Grisaia no Kajitsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grisaia no Kajitsu
グリザイアの果実
(Gurizaia no Kajitsu)
Permainan
PengembangFront Wing
Penerbit
  • JP: Front Wing

GenreEroge, novel visual
PlatformWindows, PlayStation Portable, PlayStation Vita
RilisMicrosoft Windows
  • JP: 25 Februari 2011

PlayStation Portable
  • JP: 21 Februari 2013
PlayStation Vita
  • JP: 8 Agustus 2013
Permainan
Grisaia no Meikyuu
PengembangFront Wing
Penerbit
  • JP: Front Wing

GenreEroge, Novel visual
PlatformWindows, PlayStation Portable, PlayStation Vita
RilisMicrosoft Windows
  • JP: 24 Februari 2012
  • WW: 22 Juni 2016

PlayStation Portable
  • JP: 30 Oktober 2014
PlayStation Vita
  • JP: 30 Oktober 2014
Manga
The Fruit of Grisaia: Sanctuary Fellows
PengarangEiji Narumi
IlustratorShū Hirose
PenerbitAkita Shoten
MajalahChampion Red Ichigo (sebelumnya)
Champion Cross (saat ini)
DemografiSeinen
Terbit5 Februari 2013 – sekarang
Volume3
Permainan
Grisaia no Meikyuu
PengembangFront Wing
Penerbit
  • JP: Front Wing

GenreEroge, novel visual
PlatformWindows, PlayStation Portable, PlayStation Vita
RilisMicrosoft Windows
  • JP: 24 Mei 2013
  • WW: 28 April 2017

PlayStation Portable
  • JP: 11 Desember 2014
PlayStation Vita
  • JP: 11 Desember 2014
Manga
The Fruit of Grisaia: L'Oiseau bleu
PengarangJun'ichi Fujisaku
IlustratorTaka Himeno
PenerbitMag Garden
MajalahMonthly Comic Blade
Monthly Comic Garden
DemografiShōnen
TerbitMei 2014 – sekarang
Volume2
Seri anime
SutradaraTensho
ProduserAsuka Yamazaki
Kazuhiro Kanemitsu
Mitsutoshi Ogura
Ryuichiro Yamakawa
Tatsuya Ueki
SkenarioHideyuki Kurata
MusikElements Garden
Studio8-Bit
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, Sun TV, BS11, Anime Network
Tayang 5 Oktober 2014 28 Desember 2014
Episode13 + 6 spesial (Daftar episode)
Film anime
Grisaia no Meikyuu
SutradaraTensho
SkenarioHideyuki Kurata
MusikElements Garden
Studio8-Bit
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, Sun TV, BS11
Tayang12 April 2015
Durasi47 menit
Seri anime
Grisaia no Rakuen
SutradaraTensho
SkenarioHideyuki Kurata
MusikElements Garden
Studio8-Bit
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, Sun TV, BS11, Anime Network
Tayang 19 April 2015 21 Juni 2015
Episode10 + 5 spesial (Daftar episode)
Seri anime
Grisaia: Phantom Trigger
SutradaraTensho
ProduserRyuichiro Yamakawa
StudioBibury Animation Studio
 Portal anime dan manga

Grisaia no Kajitsu (グリザイアの果実, Gurizaia no Kajitsu) adalah novel visual dewasa dari Jepang, yang merupakan seri pertama dalam seri novel visual oleh Front Wing, yang desain karakternya dibuat oleh Akio Watanabe dan Fumio. Novel ini dirilis pada Februari 2011 untuk Windows, kemudian dirilis ke PlayStation Portable dan PlayStation Vita. Dua sekuel novel visual lain juga diproduksi untuk Windows: The Labyrinth of Grisaia pada Februari 2012 dan The Eden of Grisaia pada Mei 2013. Tiga permainan dilisensikan dalam bahasa Inggris dan diterbitkan di seluruh dunia oleh Sekai Project pada tahun 2015. Ada dua manga adaptasi yang diterbitkan oleh Akita Shoten dan Mag Garden. Serial animasi televisi berjumlah 13 episode dianimasikan oleh 8-Bit dan diproduksi oleh NBCUniversal dan ditayangkan di Jepang antara bulan Oktober dan Desember 2014. Selanjutnya, adaptasi anime dari dua sekuel permainan itu disiarkan antara bulan April dan Juni 2015.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Grisaia no Kajitsu adalah novel visual romansa yang pemain utamanya mengasumsikan peran Yuji Kazami. Sebagian besar alur permainan dihabiskan untuk membaca cerita dalam bentuk narasi dan dialog. Teks dalam permainan ini disertai dengan karakter sprite, yang mewakili dengan siapa Yuji berbicara, dikelilingi seni latar belakang. Sepanjang permainan, pemain bertemu karya seni komputer pada titik-titik tertentu dalam cerita, yang mengambil tempat latar belakang seni dan karakter sprite. Grisaia no Kajitsu mengikuti percabangan alur cerita dengan beberapa akhiran, dan tergantung pada keputusan yang dibuat oleh pemain selama pertandingan, alur akan mengikuti arah yang ditentukan.

