Gurun Ordos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilayah Ordos.

Gurun Ordos, yang juga dikenal sebagai Gurun Mu Us,[1] (Hanzi sederhana: ; Hanzi tradisional: 鄂爾多斯沙漠; Pinyin: È'ěrduō Shā) adalah sebuah wilayah gurun dan stepa yang menyelimuti sebuah dataran tinggi di selatan Wilayah Otonomi Mongolia Dalam, Republik Rakyat Tiongkok (berpusat di sekitar 39°N 109°E / 39°N 109°E / 39; 109). Tanah Ordos merupakan sebuah percampuran dari tanah liat dan pasir, dan, akibatnya, bernilai rendah untuk agribudaya. Wilayahnya memiliki luas sekitar 90,650 km². Wilayah tersebut bersebelahan dengan dua gurun besar: gurun terbesar ke-7 di Tiongkok, Gurun Kubuqi (/庫布齊沙漠; pinyin: Shā) di bagian utara, dan gurun terbesar ke-8 di Tiongkok, Gurun Maowusu (/毛烏素沙漠; pinyin: Máo Shā), di bagian selatan.

Letak[sunting | sunting sumber]

Gurun Ordos hampir secara keseluruhan dikitari oleh Lengkungan Besar (Lengkungan Ordos) dari Sungai Kuning di bagian barat, utara, dan timur. Barisan pegunungan memisahkan Ordos dengan Gurun Gobi di utara dan timur Sungai Kuning. Perbatasan utara-nya dijadikan sebagai batas selatan dari Daratan Pasir Mu Us. Rantai pegunungan tersebut yang memisahkan Ordos dari tengah Gobi di bagian utara lengkungan Sungai Kuning adalah: Kara-naryn-ula, Sheitenula, dan Pegunungan Yin, yang dihubungkan pada ujung bagian selatan dari Pegunungan Khingan Besar. Di bagian selatan dan timur, Tembok Raksasa Tiongkok memisahkan Ordos dengan daratan subur. Ordos menyelimuti bagian selatan dari Mongolia Dalam, sebuah Wilayah Otonomi di Tiongkok, Ningxia, sebuah Entitas Otonomi di Tiongkok, dan Provinsi Tiongkok Shaanxi dan Gansu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ukiran perunggu dari seorang pria, Ordos, abad ke 3-1 SM. Museum Inggris.

Nama-nama kuno dari wilayah Ordos adalah He-tau dan - kemudian - He-nan ("negara selatan sungai"). Wilayah tersebut diduduki oleh para penunggang kuda selama beberapa abad, dan sangat sering dijadikan tempat perang dengan Tiongkok. Pada abad ke-1 dan ke-2 Masehi, wilayah tersebut diduduki oleh Xiongnu, namun kemudian tidak diduduki pada saat dan setelah pemberontakan Dungan 1869.

Fauna dan flora[sunting | sunting sumber]

Rumput dan tumbuhan herbal asli-nya meliputi Bromus inermis, Agropyron mongolicum, A. cristatum, Festuca arundinacea, Elymus dahuricus, Melilotus albus, M. officinalis, Lotus corniculatus, Pugionium cornutum, Astragalus adsurgens, dan Filifolium sibiricum.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Donovan Webster. 2002. China's Unknown Gobi Alashan. National Geographic 201(1):48-75
  2. ^ Kang Mu-Yi et al. (2003). "Ecological Regionalization of Suitable Trees, Shrubs and Herbages for Vegetation Restoration in the Farming-Pastoral Zone of Northern China". Acta Botanica Sinica 2003, 45 (10): 1157-1165.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 
  • World Wildlife Fund (2001). "Ordos Plateau steppe". WildWorld Ecoregion Profile. National Geographic Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-08. 
  • Sun Jimin, Ding Zhongli, Liu Tungsheng. "Desert distributions during the glacial maximum and climatic optimum: Example of China". Institute of Geology, Chinese Academy of Sciences

Templat:Gurun Koordinat: 39°35′17″N 109°43′37″E / 39.588°N 109.727°E / 39.588; 109.727