghubungkan "dua titik pada ketinggian di atas tanah", jembatan pejalan kaki juga bisa berupa struktur yang lebih rendah, yang memungkinkan pejalan kaki melintasi tanah basah, rapuh, atau berawa.[1] Bentuk jembatan berkisar dari batu loncatan – mungkin struktur buatan manusia yang paling awal untuk melintasi air – hingga struktur baja yang rumit. Jembatan awal lainnya hanyalah sebuah pohon tumbang. Dalam beberapa kasus, jembatan pejalan kaki dapat berfungsi dan artistik.

Bagi masyarakat pedesaan di negara berkembang, jembatan pejalan kaki mungkin merupakan satu-satunya akses masyarakat ke klinik medis, sekolah, bisnis, dan pasar. Desain jembatan gantung sederhana telah dikembangkan agar berkelanjutan dan mudah dibangun di daerah tersebut hanya dengan menggunakan bahan dan tenaga lokal.

Jembatan pejalan kaki tertutup di antara dua bangunan terkadang dikenal sebagai jembatan layang. Jembatan yang tersedia bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda sering disebut sebagai jembatan hijau dan merupakan bagian penting dari sistem transportasi berkelanjutan.

Jembatan pejalan kaki sering ditempatkan untuk memungkinkan pejalan kaki menyeberangi air atau rel kereta api di daerah di mana tidak ada jalan terdekat. Mereka juga terletak di seberang jalan agar pejalan kaki dapat menyeberang dengan aman tanpa memperlambat lalu lintas. Yang terakhir adalah jenis struktur pemisah pejalan kaki, contohnya terutama ditemukan di dekat sekolah.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Batu loncatan, melintasi Sungai Rothay, di Lake District, Inggris

Jenis jembatan yang paling sederhana adalah batu loncatan, sehingga mungkin merupakan salah satu jenis jembatan paling awal. Orang-orang neolitik juga membangun jalan papan melintasi rawa-rawa, contohnya adalah Sweet Track dan Post Track di Inggris, yang berusia sekitar 6000 tahun.[2] Tidak diragukan lagi bahwa orang-orang kuno juga telah menggunakan jembatan batang kayu;[3] yaitu jembatan yang dibangun dari pohon yang jatuh secara alami atau sengaja ditebang atau diletakkan di atas sungai. Beberapa jembatan buatan manusia pertama dengan bentang yang signifikan mungkin merupakan pohon yang sengaja ditebang.[4]

Di antara jembatan kayu tertua adalah Holzbrücke Rapperswil-Hurden yang melintasi Danau Zürich di Swiss; tumpukan kayu prasejarah yang ditemukan di sebelah barat Seedamm berasal dari tahun 1523 SM Jembatan kayu pertama yang melintasi Danau Zürich, diikuti oleh beberapa rekonstruksi setidaknya hingga akhir abad ke-2 M, ketika Kekaisaran Romawi membangun jembatan kayu selebar 6 meter (20 ft). Antara tahun 1358 dan 1360, Rudolf IV, Adipati Austria, membangun jembatan kayu baru melintasi danau yang telah digunakan hingga tahun 1878 – berukuran panjang kira-kira 1.450 meter (4.760 ft) dan lebar 4 meter (13 ft). Pada tanggal 6 April 2001, jembatan kayu yang direkonstruksi dibuka, menjadi jembatan kayu terpanjang di Swiss.

Sebuah jembatan genta adalah bentuk jembatan kuno yang ditemukan di tegalan Devon (Dartmoor dan Exmoor) dan di daerah dataran tinggi lainnya di Britania Raya termasuk Snowdonia dan Anglesey, Cumbria, Yorkshire dan Lancashire. Jembatan ini dibentuk oleh lempengan batu datar besar, seringkali granit atau sekis, ditopang di dermaga batu (di seberang sungai), atau bertumpu di tepi sungai. Meskipun sering dikreditkan sebagai berasal dari prasejarah, sebagian besar didirikan pada abad pertengahan, dan beberapa di abad-abad berikutnya.[5] Contoh terkenal ditemukan di desa Postbridge. Pertama kali tercatat pada abad ke-14, jembatan ini diyakini awalnya dibangun pada abad ke-13 untuk memungkinkan kuda beban menyeberangi sungai. Saat ini jembatan genta hanya digunakan sebagai jembatan pejalan kaki.