Ada lima utama garis alur yang pemain memiliki kesempatan untuk mengalaminya, satu alur untuk masing-masing tokoh. Sepanjang permainan, pemain diberikan beberapa pilihan untuk memilih, teks yang muncul akan terjeda pada titik-titik tersebut hingga pilihan dibuat. Beberapa keputusan dapat menyebabkan permainan berakhir sebelum waktunya, yang menawarkan alternatif lain yang berakhir dengan plot itu. Untuk melihat semua garis alur secara keseluruhan, para pemain dapat memutar ulang permainan beberapa kali dan memilih pilihan alur yang berbeda. Seluruh alur permainan, ada adegan grafika seksual yang menggambarkan Yuji berhubungan seks dengan tokoh dalam alur tersebut.

Alur[sunting | sunting sumber]

Yuji Kazami dipindahkan ke Mihama Academy, sebuah sekolah yang hanya memiliki lima siswa perempuan dan berlingkungan seperti penjara. Setiap siswa di sekolah ini memiliki "alasan" sendiri berada di sana, tetapi Yuji tidak diminta untuk melakukan sesuatu terkait dengan kondisi mereka karena ia meminta kehidupan sendiri seperti siswa umum lain. Menurut keputusan yang dibuat olehnya saat berada di Mihama Academy, ia akhirnya memilih terlibat sesuai dengan kemauannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Yuuji Kazami (風見 雄二, Kazami Yuuji)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai (anime), Ayaka Suwa (anak)
Protagonis dari Grisaia. Nomor Ace 9029, Yuuji adalah pembunuh bayaran yang bekerja untuk pemerintah Jepang, melaksanakan misi operasi hitam. Bosan dengan hidupnya tanpa tujuan, ia ingin menjalani kehidupan sekolah yang normal. Keren, filosofis, dan minimalis, Yuuji adalah seorang realis dengan kecerdasan di atas rata-rata. Dengan sangat berhati-hati, dia selalu merencanakan dan mengintai sesuatu sebelum bertindak. Selain metode militernya yang biasa-biasa saja yang tidak ortodoks, dia hanyalah pemuda yang ideal. Dia menyamar sebagai "siswa pertukaran dari Kanada". Dia sangat pandai menangani wanita yang membuatnya sangat populer, yang ditunjukkan oleh hampir setiap karakter wanita tampaknya tertarik padanya.
Yumiko Sakaki (榊 由美子, Sakaki Yumiko)
Pengisi suara: Ryōko Tanaka (PC, PSP & anime), dikreditkan kepada Hikaru Isshiki dalam versi PC
Siswa tahun kedua Akademi Mihama, putri dari konglomerat "East Beach Railway Express Group". Akademi Mihama didirikan untuknya dan dia adalah siswa pertama yang mendaftar. Karakter utamanya adalah rambut hitam seukuran pinggang. Karena keterusterangannya dan kepribadian yang sulit untuk menjadi senang, dia sering berselisih dengan karakter lain. Karena masa lalunya, ia cenderung tinggal sendiri dan hampir tidak berusaha bergaul dengan orang lain. Dia selalu membawa pisau kecil yang digunakan untuk mengancam orang lain, terutama Yuuji, ketika dia marah. Dia menghabiskan banyak waktu luangnya dengan membaca, terutama novel misteri, yang menyebabkannya dipanggil sebagai kutu buku. Dia kemudian memiliki perasaan terhadap Yuuji setelah "diselamatkan" dari ikatan keluarganya yang membuatnya lebih ceria daripada sebelumnya.
Amane Suou (周防 天音, Suō Amane)
Pengisi suara: Hiroko Taguchi (PC, PSP & anime), dikreditkan kepada Sora Yukimi dalam versi PC
Siswa tahun ketiga Akademi Mihama, tipe Onee-san yang selalu menjaga orang lain. Dia dikenal sebagai "ibu" Makina. Karena keadaannya, dia tidak bersekolah selama satu tahun, sehingga dia sebenarnya 2 tahun lebih tua dari Yuuji. Dia memiliki tubuh yang tumbuh dengan baik. Keluarganya mengelola restoran yang sudah lama berdiri di Ginza, sehingga dia pandai memasak. Karena ibunya berasal dari Kyoto, setiap kali dia merasa senang, atau ketika dia panik, aksesnnya menggunakan dialek Kansai. Dia sangat tertarik pada mobil dan mendapatkan lisensi mengendarai sepeda motor. Amane juga memiliki sepeda motor trail yang dirombak ke sebuah kapal pesiar yang disebut "Bobatarō" (ボバ太郎) dan disimpan di garasi Akademi Mihama. Amane memiliki perasaan terhadap Yuuji terlepas dari rasa bersalah ketika ia meninggalkan saudara perempuan Yuuji kembali dan melarikan diri untuk menyelamatkan dirinya sendiri dalam sebuah kecelakaan yang saudara perempuan Yuuji diyakini telah mati.
