Ivan V dari Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ivan V
Иван V
Ivan V by anonym (Kremlin museum).jpg
Tsar seluruh Rusia
Berkuasa 7 Mei 1682 – 8 Februari 1696
(13 tahun, 277 hari)
Penobatan 25 Juni 1682
Pendahulu Fyodor III
Pengganti Pyotr I
Bersama Pyotr I
Lahir 6 September 1666
Moskwa
Mangkat 8 Februari 1696 (umur 29)
Moskwa
Pasangan Praskovya Saltykova
Anak
Nama lengkap
Ivan Alekseyevich Romanov
Wangsa Romanov
Ayah Aleksey, Tsar Rusia
Ibu Maria Miloslavskaya, Permaisuri Rusia
Agama Ortodoks Timur

Ivan V (Rusia: Иван V) (27 Agustus (K.J.: 6 September) 1666 - 29 Januari (K.J.: 8 Februari) 1696) adalah Tsar Rusia yang berkuasa pada 1682-1696. Ayahnya adalah Aleksey I, Tsar Rusia yang memerintah pada 1645 sampai 1676. Ibunya adalah Permaisuri Maria Miloslavskaya, istri pertama Aleksey.

Tsar Aleksey mangkat pada tahun 1676 dan digantikan putranya, Tsar Fyodor III, yang juga merupakan kakak kandung Ivan. Namun saat Fyodor mangkat pada 1682 tanpa meninggalkan keturunan, terjadi perdebatan mengenai penggantinya. Secara urutan lahir, Ivan lebih berhak atas takhta. Namun karena dia cacat fisik dan mental, Dewan Bangsawan Rusia lebih memilih Pyotr, adik Ivan yang berbeda ibu, sebagai tsar yang baru.

Namun kemudian, terjadi pemberontakan pada April-Mei 1682 yang dipimpin oleh Putri Sofya Romanova, kakak kandung Ivan. Pemberontakan ini menjadikan sebagian kerabat dan sahabat Pyotr terbunuh. Sofya dan para pendukungnya berhasil mendesak agar Ivan dapat menjadi tsar bersama Pyotr. Pada akhirnya, Ivan menjadi tsar bersama Pyotr dengan Ivan menjadi tsar senior dan Pyotr menjadi tsar junior.

Meski telah menjadi tsar, Ivan hanya berperan sebagai simbol belaka karena Sofya yang berperan sebagai wali bagi dua tsar memegang kendali negara sepenuhnya. Di ruang takhta, sebuah lubang dibuat di belakang dua singgasana tsar dan menjadi tempat Sofya duduk dan mendengarkan saat Pyotr berbicara dengan para bangsawan. Setelah Putri Sofya pada akhirnya digulingkan Tsar Pyotr pada musim panas 1689 dan dipaksa menjadi biarawati, Tsar Ivan tetap bertakhta sebagai tsar meski hanya sebatas formalitas, sedangkan kendali negara dipegang oleh Tsar Pyotr I dan ibunya, Ibu Suri Natalya Naryshkina.

Sepeninggalnya, ada dua keturunan Ivan yang menjadi kepala monarki Rusia, yaitu:

  • Maharani Anna. Dia adalah putri keempat Ivan V. Anna berkuasa pada 13 Februari 1730 – 28 Oktober 1740.
  • Kaisar Ivan VI. Ivan VI adalah putra dari Anna Leopoldovna. Anna Leopoldovna sendiri adalah putri dari Yekaterina Romanova, putri ketiga Ivan V.
Ivan V
Lahir: 6 September 1666 Wafat: 8 Februari 1696
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Fyodor III
Tsar seluruh Rusia
7 Mei 1682 – 8 Februari 1696
bersama dengan Pyotr I
Diteruskan oleh:
Pyotr I