iPhone 3GS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

iPhone 3GS
IPhone 3GS logo.svg
IPhone 3G.png
PembuatFoxconn (OEM)[1]
Seri3rd (3G)
PendahuluiPhone 3G
PenerusiPhone 4
TerkaitiPad, iPod Touch (comparison)
TipeSmartphone
Faktor bentukSlate
Berat135 g (4,8 oz)
Sistem OperasiiOS 6.0.1
Released 1 November 2012; 10 tahun lalu (2012-11-01)
CPU600 MHz ARM Cortex-A8[2]
GPUPowerVR SGX535
Memori256 MB eDRAM
Penyimpanan8, 16 or 32 GB flash memory
BateraiBuilt-in rechargeable li-ion battery[3]
3.7 V 1219 mAh
InputMulti-Touch touchscreen display
3-axis accelerometer
Digital compass
Proximity sensor
Ambient light sensor
Microphone
Headset controls
Layar3.565 inch screen (diagonally)
320-by-480-pixel resolution at 163 ppi
2:3 aspect ratio
24-bit (16.76 million colors) LCD
Kamera3.0 MP with video (VGA at 30 fps), geotagging, and automatic focus, white balance, exposure
KonektivitasQuad-band GSM/GPRS/EDGE
(850 900 1,800 1,900 MHz)
Tri-band UMTS/HSDPA
(850 1,900 2,100 MHz)
Wi-Fi (802.11 b/g)
Bluetooth 2.1+EDR
USB 2.0/Dock connector[4] Online: App Store, iTunes Store, iBookstore, MobileMe

iPhone 3GS adalah layar sentuh ponsel pintar, dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc.. Ini adalah ketiga generasi iPhone, penerus iPhone 3G. Itu diperkenalkan pada tanggal 8 Juni 2009, di WWDC 2009 yang berlangsung di Moscone Center, San Francisco. Peningkatan termasuk kinerja, kamera dengan resolusi dan kemampuan video yang lebih tinggi, kontrol suara,[5] and support for 7.2 Mbit/s HSDPA downloading (but remains limited to 384 kbps uploading as Apple had not implemented the HSUPA protocol).[6] It was released in the U.S., Canada and six European countries on June 19, 2009,[7] di Australia dan Jepang pada tanggal 26 Juni, dan secara internasional pada bulan Juli dan Agustus 2009. IPhone 3GS menjalankan sistem operasi iOS Apple, seperti yang digunakan pada iPad dan iPod touch. Sebagian besar dikendalikan oleh ujung jari pengguna pada layar multi-sentuh. Itu berhasil sebagai smartphone andalan Apple pada tahun 2010 oleh iPhone 4, namun 3GS terus diproduksi hingga September 2012 ketika iPhone 5 diumumkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

IPhone 3GS tersedia untuk pre-order pada 8 Juni 2009 dan dirilis pada 19 Juni di Kanada, Amerika Serikat, dan 7 negara Eropa, dan pada 26 Juni di Australia dan Inggris. Dalam minggu pertama peluncurannya, lebih dari satu juta iPhone 3GS terjual, dan Agustus 2010 dirilis iPhone 3G[S] secara internasional.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur-fitur baru dari iPhone 3G[S] utamanya adalah perubahan internal terkait kecepatan, yang merupakan singkatan dari "S" dalam "iPhone 3GS".[8] Meskipun selain peningkatan terutama mengenai kinerja, berbagai fitur perangkat lunak juga diperkenalkan secara eksklusif untuk iPhone 3GS. Semua fitur eksklusif dimasukkan ke dalam iPhone 4.