Michiru Matsushima (松嶋 みちる, Matsushima Michiru)
Pengisi suara: Kaori Mizuhashi (PC, PSP & anime), dikreditkan kepada Urara Hani dalam versi PC
Siswa tahun kedua Akademi Mihama, Michiru adalah tsundere palsu dengan rambut pirang yang diputihkan dan memiliki gangguan identitas disosiatif. Dia memiliki minat yang dalam pada karakter tsundere dan mencoba untuk bertindak seperti itu. Kepribadiannya yang konyol dan energetik membuatnya menjadi pencipta suasana di kelas. Nilai-nilainya selalu buruk. Dia selalu membawa kantong berbentuk ikan hiu yang berisi permen lemon. Meskipun mengalami kesulitan dengan makanan asam, ia masih mencoba meminum 100% vitamin C murni untuk "meningkatkan kecerdasannya", seperti yang dikatakan Michiru. Dia mengalami banyak kesialan sejak kelahirannya, tetapi selalu berhasil melewati satu atau lain hal.
Sachi Komine (小嶺 幸, Komine Sachi)
Pengisi suara: Ai Shimizu (PC, PSP & anime), dikreditkan kepada Mikasa Okamura dalam versi PC
Siswa tahun pertama Akademi Mihama, Sachi adalah pelayan di Akademi Mihama. Dia selalu memakai pakaian pelayannya, kecuali saat pergi ke sekolah, mandi atau berenang. Dia melakukannya karena beberapa orang pernah menyuruhnya mengenakan seragam pembantu sesering mungkin. Sopan dan dengan rasa tanggung jawab yang kuat, hanya ada 3 kata dalam kamus aksinya, "terima", "konfirmasi", dan "eksekusi". Karena itu, dia selalu berusaha untuk mencapai apa pun yang diminta. Hewan favoritnya adalah hiu. Dia pernah membuat kantong berbentuk ikan hiu yang kemudian selalu dibawa oleh Michiru. Dia juga teman masa kecil Yuuji yang Yuuji ingat sedikit kemudian di seri. Dia jatuh cinta dengan Yuuji setelah dia membantunya mengatasi trauma yang dia alami sejak kecil dan disebabkan oleh keyakinannya bahwa dia adalah penyebab kematian orang tuanya.
Makina Irisu (入巣 蒔菜, Irisu Makina)
Pengisi suara: Tomoe Tamiyasu (PC, PSP & anime)
Siswa tahun pertama Akademi Mihama, Makina adalah gadis lugu dan riang dengan kepribadian yang sulit dipahami. Secara umum, ia dapat dijelaskan dengan satu kata, "Bodoh", tetapi terkadang ucapan dan perilakunya membuat orang-orang tidak sabar. Dengan alasan itu, sebagian besar orang yang berbicara dengannya selama lima menit akan mengatakan "Gadis ini mengerikan". Dia menganggap Yuuji sebagai kakak laki-lakinya dan Amane sebagai kakak perempuan. Dia menyebut Yuuji dengan "Onii-chan". Meskipun dia memiliki kamar sendiri di asrama, dia selalu tinggal di kamar Amane. Dia selalu memakai kaos kaki dengan dua warna berbeda. Karena pekerjaan orang tuanya, dia tinggal di negara asing sampai dia berumur enam tahun sehingga dia bisa berbicara bahasa Inggris dan bahasa lainnya dengan baik. Keluarganya dikabarkan akan menjadi kelompok keuangan besar yang mengontrol dunia bawah Jepang. Orang-orang tidak menyadari ketidakbahagiaan yang dideritanya karena terlahir dalam keluarga yang menurutnya merepotkan. Makina menjadi penerus keluarga Irisu tetapi warisannya dipindahkan ke adik perempuannya, Irisu Sarina, setelah dia mengalami syok mental dalam kecelakaan. Terlepas dari semua itu, ia masih memiliki harta sebanyak 70 juta yen sebagai miliknya sendiri. Dia kemudian menggunakan uang itu untuk "membeli" Yuuji sebagai walinya/"papa". Namun setelah petualangan kecil mereka di mana dia hampir terbunuh, dia mulai mengembangkan perasaannya kepada Yuuji dia seperti gadis-gadis lain.

