Daftar episode Grisaia no Kajitsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grisaia no Kajitsu merupakan serial televisi anime yang didasarkan pada novel visual dengan nama yang sama oleh Front Wing. Anime tersebut dianimasikan oleh 8-Bit, diproduksi oleh NBCUniversal, dan disutradarai oleh Tensho.[1][2] Grisaia no Kajitsu ditayangkan di Jepang pada antara 5 Oktober hingga 28 Desember 2014 melalui AT-X. Naskahnya dikarang oleh Hideyuki Kurata, desain karakter dan kepala pengarah animasi dibawah kendali Akio Watanabe, sedangkan Elements Garden mengarang musiknya. Anime ini telah dilisensikan untuk perilisan video digital dan video rumahan oleh Sentai Filmworks.[3] Sekuel adaptasi anime Grisaia no Kajitsu berjudul Grisaia no Meikyuu dan Grisaia no Rakuen ditayangkan perdana pada bulan April 2015.[4]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Grisaia no Kajitsu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tayang perdana pada
1"Ordinary Academy Life"
"Futsū no Gakuen Seikatsu" (普通の学園生活)
5 Oktober 2014 (2014-10-05)
Yuuji Kazami ditahan oleh polisi. Setelah dibebaskan, kepala sekolah Akademi Mihama, Chizuru Tachibana, menjemputnya dan membawanya ke sekolah dan menunjukkan kamarnya di asrama. Saat memasuki asrama dia diperkenalkan kepada seorang teman sekolah, Sachi Komine, yang mengenakan seragam pembantu. Keesokan paginya dia bertemu dua siswa lagi, Amane Suou dan Makina Irisu, di lobi dan kemudian bertemu dengan seorang siswa lain, Michiru Matsushima, di ruang kelas. Begitu kelas dimulai, dia mengetahui bahwa ada satu lagi siswa di kelas mereka yang tidak hadir. Makina memberitahunya bahwa siswa yang tidak hadir, Yumiko Sakaki, hanya datang ketika sore hari. Ketika Yumiko datang ke kelas, ia mencoba untuk menyakiti Yuuji dengan pisau. Saat kembali ke asrama, Yuuji melihat Amane berganti pakaian di kamarnya dan dia mengatakan bahwa dia memiliki seorang kakak perempuan bernama Kazuki yang sepertinya dikenal oleh Amane. Kemudian, Yuuji menerima panggilan telepon dari J.B. yang mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki tugas yang harus dilakukan.
2"School Killer Yumiko"
"Sukūru Kirā Yumiko" (スクールキラー由美子)
12 Oktober 2014 (2014-10-12)
Yumiko Sakaki terus berusaha untuk menyakiti Yūji. Pada hari itu dia bertemu dengan Makina, yang sangat pemalu, tetapi setelah dia membantunya menangkap seekor udang karang, Makina menjadi dekat dengan Yuuji dan memutuskan memanggilnya "Onii-chan". Dia mengunjungi kantor kepala sekolah untuk meminta nasihat dalam menyelesaikan permusuhan dengan Yumiko yang terus berlanjut. Dia mengetahui bahwa semua siswa lain memiliki "masalah khusus" sehingga mendaftar di sekolah tersebut. Atasan Yūji, J.B., datang mengunjunginya di sekolah yang membangkitkan keingintahuan teman-teman sekelasnya, terutama Amane, yang ingin tahu apakah Yuji memiliki pacar atau tidak. Kemudian malam itu di asrama, dia disergap oleh Yumiko sekali lagi. Dia mengatakan pada Yumiko bahwa dia bukan musuhnya dan berniat menjadi temannya. Sejak hari itu dan seterusnya, sikap Yumiko ke arahnya melembut. Kilas balik pada akhir video menunjukkan bagaimana masing-masing siswa lain tiba dan bersekolah di akademi tersebut.