Menampilkan[sunting | sunting sumber]

Tampilan LCD pada perangkat dirancang oleh Apple dan dibuat oleh LG. Ini menampilkan layar sentuh kapasitif dengan kerapatan piksel 163 piksel per inci (ppi) pada layar 35 in (89 cm) 480-kali-320. Perbaikan pada layar pendahulunya termasuk emulasi warna 24-bit (tampilan warna 18-bit plus dithering)[9]

Kamera[sunting | sunting sumber]

iPhone 3GS memiliki fitur kamera 3,2 megapiksel yang ditingkatkan yang diproduksi oleh OmniVision. Selain jumlah megapiksel yang lebih tinggi, ia juga memiliki fitur fokus otomatis, keseimbangan putih otomatis, dan makro otomatis, serta mampu merekam video VGA. Aplikasi Kamera iPhone 3GS memiliki fitur slider yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara mengambil foto dan merekam video, fitur tap-to-focus yang memungkinkan pengguna untuk mengetuk area gambar kamera untuk fokus otomatis, 5x digital zoom (iOS 4 dan 5), fokus otomatis dan kunci eksposur otomatis saat menahan area (hanya iOS 5), dan garis kisi untuk komposisi (hanya iOS 5).

Prosesor dan memori[sunting | sunting sumber]

iPhone 3GS ditenagai oleh chip Samsung APL0298C05, yang dirancang dan diproduksi oleh Samsung. System-on-a-chip ini terdiri dari inti CPU ARM Cortex-A8 yang di-underclock hingga 600 MHz (dari 833 MHz), terintegrasi dengan PowerVR SGX 535 GPU. Ini memiliki 256 MB eDRAM, dua kali lipat dari 3G, memungkinkan peningkatan kinerja dan multi-tugas. Apple mengklaim iPhone 3GS 2x lebih cepat dari pendahulunya, menunjukkan demonstrasi berbagai aplikasi yang dimuat dalam waktu setengah dari pendahulunya.

Penyimpanan[sunting | sunting sumber]

Seperti pada model sebelumnya, semua data disimpan di memori flash dan bukan di SIM dan tidak menawarkan opsi apa pun untuk memperluas penyimpanan. Awalnya hanya tersedia dalam 16 dan 32 GB meskipun model 8 GB kemudian dirilis, dengan Apple menghentikan model 16 dan 32 GB, memaksa mereka yang membutuhkan penyimpanan lebih untuk memilih iPhone 4, atau membeli model lama 3GS.yar sentuh kapasitif]] dirancang untuk jari telanjang, atau beberapa jari untuk penginderaan multi-sentuh.


Daya dan baterai[sunting | sunting sumber]

IPhone 3GS ditenagai oleh baterai polimer lithium-ion isi ulang 3,7 V 1219 mAh internal dan dirancang untuk mempertahankan hingga 80% dari kapasitas aslinya setelah 400 siklus pengisian dan pengosongan penuh. Indikator masa pakai baterai dalam persentase juga eksklusif untuk iPhone 3GS. Apple mengklaim bahwa 3GS dapat bertahan hingga sepuluh jam video, sembilan jam browsing web di Wi-Fi, dua belas jam waktu bicara 2G, atau lima jam di 3G, 30 jam musik, atau 300 jam standby.

Magnetometer[sunting | sunting sumber]

Sebuah magnetometer juga terpasang di iPhone 3GS, yang digunakan untuk mengukur kekuatan dan/atau arah medan magnet di sekitar perangkat. Terkadang perangkat atau sinyal radio tertentu dapat mengganggu magnetometer yang mengharuskan pengguna untuk menjauh dari gangguan atau mengkalibrasi ulang dengan menggerakkan perangkat dalam gerakan angka 8. IPhone 3GS juga dilengkapi aplikasi Kompas yang unik pada saat dirilis, menunjukkan kompas yang menunjuk ke arah medan magnet.

