Dataran Tinggi Iran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambar dekat perbatasan dengan lempeng Eurasia, Arab dan India.

Dataran Tinggi Iran atau Dataran Tinggi Persia,[1][2], adalah sebuah formasi geologis di Asia Barat dan Asia Tengah. Dataran tinggi ini merupakan bagian dari Lempeng Eurasia yang terjepit di antara lempeng Arab dan India, terletak di antara Pegunungan Zagros di sebelah barat, Laut Kaspia dan Kopet Dag di sebelah utara, Dataran Tinggi Armenia dan Pegunungan Kaukasus di sebelah barat laut, Selat Hormuz dan Teluk Persia di sebelah selatan dan Sungai Indus di sebelah timur di Pakistan.

Sebagai sebuah daerah bersejarah, dataran tinggi ini meliputi Parthia, Media, Persis, daerah pedalaman Iran, dan beberapa wilayahnya yang hilang baru-baru ini.[3] Pegunungan Zagros merupakan batas barat dataran tinggi ini, dan lereng timurnya dapat dimasukkan sebagai bagian dari Dataran Tinggi Iran ini. Encyclopædia Britannica mengecualikan "dataran rendah Khuzestan" secara eksplisit[4] dan menggolongkan Elam sebagai rentangan "wilayah dari dataran Mesopotamia ke Dataran Tinggi Iran".[5]

Dari Laut Kaspia di barat lautke Baluchistan di selatan-timur, Dataran Tinggi Iran membentang mencapai hampir 2.000 km, yang meliputi sebagian besar Iran, Afghanistan, dan Pakistan sebelah barat Sungai Indus dalam sebuah area yang secara kasar bergambar segi empat yang dibentuk oleh kota Tabriz, Shiraz, Peshawar, dan Quetta yang mencakup luas sekitar 3;700;000 meter pkiloersegi (1;400;000 sq mi). Meskipun disebut sebuah "dataran tinggi", permukaannya jauh dari datar sebaliknya mencakup beberapa pegunungan, dengan puncak tertingginya adalah Damavand di Alborz pada 5610 meter, dan Basin Lut di sebelah timur dari Kerman di Iran Tengah yang menurun di bawah 300 meter.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Dalam geologi, wilayah dataran tinggi di Iran yang terutama terbentuk dari proses kenaikan tanah terrane Gondwana antara platform Turan di sebelah utara dan Dorongan Zagros UtamaĀ, zona jahitan antara lempeng Arab yang bergerak ke utara dan benua Eurasian, disebut Dataran Tinggi Iran.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Dataran Tinggi Iran dalam geologi mengacu kepada wilayah geografis utara dari sabuk gunung lipatan besar yang dihasilkan dari tabrakan antara lempeng Arab dengan lempeng Eurasia. Dalam definisi ini, dataran tinggi Iran tidak mencakup barat daya Iran. Dataran tinggi ini membentang dari Provinsi Azerbaijan Timur di sebelah barat laut Iran (Persia) sepanjang perjalanan menuju barat Pakistan dari Sungai Indus, yang juga mencakup sebagian kecil dari Republik Azerbaijan dan Turkmenistan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]