3"Sweet Diet"
"Amai Shokuseikatsu" (甘い食生活)
19 Oktober 2014 (2014-10-19)
Kembali ke asrama setelah lari pagi, Yūji melihat Amane mencoba masuk ke dalam kamarnya dan menduga bahwa Amane mungkin seorang pembunuh. Yuuji mencoba melihat di balik pintu kamarnya. Kehadirannya kemudian diketahui oleh Amane sebagai hal yang memalukan. Saat makan siang, Amane mengungkapkan kekhawatirannya bahwa Makina mulai meniru tingkah laku Yūji. Sore itu Yūji sengaja mendengar suara erotis dan menemukan bahwa itu adalah Michiru, yang bermain dengan seekor kucing. Hari berikutnya, dia secara tidak sengaja setuju untuk meminta Sachi menjadikannya kantong kecil berbentuk hiu (seperti milik Michiru). Sore itu selama pelajaran olahraga, Amane mengalami sakit pada pergelangan kakinya dan Yūji membawanya ke ruang kesehatan. Setelah dia mengobati cederanya, Amane meminta agar Yūji menjadi pacarnya. Ketika Yuuji menolak, dia mengubah permintaannya dan memintanya agar dianggap sebagai kakak perempuannya, yang kemudian disetujui oleh Yuuji. Keesokan harinya, Amane dan Makina berbagi makan siang mereka dengan Yūji.
4"Where to Aim the Silver Bullet"
"Gin no Dangan de Nerau Basho" (銀の弾丸で狙う場所)
26 Oktober 2014 (2014-10-26)
Selama melaksanakan lari-lari kecil pada pagi hari, Yūji melihat Michiru duduk di rumput dengan kucing di pangkuannya menghadap ke laut. Pada malam berikutnya, penghuni asrama mendiskusikan perilaku aneh Michiru baru-baru ini. Malam itu, Sachi, Yumiko dan Yūji menyaksikan Michiru ketika dia keluar dari asrama dengan perilaku yang aneh. Keesokan harinya, Amane meminta Yūji dan Yumiko agar persahabatan mereka bisa terjalin. Ketika Michiru muncul, dia juga menanyakan pertanyaan yang sama dan menghilang setelah pertanyaan dijawab. Yūji mengejarnya dan ia mengetahui bahwa sosok Michiru saat itu berbeda yang pertama kali dia ketahui. Sosok Michiru yang baru bercakap-cakap dengan Yūji lalu menciumnya dan kemudian kembali ke kepribadian aslinya. Keesokan paginya, Michiru meminta Yūji untuk mendemonstrasikan apa yang telah dilakukan sosok lain dalam dirinya pada hari sebelumnya dan merasa aneh ketika dia hampir menciumnya. Dia kemudian lari untuk menenangkan diri dan mengusir kucingnya. Yūji menemukan dia sedang berada di tebing mencari kucing yang ia beri nama Meowmel (Nyanmel). Saat mereka berjalan pulang bersama, Yūji memperhatikan sesuatu dan mengatakan pada Michiru agar pulang tanpanya. Dengan mengabaikan kata-katanya, Michiru mengikuti Yuuji dan menemukan bahwa Meowmel mengalami kecelakaan dan sedang sekarat. Yūji memanggil taksi tetapi mereka terlambat dan Meowmel mati di pangkuan Michiru.
5"Vox in Box"2 November 2014 (2014-11-02)
Michiru sangat sedih dengan kematian Meowmel dan meminum sejumlah pil. Yūji membawanya ke rumah sakit dan kemudian dia pulih. Sachi memberinya kotak yang terkunci yang diterima dari Michiru. Yuuji membukanya dan menemukan buku harian yang disimpan oleh Michiru dengan dirinya yang lain. Yuuji kemudian menyadari bahwa Michiru mengembangkan kepribadian yang lain setelah menerima transplantasi jantung dan bahwa kepribadian aslinya telah menyembunyikan diri dan tidak ingin kembali. Yūji memaksa kepribadian asli Michiru keluar, dan kepribadian tersebut mengatakan bahwa dia ingin mati. Yūji setuju untuk membantunya dan dia membawanya ke tebing yang menghadap ke lautan tempat dia bermain dengan Meowmel dan menguburnya hidup-hidup dalam peti mati. Terperangkap dalam kegelapan, Michiru mulai berhalusinasi dan ia melihat masa lalunya dalam kilas balik. Michiru kemudian menyadari bahwa dia tidak ingin mati lagi dan dia berusaha keluar dari peti mati tersebut. Yūji, yang telah menunggu tiga hari di sana membantu mengeluarkan Michiru dan membawanya kembali ke asrama. Yūji kemudian membawa sosok Michiru yang lain untuk melihat orang tuanya, dan, meskipun ia jarang muncul, ia masih tinggal di dalam diri Michiru.