Kapellbrücke adalah jembatan pejalan kaki yang memiliki panjang 204-meter (669 ft), melintasi Sungai Reuss di kota Lucerne di Swiss. Jembatan ini adalah jembatan tertutup kayu tertua di Eropa, dan salah satu tempat wisata utama Swiss. Jembatan ini awalnya dibangun sekitar tahun 1365 [6] sebagai bagian dari pertahanan Luzern.

Contoh awal jembatan jalan raya adalah Koridor Vasari, sebuah lorong tertutup yang ditinggikan di Florence, Italia, yang menghubungkan Palazzo Vecchio dengan Palazzo Pitti. Dimulai dari sisi selatan Palazzo Vecchio, kemudian bergabung dengan Galeri Uffizi dan keluar dari sisi selatannya, melintasi Lungarno dei Archibusieri dan kemudian mengikuti tepi utara Sungai Arno hingga melintasi sungai di Ponte Vecchio. Dibangun dalam waktu lima bulan atas perintah Duke Cosimo I de 'Medici pada tahun 1565, dengan desain oleh Giorgio Vasari.

Jembatan Bank adalah jembatan pejalan kaki sepanjang 25 meter yang terkenal melintasi Kanal Griboedov di Saint Petersburg, Rusia. Seperti jembatan lain di seberang kanal, struktur yang ada berasal dari tahun 1826. Popularitas khusus jembatan ini diperoleh melalui pahatan bersudut pada empat singa bersayap yang memahkotai penyangga. Mereka dirancang oleh pematung Pavel Sokolov (1764-1835), yang juga menyumbangkan singa untuk Bridge of Lions.

Desain[sunting | sunting sumber]

Jembatan pejalan kaki di Walbridge Park, Toledo, Ohio, 1895

Desain jembatan pejalan kaki biasanya mengikuti prinsip yang sama dengan jembatan lainnya. Namun, karena biasanya secara signifikan lebih ringan daripada jembatan kendaraan, mereka lebih rentan terhadap getaran dan oleh karena itu efek dinamika sering lebih diperhatikan dalam desain.[7] Perhatian internasional telah tertuju kepada masalah ini dalam beberapa tahun terakhir, khususnya pada masalah di Pont de Solférino di Paris dan Jembatan Milenium di London.

Untuk memastikan jembatan pejalan kaki dapat diakses oleh orang cacat dan orang dengan keterbatasan gerak lainnya, pertimbangan hati-hati saat ini juga diberikan untuk penyediaan akses lift atau ramp, seperti yang dipersyaratkan oleh undang-undang yang relevan (misalnya UU Diskriminasi Disabilitas 1995 di Inggris).[7] Beberapa jembatan tua di Venesia kini dilengkapi dengan lift tangga sehingga penyandang disabilitas dapat melintasinya.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Sebuah jembatan pejalan kaki sederhana di Perancis

Jenis-jenis jembatan pejalan kaki antara lain:

Jembatan pejalan kaki skala pemukiman semuanya menjangkau jarak pendek dan dapat digunakan untuk berbagai penerapan. Rekayasa yang rumit tidak diperlukan dan jembatan pejalan kaki dibangun dengan bahan dan alat dasar yang tersedia.[8]

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun Tilak Nagar di Mumbai dengan jembatan pedestrian melintasi rel

Awalnya penumpang biasa menyeberang dari satu platform kereta api ke yang lain dengan melangkahi rel, tetapi sejak pertengahan abad ke-19 keselamatan menuntut penyediaan jembatan pedestrian (atau underpass) di tempat-tempat yang lebih sibuk. Namun, di beberapa daerah yang lebih sepi, melintasi garis dengan berjalan di atas rel dimungkinkan.

Catwalk[sunting | sunting sumber]

Jembatan sempit untuk memungkinkan pekerja mengakses bagian struktur yang sulit dijangkau disebut sebagai catwalk.[9] Catwalk semacam itu terletak di atas panggung (catwalk teater) di teater, di antara bagian bangunan, di sepanjang sisi jembatan, di bagian dalam terowongan, di luar tangki penyimpanan besar di kilang atau di tempat lain. Jalan setapak di bagian luar (atas) gerbong kereta seperti gerbong boks, sebelum rem udara mulai digunakan, atau di atas beberapa gerbong hopper tertutup juga disebut dengan catwalk.[10] Terkecuali yang berada di atas gerbong kereta api, catwalk dilengkapi dengan railing atau pegangan tangan.