Sejarah perilisan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini pertama kali dirilis untuk Windows pada tanggal 25 Februari 2011. Sebuah versi untuk PlayStation Portable dirilis pada tanggal 21 Februari 2013. Pada versi PSP, adegan seks secara eksplisit dihilangkan, tetapi menambahkan cerita baru, grafis dan suara tambahan diperbarui.[1][2][3] Versi peningkatan pada PlayStation Vita dirilis pada Oktober 2013 di Jepang.[4] Dua sekuel dirilis lagi untuk Windows: The Labyrinth of Grisaia (グリザイアの迷宮, Gurizaia no Meikyuu) yang dirilis pada 24 Februari 2012 dan The Eden of Grisaia (グリザイアの楽園, Gurizaia no Rakuen) yang dirilis pada 24 Mei 2013. Sebuah permainan parodi sempalan dari Grisaia no Kajitsu, berjudul Grisaia no Kajitsu Spin-out!? Idol Magical Girl Chiruchiru Michiru (グリザイアの果実スピンアウト!? アイドル魔法少女ちるちる☆みちる, Grisaia no Kajitsu Supinauto!? Aidoru Mahō Shōjo Chiruchiru Michiru), dirilis untuk Windows pada tahun 2014 (bagian pertama dirilis pada bulan Agustus, dan bagian kedua dirilis pada bulan Desember). Permainan terpisah ini kemudian dirilis untuk PlayStation Vita pada tanggal 25 Juni 2015, dan menceritakan bagaimana Michiru menjadi seorang gadis penyihir yang ditugaskan untuk menyelamatkan dunia.[5] Sekai Project memperoleh hak merilis versi bahasa Inggris dari trilogi Grisaia serta permainan terpisah Idol Magical Girl Chiruchiru Michiru yang didanai melalui Kickstarter pada bulan Desember 2014.[6][7] Porting bahasa Inggris dari Grisaia no Kajitsu versi PlayStation Vita dirilis di Steam pada tanggal 29 Mei 2015.[8][9]

