Keuskupan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Gorgyuio (bicara | kontrib)
H
Tag: Menghilangkan referensi Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Membalikkan revisi 19448557 oleh Gorgyuio (bicara)
Tag: Pembatalan pranala ke halaman disambiguasi
Baris 1: Baris 1:
{{Hukum kanonik Katolik}}
Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!
[[Berkas:Alencastre Window.jpg|jmpl|ka|280px|[[Paus Pius XI]] memberkati [[Uskup]] [[Stephen Alencastre]] sebagai [[Uskup Honolulu Katolik Roma|Vikar Apostolik Kepulauan Hawai]] di [[jendela]] kaca berwarna pada [[Katedral Bunda Maria Perdamaian]].]]

Dalam beberapa gereja Kristen, '''keuskupan''' atau '''dioses''' adalah sebuah wilayah gerejawi yang diatur oleh seorang [[uskup]]. Dalam [[Gereja Katolik Roma]], terdapat pengelompokan beberapa keuskupan yang berdekatan menjadi suatu [[provinsi gerejawi]], di mana terdapat keuskupan tertentu di dalamnya yang berfungsi sebagai "pemersatu" dan disebut '''[[keuskupan agung]] ''[[Metropolis (yurisdiksi keagamaan)|metropolit]]''''', dan dipimpin oleh [[uskup agung]] ''[[Uskup metropolit|metropolit]]''. Uskup diangkat dan ditugaskan oleh Sri [[Paus (Gereja Katolik)|Paus]], yang juga sebagai uskup dari [[Keuskupan Roma]].

[[Gereja Inggris]] juga tetap menggunakan struktur keuskupan ini setelah [[reformasi]].


==Apa Ini Payah?==
==Apa Ini Payah?==

Revisi per 22 November 2021 02.57

Paus Pius XI memberkati Uskup Stephen Alencastre sebagai Vikar Apostolik Kepulauan Hawai di jendela kaca berwarna pada Katedral Bunda Maria Perdamaian.

Dalam beberapa gereja Kristen, keuskupan atau dioses adalah sebuah wilayah gerejawi yang diatur oleh seorang uskup. Dalam Gereja Katolik Roma, terdapat pengelompokan beberapa keuskupan yang berdekatan menjadi suatu provinsi gerejawi, di mana terdapat keuskupan tertentu di dalamnya yang berfungsi sebagai "pemersatu" dan disebut keuskupan agung metropolit, dan dipimpin oleh uskup agung metropolit. Uskup diangkat dan ditugaskan oleh Sri Paus, yang juga sebagai uskup dari Keuskupan Roma.

Gereja Inggris juga tetap menggunakan struktur keuskupan ini setelah reformasi.

       ==Apa Ini Payah?==

Hey Orang Yang Baca Ini Seorang Karena Aku melepaskan Virus ke sini Virus Trojan

Referensi

Lihat juga

Sumber dan pranala luar