Di negara berkembang[sunting | sunting sumber]

Jembatan tipe Helvetas di Rubaksa, Ethiopia

Sejak awal 1980-an, beberapa badan amal telah mengembangkan standar desain jembatan pejalan kaki yang berkelanjutan untuk digunakan di negara-negara berkembang. Badan amal pertama yang mengembangkan desain semacam itu adalah Helvetas, yang berlokasi di Zurich, Swiss. Desain yang dapat digunakan secara berkelanjutan dan efisien di negara berkembang biasanya tersedia untuk umum secara gratis.

Jembatan pejalan kaki berukuran panjang[sunting | sunting sumber]

Bagian dari Jembatan Poughkeepsie, Negara Bagian New York, AS.

Rekor jembatan pedestrian terpanjang di dunia diklaim oleh Gubernur Negara Bagian New York saat itu David Paterson dalam artikel Jurnal Poughkeepsie 3 Oktober 2009 tentang The Walkway Poughkeepsie Bridge melintasi Sungai Hudson di Poughkeepsie, New York.[11] Pada 22 Juli 2017, Struktur Es Jembatan Champlain (Prancis: l'Estacade Champlain), sebuah jembatan yang dibangun untuk lalu lintas sepeda dan pejalan kaki hanya untuk sejajar dengan Jembatan Champlain dari Brossard, Quebec barat ke Nun's Island (L'ile Des Soeurs) & Pulau Montreal, diukur dengan perangkat yang dikalibrasi memiliki panjang 7.512 kaki or 2.290 meter or 1,4227 mil or 2,290 kilometer yang bermulai dan berakhir di mana treadway naik di atas tanah dan pejalan kaki dapat mengakses jembatan sedekat mungkin ke Sungai St Lawrence.

Sky Bridge 721, jembatan gantung pejalan kaki terpanjang, yang terbentang di gunung Králický Sněžník di Republik Ceko, dibuka pada Mei 2022. Jembatan sepanjang 721 meter (2.365 ft) ini menggantung setinggi 95 meter (312 ft) di atas tanah.[12]

Jembatan Pejalan Kaki United Wholesale Mortgage di Pontiac, Michigan adalah jembatan pedestrian tertutup terpanjang, selesai pada 1 Oktober 2021. Jembatan sepanjang 305 meter ini merupakan bagian dari proyek senilai $250 juta untuk kantor UWM, yang mengubah bekas gudang dan kontainer pengiriman untuk dijadikan kantor, koridor, dan ruang lainnya.[13]

Jembatan The Walkway Over the Hudson awalnya dibangun untuk kereta api, namun baru-baru ini dipugar sebagai jalur pejalan kaki. Jembatan pedestrian ini memiliki panjang total 2.063 meter (6.768 ft). Sebelum dibongkar pada tahun 2011, Jembatan Hornibrook yang melintasi Bramble Bay di Queensland, Australia lebih panjang dari Jembatan Poughkeepsie yaitu 2.684 km (1.668 mi).[14]

Keuntungan[sunting | sunting sumber]

Banyak perjalanan di pedesaan dilakukan di jalan setapak dan jalan desa setempat. Jalan ini menyediakan akses penting menuju air, kayu bakar, lahan pertanian, dan jaringan jalan rahasia. Masyarakat dan/atau pemerintah daerah pada umumnya bertanggung jawab atas infrastruktur ini.[15]

Kerugian[sunting | sunting sumber]

Jembatan pedestrian di atas jalan raya atau rel kereta api biasanya mahal dalam membangunnya, terutama jika diperlukan lift atau jalur landai yang panjang untuk pengguna kursi roda. Tanpa elevator atau landasan landai, orang dengan keterbatasan gerak tidak akan dapat menggunakan struktur tersebut. Orang mungkin lebih suka berjalan melintasi jalan yang sibuk daripada menaiki jembatan, dan ini mungkin disebabkan karena terburu-buru,[16] menganggap keselamatan dan keamanan jembatan penyeberangan rendah,[17] atau hanya karena merasa lelah saat menaiki tangga.[18] Direkomendasikan agar jalan layang hanya digunakan jika jumlah pengguna sesuai dengan biayanya.[19] Konsep operasional jembatan pedestrian didasarkan pada anggapan bahwa pejalan kaki perlu menempuh jarak yang lebih jauh dan mengerahkan upaya fisik yang lebih besar agar arus lalu lintas tidak terganggu. Ini tidak sejalan dengan tujuan keberlanjutan dari sistem transportasi yang mempromosikan perjalanan aktif seperti berjalan kaki dan bersepeda. Perubahan kebijakan untuk meningkatkan keselamatan dan kemudahan berjalan kaki dapat melibatkan pengalihan upaya penyeberangan jalan tersebut kepada pengemudi yang perlu menunggu lebih lama agar pejalan kaki dapat menyeberang jalan dengan aman di permukaan jalan.[18]