6"Raison D'être"
"Rēzon Dētoru" (レーゾン・デートル)
9 November 2014 (2014-11-09)
Di SMP, Yumiko menepis tangan seorang gadis yang bergosip bahwa dia adalah putri seorang selir dan dibawa ke rumah ayahnya hanya setelah adik laki-lakinya dan pewaris keluarga meninggal. Ayah Yumiko ingin dia menganggap posisinya sebagai pewaris Tohin Railway Group, dan Yūji diperintahkan untuk bertindak sebagai pengawal Yumiko dan kemudian membiarkan Yumiko diculik untuk menakut-nakuti dia agar kembali ke rumah. Namun Yuji memutuskan untuk tidak mematuhi perintah tersebut dan melindungi Yumiko. Saat mereka menunggu hujan badai di bawah jembatan, Yumiko mengungkapkan masa lalunya ke Yūji. Marah dengan pembangkangan Yūji atas perintahnya, ayah Yumiko berencana untuk memindahkan Yumiko ke Amerika dan memerintahkan penutupan Akademi Mihama. Yumiko menolak untuk pergi, mendorong ayahnya datang ke sekolah untuk memohon padanya secara langsung. Secara spontan, Yumiko menembaki ayahnya dengan pistol dan memicu kebuntuan. Ketika orang-orang suruhan ayah Yumiko memasuki gedung setelah amunisi Yumiko habis, ia menarik pin granat dan membunuh dirinya sendiri. Namun, Yūji membantu Yumiko memalsukan kematiannya. Yumiko diberi identitas baru termasuk pendaftaran keluarga yang dipalsukan dan memulai kehidupan baru sebagai siswa lain di sekolah.
7"Letter of Happiness"
"Shiawase no Tegami" (幸せの手紙)
16 November 2014 (2014-11-16)
Sachi pingsan di kamar mandi setelah melakukan perintah Makina. Keesokan harinya, Michiru meminta Sachi untuk membatalkan ujian yang akan datang. Sachi kemudian mengunci dirinya di kamarnya dan mulai bersiap untuk meledakkan sekolah dengan menggunakan bom waktu. Malam hari sebelum ujian, teman-teman sekelasnya muncul tepat setelah dia memulai pengatur waktu. Sachi mencoba untuk membuat mereka pergi tetapi sia-sia. Sachi menutupi peledak itu dengan tubuhnya yang ternyata peledak itu gagal meledak. Yūji muncul dan meminta semua orang, kecuali Sachi, kembali ke asrama. Dia mengatakan padanya bahwa dia merusak pengatur waktu peledak itu. Yuuji memanggilnya Sacchan dan mengungkapkan bahwa dia mengingatnya sebagai teman masa kecil. Sebagai seorang anak, Sachi merasa kesepian karena orang tuanya terlalu sibuk menjalankan bisnis mereka. Sachi bertemu Yūji di taman bermain dan mereka berdua bermain bersama sampai dia pindah. Pada ulang tahun kesepuluh, orang tua Sachi mengalami kecelakaan lalu lintas setelah Sachi melarikan diri karena diabaikan. Ayahnya meninggal dan ibunya mengalami koma sejak saat itu. Sachi mengungkapkan bahwa dia percaya bahwa orang tuanya mengalami kecelakaan karena dia egois dan dia memutuskan harus menjadi gadis yang baik yang melakukan apa yang diperintahkan untuk menebus perasaan bersalahnya. Yuuji membawanya ke toko orang tuanya tempat mereka menemukan sebuah surat yang ditulis pada pesta ulang tahun ke-10 Sachi. Hari berakhir dengan kunjungan Sachi ke rumah sakit untuk menemui ibunya dan kemudian meminta Yūji untuk memeluknya.