Konektivitas[sunting | sunting sumber]

Selain radio Tri-band UMTS/HSDPA iPhone 3G dan radio quad-band GSM/GPRS/EDGE, 3GS juga menambahkan dukungan untuk HSDPA 7,2 Mbit/s yang memungkinkan kecepatan downlink lebih cepat meskipun kecepatan unggah tetap sama seperti yang belum diterapkan Apple protokol HSUPA. Pembaruan lainnya termasuk penambahan sensor Nike+iPod built-in yang menghilangkan kebutuhan akan sensor eksternal dan memungkinkan dukungan asli Nike+iPod. Server Bluetooth pada iPhone 3GS juga telah sedikit ditingkatkan dengan menambahkan dukungan untuk spesifikasi Bluetooth 2.1.

Kontrol suara[sunting | sunting sumber]

Kontrol Suara diperkenalkan sebagai fitur eksklusif iPhone 3GS dan memungkinkan untuk mengontrol fitur telepon dan musik telepon dengan suara. Ada dua cara untuk mengaktifkan Kontrol Suara: tahan tombol Utama saat berada di layar beranda selama beberapa detik; atau, ubah efek dari mengklik dua kali tombol beranda sehingga akan mengaktifkan Kontrol Suara (hanya sebelum iOS 4, di mana mengklik dua kali tombol Rumah membuka bilah multitasking).

Fitur aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

VoiceOver, Color Inversion, dan Text Zoom diperkenalkan sebagai fitur eksklusif untuk iPhone 3GS. VoiceOver adalah fitur yang menentukan detail musik, menu sistem, teks, dan hal-hal lain yang pertama kali diperkenalkan pada generasi ketiga iPod shuffle. Pembalikan warna membalikkan skema warna dari hitam di atas putih menjadi putih di atas hitam, sementara Text Zoom memungkinkan pengguna untuk memperbesar teks di layar.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Kebalikan dari iPhone 3G (kiri) hampir identik dengan 3GS, kecuali teks perak reflektif yang terakhir yang sekarang cocok dengan logo Apple perak, menggantikan teks abu-abu 3G.

IPhone 3GS mempertahankan desain 3G, dengan bagian belakang plastik mengkilap dengan tepi meruncing dan tombol logam. 3GS memiliki teks perak reflektif di sisi sebaliknya yang cocok dengan logo Apple perak, menggantikan teks abu-abu 3G. Tidak seperti pendahulunya, iPhone 3GS tersedia dalam warna putih dan hitam untuk (16 GB dan 32 GB), meskipun model 8 GB hanya tersedia dalam warna hitam.

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Ulasan dari iPhone 3GS umumnya dicampur dengan baik. Walter Mossberg dari The Wall Street Journal menjelaskan perangkat yang dikemas dengan "fitur baru yang membuat produk hebat menjadi lebih baik lagi, tetapi bagi banyak pengguna, perangkat lunak mungkin cukup sebagai dorongan untuk menjaga mereka dari membeli model baru."[10] Engadget also said that "the additions of video recording, a compass, and a speed bump just don't seem that compelling to us".[11]

The device managed to receive numerous favorable reviews. CNET gave the iPhone 3GS 4 out of 5 stars, citing battery life improvements and speed bump.[12] Engadget praised the performance improvements.[11]

Versi 8 GB menerima ulasan yang lebih baik terutama karena sudah diinstal sebelumnya dengan iOS 4. Jason Snell dari Macworld memuji iPhone 3GS, mengatakan bahwa "perubahan internal perangkat bersinar dalam pembaruan iOS 4, menjadikan iPhone 3GS sebagai peningkatan yang berharga dibandingkan ke pendahulunya meskipun sedikit terlambat dibandingkan dengan iPhone 4".[13] TIPB stated that "aside from hardware specific features like FaceTime, Retina Display, and gyroscope support, the bottom line is iPhone 3GS users are getting the same software that makes the iPhone 4 great".[14]

Masalah[sunting | sunting sumber]

Terlalu panas[sunting | sunting sumber]

Tak lama setelah rilis iPhone 3GS, beberapa pengguna melaporkan perangkat terlalu panas saat digunakan berat, dan yang lain melaporkan perubahan warna perangkat karena panas (terutama pada model putih). Masalah perubahan warna sebagian besar diabaikan karena penutup iPhone bergesekan dengan bagian belakang iPhone.[15]