Struktur yang sempit dan tertutup dapat menghasilkan persepsi keamanan pribadi yang rendah di antara pengguna. Struktur yang lebih luas dan pencahayaan yang baik dapat membantu mengurangi hal ini.[20]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Jembatan sepeda[sunting | sunting sumber]

Pemandangan, menghadap ke selatan, jembatan sepeda yang terhubung ke Jembatan Kereta Api Bordeaux

Jembatan sepeda adalah jembatan yang dirancang agar dapat diakses oleh sepeda dan pejalan kaki atau dalam beberapa kasus hanya untuk sepeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 

  1. ^ a b Oxford English Dictionary
  2. ^ Brunning, Richard (February 2001). "The Somerset Levels". Current Archaeology. XV (4) (172 (Special issue on Wetlands)): 139–143. 
  3. ^ National Parks Conference, Department of the Interior (1915). Proceedings of the National parks conference held at Berkeley, California March 11, 12, and 13, 1915. Washington: Government Printing Office. hlm. 60. Diakses tanggal March 14, 2010. (A log bridge) is a bridge composed of log beams, the logs being in natural condition or hewn, which are thrown across two abutments, and over which traffic may pass. 
  4. ^ Bennett, David (2000). "The history and development of bridges". Dalam Ryall, M. J.; Parke, G.A.R.; Harding, J.E. The manual of bridge engineering (Google books). London: Thomas Telford. hlm. 1. ISBN 978-0-7277-2774-9. Diakses tanggal March 14, 2010. 
  5. ^ A Guide to the Archaeology of Dartmoor (PDF). Dartmoor National Park Authority. 2003. hlm. 27. ISBN 1-84114-226-3. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 6 October 2008. 
  6. ^ "Vor 20 Jahren brannte die Kapellbrücke". Luzerner Zeitung (dalam bahasa Jerman). Lucerne, Switzerland. 18 August 2013. Diakses tanggal 2017-06-02. 
  7. ^ a b Schlaich, Mike, et al., Guidelines for the Design of Footbridges, International Federation for Structural Concrete, 2005, ISBN 2-88394-072-X
  8. ^ Jeswald, P. (2005). How to build paths, steps & Footbridges. North Adams, Massachusetts: Storey Publishing.
  9. ^ "Negligence Petroleum storage tank exploded" (PDF). July 2000. 
  10. ^ "catwalk". webster-dictionary.net. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  11. ^ "WALKWAY OPENS, THOUSANDS EXPLORE UNIQUE STATE PARK". Poughkeepsie Journal. Poughkeepsie, New York. October 3, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2015. Diakses tanggal 2009-10-06. 
  12. ^ "Sky Bridge 721". Dolní Morava. Diakses tanggal 2022-06-17. 
  13. ^ "YEA 2021- United Wholesale Mortgage Pedestrian Bridge & Office Renovation". Civil + Structural Engineer Media. 1 February 2022. Diakses tanggal 18 February 2022. 
  14. ^ "Final Curtain for the Hornibrook Highway". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-06. 
  15. ^ "Foot Bridges: A Manual for Construction at Community and District Level" (PDF). I.T. Transport. Prepared for the Department for International Development (DFID), UK. 2004. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal July 15, 2007.  Also available on the British government website gov.uk.
  16. ^ Hasan, Razi; Napiah, Madzlan (3 April 2018). "The perception of Malaysian pedestrians toward the use of footbridges" (PDF). Traffic Injury Prevention. 19 (3): 292–297. doi:10.1080/15389588.2017.1373768. PMID 28898110. 
  17. ^ Oviedo-Trespalacios, Oscar; Scott-Parker, Bridie (August 2017). "Footbridge usage in high-traffic flow highways: The intersection of safety and security in pedestrian decision-making" (PDF). Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour. 49: 177–187. doi:10.1016/j.trf.2017.06.010. 
  18. ^ a b Hasan, Razi; Oviedo-Trespalacios, Oscar; Napiah, Madzlan (August 2020). "An intercept study of footbridge users and non-users in Malaysia". Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour. 73: 66–79. doi:10.1016/j.trf.2020.05.011. 
  19. ^ "Pedestrian Overpasses/Underpasses". Pedestrian Bicycle Information Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-04. Diakses tanggal 2013-11-14. 
  20. ^ Rory Renfro (June 2007). "Pedestrian/Bicycle Overcrossings: Lessons Learned" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-06-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Infrastructure