Media terkait[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah manga adaptasi yang berjudul The Fruit of Grisaia: Sanctuary Fellows (グリザイアの果実 サンクチュアリ フェローズ, Grisaia no Kajitsu: Sankuchuari Ferōzu), yang ditulis oleh Eiji Narumi dan diilustrasikan oleh Shū Hirose, mulai diserialisasi dalam majalah Champion Red Ichigo volume 36 yang dirilis pada 5 Februari 2013.[10] Volume tankōbon pertama dirilis pada 20 November 2013;[11] tiga volume dirilis pada 19 September 2014.[12] Kedua manga yang berjudul The Fruit of Grisaia: L'Oiseau bleu (グリザイアの果実 〜L'Oiseau bleu〜), yang ditulis oleh Jun'ichi Fujisaku dan diilustrasikan oleh Taka Himeno, diserialisasi dalam majalah Monthly Comic Blade Mag Garden antara bulan Mei dan September 2014.[13][14] Karena majalah tersebut dihentikan,[15] serialisasi manga ini dilanjutkan dalam majalah Comic Garden Mag Garden edisi Oktober 2014.[16] Volume tankōbon pertama dirilis pada 10 September 2014.[17]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial adaptasi anime televisi sebanyak 13 episode, yang dianimasikan oleh 8-Bit, diproduksi oleh NBCUniversal, dan disutradarai oleh Tensho,[18][19] ditayangkan di Jepang antara 5 Oktober dan 28 Desember 2014 di AT-X. Skenarionya ditulis oleh Hideyuki Kurata, desain karakter, dan kepala pengarah animasi ditangani oleh Akio Watanabe, dan Elemen Garden menggubah musik serial tersebut. Enam anime pendek dirilis dalam kompilasi DVD dan Blu-ray Disc dirilis antara tanggal 25 Desember 2014 dan 27 Mei 2015. Anime ini telah dilisensi untuk digital video rumahan oleh Sentai Filmworks di Amerika Utara.[20] Secara berurutan, 8-Bit dan NBCUniversal menghasilkan dua tindak lanjut. Film adaptasi anime The Labyrinth of Grisaia ditayangkan pada tanggal 12 April 2015,[21] dan 10 episode anime adaptasi dari The Eden of Grisaia ditayangkan antara tanggal 19 April dan 21 Juni 2015. Ia juga memiliki lisensi untuk digital video rumahan oleh Sentai Filmworks.

Musik[sunting | sunting sumber]

Grisaia no Kajitsu memiliki enam buah musik tema: satu tema pembuka dan lima tema penutup. Lagu tema pembuka adalah "Shūmatsu tidak ada Fractal" (終末のフラクタル, "Fractal Akhir") oleh Faylan. Setiap tokoh memiliki lagu penutup sendiri, dimulai dengan Yumiko tema "Holograph" (ホログラフ) oleh Eufonius; Amane dengan "Home" oleh Hashimoto Miyuki; Michiru dengan "Skip" oleh Chata; Makina dengan "Mayoi no Mori" (迷いの森, "Lost Forest") oleh Hiromi Satō; dan Sachi dengan "Kono Hi no Mama de" (この日のままで) oleh Nana. Singel "Shūmatsu no Fractal", juga berisi "Happy Soul Dance", dirilis pada tanggal 26 Januari 2011.

Tema pembuka anime ini adalah "Rakuen no Tsubasa" (楽園の翼, "Wing of Paradise") oleh Maon Kurosaki, dan tema penutup utama adalah "Anata no Aishita Sekai" (あなたの愛した世界, "Dunia Yang Kau Cintai") oleh Yoshino Nanjo.[22] Tema penutup tambahan termasuk "Eden Song" oleh Hana dipakai pada episode dua, "Skip" digunakan dalam episode lima, dan "Sōsei no Tanatosu" (創世のタナトス, "Thanatos dari Kitab Kejadian") oleh Faylan digunakan dalam episode 13. Beberapa tema penutup yang digunakan dalam permainan juga digunakan dalam anime itu seperti "Holograph" dalam episode enam dan "Lost Forest" di episode sembilan.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada Moe Game Awards 2011, Grisaia no Kajitsu dianugerahi Grand Prize, serta Hadiah Emas untuk Skenario, Pilihan Pengguna, Theme Song, dan True Love. Pada juri memuji cerita yang menyeimbangkan keseriusan dengan komedi.[23] Versi PlayStation Portable terjual 3.700 unit pada minggu pertama, membuatnya menjadi judul yang laku peringkat kedua pada minggu itu.[24] Famitsu diberikan nilai 30 dari 40.[25]

