Andrey Bogolyubsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
St. Andrei Bogolyubsky
Ikon St. Andrei Bogolyubsky
Dihormati diGereja Ortodoks
Tempat ziarahKatedral Dormition, Vladimir
Pesta30 June, 4 Juli (pemakaman)
AtributBerpakaian sbg Pangeran Agung Rusia, memegang sebuah salib patriarkal di tangan kanannya

Andrei I Yuryevich, umumnya dikenal dengan julukan Andrei Bogolyubsky (bahasa Rusia: Андрей Боголюбский, Ukraina: Андрій Боголюбський) (skt. 1111 – 28 Juni 1174), merupakan seorang Pangeran Agung Vladimir-Suzdal dari tahun 1157 sampai kematiannya. Pemerintahannya menyaksikan kemerosotan total pemerintahan Kiev di timur laut Rus, dan munculnya Vladimir sebagai ibu kota baru. Andrei dikenal di Barat sebagai Caesar Skithia, dan dibeatifikasi sebagai seorang santo di Gereja Ortodoks Rusia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pangeran Agung St. Andrei Bogolyubsky, oleh Viktor Vasnetsov

Dia adalah putra Yuri Dolgorukiy,[1] yang memproklamasikan Andrei seorang pangeran di Vyshhorod (dekat Kiev). Ibundanya adalah seorang putri Polovtsian (Cuman), putri khan Aepa/Ayepa.

Andrei meninggalkan Vyshhorod pada tahun 1155 dan pindah ke Vladimir. Mempromosikan perkembangan hubungan feodal, dia mengandalkan sebuah tim dan warga kota Vladimir; Dia terhubung dengan bisnis perdagangan kerajinan Rostov dan Suzdal. Setelah kematian ayahandanya (1157), ia menjadi Knyaz (pangeran) dari Vladimir, Rostov dan Suzdal.

Andrey Bogolyubsky mencoba menyatukan tanah Rus di bawah kekuasaannya. Dari tahun 1159, dia terus berjuang untuk mengirimkan Novgorod ke otoritasnya dan melakukan permainan militer dan diplomatik yang kompleks di Rus Selatan. Pada tahun 1162, Andrey Bogolyubsky mengirim sebuah kedutaan ke Konstantinopel. Pada tahun 1169 pasukannya menjarah Kiev, menghancurkannya seperti sebelumnya.[2][3] Setelah menjarah kota,[4] mencuri banyak karya seni religius, termasuk ikon Bizantium "Bunda Allah".[5] Andrei menunjuk saudaranya Gleb sebagai pangeran Kiev, dalam upaya untuk menyatukan tanahnya dengan Kiev.[6] Setelah kematian saudaranya di 1171, Andrei terlibat dalam perang dua tahun untuk mempertahankan kendali atas Kiev, yang berakhir dengan kekalahannya.

Andrei meraih hak untuk menerima penghormatan dari populasi tanah Dvina Utara. Menjadi "penguasa semua tanah Suzdal", Andrei Bogolyubsky memindahkan ibu kotanya ke Vladimir, memperkuatnya dan membangun Katedral Asumsi yang megah, Gereja Perantaraan di Nerl,[7] dan beberapa gereja dan biara lainnya. Di bawah kepemimpinan Vladimir jauh diperbesar, dan benteng dibangun di sekitar kota.[8]

Pada saat yang sama kastil Bogolyubovo dibangun di samping Vladimir, dan merupakan tempat tinggal favoritnya. Sebenarnya dia menerima julukannya "Bogolyubsky" untuk menghormati tempat ini. Dialah yang membawa Theotokos dari Vladimir ke kota yang namanya sekarang dikenakan. Selama pemerintahan Andrei Bogolyubsky, pemerintahan Vladimir-Suzdal mencapai kekuasaan yang signifikan dan merupakan yang terkuat di antara pemerintah Rus.

Amplifikasi wewenang pangeran dan konflik dengan bangsawan yang beredar adalah penyebab persekongkolan melawan Andrei Bogolyubsky, akibatnya dia terbunuh pada malam hari tanggal 28 Juni sampai 29 Juni 1174. Dua puluh orang penghuninya yang tidak puas masuk ke kamarnya dan membunuh Andrei di tempat tidurnya. Kapak perang peraknya sekarang dapat dilihat di Museum Sejarah Nasional di Moskwa.

Putranya, Yuri Bogolyubsky, adalah suami pertama Ratu Tamar dari Georgia. Sebuah ikon kuno, Theotokos dari Bogolyubovo, berhubungan dengannya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William Craft Brumfield, Landmarks of Russian Architect, (Routledge, 2013), 1-2.
  2. ^ Plokhy, Serhii (2006), The Origins of the Slavic Nations (PDF), Cambridge University Press, hlm. 42, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2017-03-29 
  3. ^ Janet Martin, Treasure of the Land of Darkness: The Fur Trade and Its Significance for Medieval Russia, (Cambridge University Press, 1986), 127.
  4. ^ Russian Rulers: Andrey Yurievich Bogolyubsky, diakses tanggal 2007-08-07  More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)
  5. ^ Janet Martin, Medieval Russia:980-1584, (Cambridge University Press, 1996), 100.
  6. ^ The Contest for the "Kievan Succession" (1155-1175): The Religious-Ecclesiastical Dimension, Jaroslaw Pelenski, Harvard Ukrainian Studies, Vol. 12/13, Proceedings of the International Congress Commemorating the Millennium of Christianity in Rus'-Ukraine (1988/1989), 776.
  7. ^ Dmitriĭ Olegovich Shvidkovskiĭ, Russian Architecture and the West, (Yale University Press, 2007), 36.
  8. ^ Janet Martin, Medieval Russia:980-1584, 84.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Martin, Janet L.B. Medieval Russia, 1995

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Yuri Dolgorukiy
Pangeran Agung Vladimir-Suzdal Diteruskan oleh:
Mikhail I