8"The Seed of the World Tree I"
"Sekaiju no Tane Ichi" (セカイ樹の種I)
23 November 2014 (2014-11-23)
Makina mengirimkan Yūji sebuah surel yang menyatakan bahwa dia sekarang lulus dari status Onii-chan menjadi status Papa. Ketika Yūji bingung menghadapinya, Makina menhadiahkan Yūji sebuah cek sebesar ¥70 juta, yang merupakan keseluruhan warisannya, agar Yuuji bersedia menjadi ayahnya. Dengan enggan, dia setuju dan membuat iri perempuan lainnya, terutama Amane, yang menyatakan bahwa jika Yūji adalah ayahnya, maka dia bisa menjadi ibunya. Selama istirahat dari sekolah, Yūji membawa Makina ke rumahnya di pegunungan tempat dia dahulu tinggal dengan tuannya. Kemudian, secara kebetulan, Makina bertemu dengan adik perempuannya dan pewaris Irisu, bernama Sarina, di kota, tetapi hanya lewat tanpa mengatakan apapun padanya. Mobil adiknya meledak beberapa saat kemudian. Makina diberitahukan oleh Yūji bahwa adiknya dibawa ke rumah sakit dan berharap agar tetap hidup. Malam itu, Yūji dipanggil oleh JB dan memberinya dokumen untuk tugas berikutnya – dan targetnya adalah Makina.
9"The Seed of the World Tree II"
"Sekaiju no Tane Ni" (セカイ樹の種II)
30 November 2014 (2014-11-30)

Yūji mengambil pekerjaan tersebut hanya agar dia bisa melindungi Makina. Untuk melakukannya, ia dan Makina meninggalkan akademi agar memancing pembunuhnya. Sachi memberi sebuah bibit pohon apel kepada Makina sebagai hadiah perpisahan. Upaya organisasi untuk mendapatkan Makina tidak membuahkan hasil karena Yūji mampu menghadapi semua agen yang dikirim. Saat mereka melarikan diri, Yūji menjadi sadar akan mimpi buruk yang berulang-ulang dari Makina yang melibatkan ayahnya. Terungkap bahwa beberapa tahun sebelumnya ayah Makina menemukan bukti korupsi Irisu Group dan terbunuh di depan Makina atas perintah istrinya. Makina menghabiskan beberapa tahun di sebuah rumah sakit untuk memulihkan diri dari trauma. Lebih lanjut, terungkap bahwa ia memiliki memori fotografi dekat dan telah membaca beberapa dokumen yang memberatkan sebelum kematian ayahnya. Ternyata ibunya memerintahkan menyerang Makina karena dia menelepon ibunya dan mengancam akan mengungkapkan bukti korupsi itu.

Ketika persembunyian terakhir mereka diketahui, Yūji berhasil membuat mereka pergi tanpa hasil. Makina melupakan bibit pohon apel yang diberikan oleh Sachi. Meskipun Yūji menyarankan agar melupakannya, Makina kembali ke hotel untuk mencarinya dan ditembak oleh pembunuhnya. Yūji muncul tepat waktu untuk membawanya ke rumah sakit tetapi dicegat oleh JB. Di rumah sakit, ibu Makina muncul dan bertanya apakah organ internal Makina tidak terluka karena Sarina membutuhkan transplantasi organ. Kemudian, Yūji yang menyamar muncul di markas Grup Irisu dan menembak ibu Makina. Dengan pengalihan berita, dan dengan bukti fisik atas korupsi Irisu Group di tangan organisasi, Yūji dan Makina kemudian kembali ke Akademi.
