Jalan Nanjing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jalan Nanjing merupakan salah satu jalan perbelanjaan tersibuk di dunia.[1]

Jalan Nanjing (Hanzi: 南京路; Pinyin: Nánjīng Lù; bahasa Shanghai: Nuecin Lu) berada di Shanghai, Tiongkok. Bagian timur Jalan Nanjing merupakan "shopping street" utama Shanghai dan menjadi salah satu yang tersibuk di dunia bersama dengan Fifth Avenue dan Times Square.[1] Jalan ini dinamai Nanjing, ibu kota Jiangsu tetangga Shanghai dan bekas ibu kota Republik Tiongkok. Jalan Nanjing ssat ini terdiri dari dua bagian, Jalan Nanjing Timur[2] dan Jalan Nanjing Barat.

Dalam beberapa konteks, "Jalan Nanjing" hanya mengacu pada Jalan Nanjing sebelum tahun 1945, sekarang Jalan Nanjing Timur sebagian besar merupakan jalur pejalan kaki. Sebelum adopsi romanisasi pinyin pada 1950-an, namanya ditulis Nanking Road dalam bahasa Inggris. Bekas Jalan Nanking seluruhnya berada di dalam Pemukiman Internasional Shanghai. Jalan Nanjing Barat dulunya dinamakan Bubbling Well Road (Jalan Sumur Bergelembung atau dalam bahasa Mandarin disebut 静安寺路, Jìng'ān sì lù, Jalan Kuil Jing'an), sebuah jalan ekstra-pemukiman yang dibangun oleh otoritas konsesi di luar area konsesi. Kedua jalan tersebut bertemu di tepi utara Klub Pacuan Kuda Shanghai.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Nanjing Road terletak di pusat kota, mengarah ke barat-timur. Bagian timurnya berada di Distrik Huangpu dan memanjang dari The Bund barat hingga Alun-alun Rakyat. Bagian barat dimulai dari Alun-Alun Rakyat ke barat menuju Distrik Jing'an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Nanjing Road Shopping Mall Shanghai". AsiaRooms – TUI Travel PLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 March 2010. Diakses tanggal 12 September 2008. 
  2. ^ "Nanjing Road Pedestrian Walkway". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-13. Diakses tanggal 16 April 2014.