Operation Rainfall menilai Grisaia no Kajitsu dengan skor 5 dari 5, dengan resensi dari Chris Melchin, "[jika] Anda menyukai novel visual dan romansa, saya lihat tidak ada alasan agar tidak membaca Grisaia no Kajitsu jika Anda belum melakukannya."[26]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PCの人気作『グリザイアの果実』がPSPに移植。プロトタイプより発売されることが決定した。" (dalam bahasa Jepang). Famitsu. 2011-07-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-25. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  2. ^ "『グリザイアの果実 -LE FRUIT DE LA GRISAIA-』PCの人気作が移植 - ファミ通.com" (dalam bahasa Jepang). Famitsu. 2011-08-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-01. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  3. ^ "週刊ファミ通2013年2月28日号新作ゲームクロスレビューより - ファミ通.com" (dalam bahasa Jepang). Famitsu. 2013-02-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-21. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  4. ^ "PlayStation Vita Is Becoming A System For Visual Novels". Siliconera. 28 May 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-12. Diakses tanggal 8 September 2013. 
  5. ^ "シリーズ初のスピンオフ作品がPS Vitaに登場。「グリザイアの果実スピンアウト!? アイドル魔法少女ちるちる☆みちる」が6月25日に発売". 4gamer (dalam bahasa Jepang). March 10, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-11. Diakses tanggal March 10, 2015. 
  6. ^ ""The Fruit of Grisaia" Visual Novel Kickstarter Campaign Announced". Crunchyroll. October 10, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-13. Diakses tanggal October 11, 2014. 
  7. ^ "The Grisaia Trilogy: Three Huge Visual Novels for PC". Kickstarter. December 16, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-21. Diakses tanggal December 17, 2014. 
  8. ^ "Visual Novel The Fruit of Grisaia Set for Launch in Late May". Hardcore Gamer. May 14, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-29. Diakses tanggal May 14, 2015. 
  9. ^ "Fruit of Grisaia Game to Launch on Steam on May 29". Anime News Network. May 17, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-20. Diakses tanggal January 13, 2017. 
  10. ^ "チャンピオンREDいちご VOL.36" [Champion Red Ichigo volume 36] (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-24. Diakses tanggal 2013-03-13. 
  11. ^ グリザイアの果実 ~サンクチュアリ フェローズ~ 第1巻 [The Fruit of Grisaia: Sanctuary Fellows Volume 1] (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  12. ^ グリザイアの果実 ~サンクチュアリ フェローズ~ 第3巻 [The Fruit of Grisaia: Sanctuary Fellows Volume 3] (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  13. ^ 月刊コミックブレイド 2014年5月号 [Monthly Comic Blade May 2014 issue] (dalam bahasa Jepang). Tohan Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2014. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  14. ^ 月刊コミックブレイド 2014年9月号 [Monthly Comic Blade September 2014 issue] (dalam bahasa Jepang). Tohan Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2014. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  15. ^ "Comic Blade Ceases Publication, Replaced with Comic Garden Magazine". Anime News Network. July 30, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-10. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  16. ^ コミックガーデン 2014年10月号 [Comic Garden October 2014 issue] (dalam bahasa Jepang). Tohan Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2014. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  17. ^ "グリザイアの果実 ~L'Oiseau bleu~ 1" [The Fruit of Grisaia: L'Oiseau bleu 1] (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-09. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  18. ^ "NBC Universal". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-07. Diakses tanggal September 12, 2015. 
  19. ^ "Grisaia no Kajitsu Anime Coming This Fall/Autumn". Otaku Tale. July 1, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-07. Diakses tanggal July 1, 2014. 
  20. ^ "Sentai Filmworks Licenses Le Fruit de la Grisaia". Anime News Network. October 2, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-04. Diakses tanggal October 5, 2014. 
  21. ^ "The Eden of Grisaia, The Labyrinth of Grisaia Anime's April Premiere Dates Unveiled". Anime News Network. March 11, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-11. Diakses tanggal March 11, 2015. 
  22. ^ "Takahiro Sakurai, Hiroko Taguchi Lead Le Fruit de la Grisaia Anime's Cast". Anime News Network. July 30, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-01. Diakses tanggal August 1, 2014. 
  23. ^ 萌えゲーアワード 2011年度 受賞タイトル発表 [Moe Game Awards – Fiscal Year 2011 Winning Titles Announcement] (dalam bahasa Jepang). Moe Game Award Executive Committee. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-24. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  24. ^ "Japan's Video Game Rankings, February 18–24". Anime News Network. 2013-02-27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-02. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  25. ^ Romano, Sal (2013-02-12). "Famitsu Review Scores: Issue 1261". Gematsu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-20. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  26. ^ Melchin, Chris. "(18+) EROGE REVIEW: The Fruit of Grisaia". Operation Rainfall. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-25. Diakses tanggal May 25, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]