Apple menanggapi laporan masalah panas dengan memperingatkan pengguna agar tidak meninggalkan iPhone mereka di dalam mobil pada hari yang panas, meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama, dan menahan diri dari penggunaan berat saat berada di lingkungan yang panas/terik.ref>"Apple Admits iPhone 3GS Overheats – News". Trusted Reviews. Diakses tanggal July 5, 2011. </ref> It is also worth pointing out the temperature specifications in which the iPhone should be operated, which follows safety standards in the countries the 3GS was released.[16]

Dukungan berkelanjutan[sunting | sunting sumber]

iOS 5[sunting | sunting sumber]

Setelah iPhone 4S dirilis, 3GS masih ditawarkan secara gratis hingga November 2011, ketika AT&T menaikkan harga menjadi 99 sen tanpa penjelasan alasannya.[17] Harga 99c hanya tersedia dengan kontrak dua tahun pada AT&T di Amerika Serikat dan kontrak tiga tahun pada Telus, Rogers, Bell dan Solusi Fido di Kanada. Ini bertolak belakang dengan tren Apple sebelumnya, di mana hanya dua ponsel yang terjual.

Bootrom Baru dan Pembaruan Baseband 2011[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 September 2009, Apple meluncurkan model iPhone 3GS yang diperbarui yang menambal segmen overflow di SecureROM Perangkat yang memungkinkan memuat LLB yang tidak ditandatangani.[18]

Setelah rilis iPhone 4S, Apple menghentikan pembukaan kunci untuk perangkat iPhone 3GS baru yang diproduksi setelah minggu ke-36 tahun 2011 dengan memperbarui perangkat keras basebandnya dari chip Infineon Baseband ke chip Baseband Toshiba. Meskipun chip baru menggunakan firmware modem yang sama dengan chip Infineon, namun tidak dapat diperbarui ke baseband iPad 06.15.00 yang masih rentan terhadap AT+XAPP exploit.

iOS 6[sunting | sunting sumber]

