Habib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Habib (kata benda dari bahasa Arab: حبيب, translit. ḥabīb‎; secara harafiah berarti yang dicintai; kekasih[1]) adalah gelar kehormatan yang ditujukan kepada para keturunan Nabi Muhammad ﷺ yang tinggal di daerah lembah Hadhramaut, Yaman; Asia Tenggara; dan Pesisir Swahili, Afrika Timur.[2][3] Di Indonesia, habib semuanya memiliki moyang yang berasal dari Yaman, khususnya Hadramaut.[4] Berdasarkan catatan pertubuhan yang melakukan pencatatan salasilah para habib ini, Lembaga Baitul Ansab Lil Asyraf Al-Azhmatkhan Wa Ahlulbayt Al-Alamiy ,[5] ada sekitar 40 juta orang di seluruh dunia yang dapat menyandang gelar ini dari 3110 Fam atau Qabilah atau Marga. Hanya keturunan laki-laki saja yang berhak menyandang gelar habib.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kamus besar bahasa Indonesia; Habib". Diakses tanggal 6 September 2020. 
  2. ^ Islam Nusantara (4 November 2017). "Melacak Asal-Usul Habib di Indonesia (1): Siapakah Habib?". Diakses tanggal 6 September 2020. 
  3. ^ Kumparan (13 Januari 2017). "Mereka yang Layak Disebut Habib". Diakses tanggal 6 September 2020. 
  4. ^ Muhammad Nor Farhan. Nama, Panggilan, Gelaran, Pangkat Nama, Nama Keturunan Diarsipkan 2016-03-05 di Wayback Machine.
  5. ^ Pertubuhan ini mulanya berpusat di Hadramaut. Sekarang pusat kegiatan terdapat di Tanah Abang, Jakarta, karena Indonesia merupakan negara dengan populasi habib terbanyak.