IPhone 3GS telah menjadi satu-satunya iPhone yang mendukung 4 generasi perangkat lunak iOS. Orang-orang tidak yakin mengapa Apple membuat keputusan untuk mendukung 3GS, tetapi bukan iPad generasi pertama dan model iPod touch sebelumnya yang memiliki spesifikasi yang sama. Meskipun 3GS masih didukung, beberapa fitur utama iOS 6 tidak didukung. Namun ini berlaku untuk iPhone 4 juga. Fitur seperti Flyover dan Peta 3D tidak ditampilkan di kedua ponsel. 3GS tampaknya didukung dengan baik oleh Apple sehubungan dengan iPhone 4.[19] Sedangkan 3GS mendapat hampir semua fitur dari 3 rilis OS utama (3, 4, 5), iPhone 4 hanya mendapat fitur lengkap dari 2 rilis OS utama (4, 5), dan hanya mendapat dukungan parsial di iOS 6. Ini bisa dikaitkan dengan peningkatan kinerja yang relatif lebih besar dari 3GS dalam kaitannya dengan generasi iPhone lainnya. Pada 12 September 2012, Apple mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menjual iPhone 3GS di toko mereka atau di Apple.com. Keputusan untuk mendukung 3GS daripada iPad (yang memiliki prosesor lebih cepat) telah menjadi perdebatan luas. Konsensus umum adalah bahwa iPad tidak lagi dijual, sedangkan 3GS masih dijual. Namun banyak orang, terutama pengembang, telah menyatakan bahwa meskipun iPad memiliki perangkat keras yang unggul, perangkat kerasnya masih secara proporsional lebih lemah daripada 3GS. IPad memiliki lebih dari empat kali lipat piksel daya daripada 3GS, namun masih menggunakan prosesor grafis yang sama. IPad juga memiliki jumlah RAM yang sama, 256 MB, yang sebanding dengan resolusi layarnya, hampir tidak cukup. Satu-satunya keunggulan perangkat keras yang dimiliki iPad adalah prosesor yang lebih cepat. Namun, prosesor tersebut tidak cukup untuk menutupi kekurangan RAM dan kekuatan grafis. Alhasil, banyak keluhan mengenai kinerja iOS 5 di iPad. 3GS, di sisi lain, secara umum memiliki ulasan positif tentang kinerja yang mulus di iOS 5 (beberapa bahkan mengklaim kinerja yang lebih baik), menjadikannya kandidat yang baik untuk iOS 6.[20] On September 12, 2012, Apple announced that they will no longer be selling and supporting the iPhone 3GS, therefore meaning iOS 6 will be the final iOS to support the 3GS. The iPhone 3GS currently supports iOS 6.0.1, Apple's latest iOS.[21]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalrymple, Jim (July 28, 2009). "iPhone manufacturer". CNET. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-11. Diakses tanggal April 6, 2010. 
  2. ^ Sorrel, Charlie (June 19, 2009). "IPhone Teardown Reveals Underclocked 833MHz CPU". Wired. Diakses tanggal November 20, 2009. 
  3. ^ "iPod and iPhone Battery and Power Specifications". iPodBatteryFAQ.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-07. Diakses tanggal May 12, 2009. 
  4. ^ "Apple — iPhone — Tech Specs". Apple; Wayback machine. July 14, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-14. Diakses tanggal January 19, 2009. 
  5. ^ "Compare iPhone 3GS and iPhone 3G". Apple Inc. August 18, 2009. 
  6. ^ "iPhone 3GS upload limited to 384 Kbps upstream". Macworld.co.uk. June 9, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-13. Diakses tanggal July 31, 2009. 
  7. ^ "Apple Announces the New iPhone 3GS—The Fastest, Most Powerful iPhone Yet". June 8, 2009. Diakses tanggal June 8, 2009. 
  8. ^ "Apple iPhone 3GS offers speed boost, video capture, new OS". Clone2go.com. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  9. ^ "Display Showdown Part IIa: iPhone 3GS". DisplayBlog. February 23, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-10. Diakses tanggal July 5, 2011.  untuk tampilan yang lebih kaya warna dan lapisan oleophobic untuk membantu mengurangi sidik jari pada layar. }}
  10. ^ Mossberg, Walter S. (June 19, 2009). "Apple iPhone 3G S Is Better Model – Or Just Get OS 3.0". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-01. Diakses tanggal 2012-11-06. 
  11. ^ a b "iPhone 3GS review". Engadget. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  12. ^ "Apple iPhone 3GS Review – Watch CNET's Video Review". Reviews.cnet.com. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  13. ^ "Apple 8GB iPhone 3GS Smartphone Product Information". Macworld. June 25, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-06. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  14. ^ "$99 iPhone 3GS review". TiPb. July 4, 2010. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  15. ^ by David (CNET) Martin (July 9, 2009). "Apple says cases cause iPhone 3GS discoloration | iPhone Atlas – CNET Reviews". Reviews.cnet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-25. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  16. ^ "iPhone, iPad, and iPod touch (4th generation): Keeping device within acceptable operating temperatures". Support.apple.com. March 24, 2011. Diakses tanggal July 5, 2011. 
  17. ^ "Apple drops iPhone prices: 8GB 3GS free, iPhone 4 now $99". Engadget. 
  18. ^ http://theiphonewiki.com/wiki/index.php?title=0x24000_Segment_Overflow "0x24000 Segment Overflow"
  19. ^ "iOS 6 features". Apple. Diakses tanggal 2012-07-26. 
  20. ^ "iOS 5 performance 3GS". Anandtech. 
  21. ^ "Apple will no longer support 3GS". iSource. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
iPhone 3G
iPhone 3GS
3rd generation
Diteruskan oleh:
iPhone 4