10"Angelic Howl I"
"Enjerikku Hauru Ichi" (エンジェリック・ハウルI)
7 Desember 2014 (2014-12-07)
JB mengantar Yūji ke Akademi setelah ia bekerja, tetapi sebelum dia keluar dari mobil, dia mencium pipinya. Sachi melihatnya tetapi berjanji untuk tidak mengatakan apa pun. Yūji kembali ke kamarnya dan menemukan Amane telah menunggunya. Setelah mandi, Yūji menghabiskan makan malamnya ketika Amane menerima foto JB ketika mencium Yuuji dan membangkitkan kecemburuannya. Yūji bertanya pada Amane mengapa dia begitu gigih mengejarnya dan dia menjawab bahwa itu adalah cinta pada pandangan pertama. Yuuji tidak puas dengan jawabannya dan terus menekannya. Amane tidak tahan dan terkejut ketika Yūji menyebutkan nama kakaknya. Amane mengungkapkan bahwa dia dan saudara perempuan Yūji, Kazuki, merupakan anggota dalam tim bola basket yang sama di SMP. Yuuji akhirnya setuju menganggap Amane sebagai kekasihnya dan Yuuji tidak ingin bertingkah seperti seorang kekasih Amane. Amane kemudian mengambil jurnal dari kamarnya dan memberikannya kepada Yūji untuk dibaca. Jurnal itu menggambarkan peristiwa tragis yang menimpa tim basket Amane, yang merupakan satu-satunya penyintas yang selamat dalam kecelakaan.
11"Angelic Howl II"
"Enjerikku Hauru Ni" (エンジェリック・ハウルII)
14 Desember 2014 (2014-12-14)
Para penyintas kecelakaan itu terus melakukan apa pun. Kazuki saat itu terus merawat yang terluka. Hari-hari berlalu, mereka mengubur teman mereka yang telah meninggal dan terus mengumpulkan makanan yang dapat mereka temukan. Guru mereka, mengambil separuh dari persediaan makanan, pergi dan berjanji bahwa dia akan kembali dengan membawa bantuan. Keputusasaan muncul saat dia tidak kembali setelah beberapa hari. Karena kurang gizi, beberapa dari mereka mulai bertingkah aneh. Akhirnya, anjing peliharaan salah satu dari mereka mati dan dimakan agar mengurangi kelaparan.
12"Angelic Howl III"
"Enjerikku Hauru San" (エンジェリック・ハウルIII)
21 Desember 2014 (2014-12-21)

Dua minggu berlalu dan tidak ada penyelamatan yang terlihat dan mereka yang terluka dan kekurangan gizi mulai meninggal satu per satu. Ketika guru mereka kembali tanpa bantuan, semua harapan yang tersisa kemudian hilang. Ketika guru mereka mengklaim telah memburu seekor rusa, Kazuki curiga dan memutuskan untuk melarikan diri dan diikuti oleh Amane di belakangnya. Dia menunjukkan Amane bahwa 'daging rusa' yang dimakan orang lain sebenarnya daging yang lain. Ketika mereka mencoba melarikan diri, beberapa siswa lain mengejar mereka. Kazuki akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal sebagai umpan dan membiarkan Amane melarikan diri.

Dipuji sebagai satu-satunya penyintas dalam peristiwa tersebut, Amane kemudian menghadapi pertanyaan mengapa ia adalah satu-satunya yang selamat. Tekanan dan mimpi buruk itu meyakinkannya bahwa dia harus dihukum dan Yūji adalah orang yang paling berhak untuk menghukumnya. Dia bahkan meminta Yūji untuk membunuhnya. Yūji malah memintanya untuk hidup demi dirinya sebagai hukumannya, bahkan setelah mengetahui masa lalunya, Yuuji memaafkan Amane.
13"10 Centimeter Field of Fire"
"Shakai Jussenchi" (射界10センチ)
28 Desember 2014 (2014-12-28)
Yūji menemani Amane ke tempat kecelakaan agar dia bisa menghentikan pengalaman itu. Dalam perjalanan itu, Yūji didekati oleh seorang pria yang mengaku sebagai penggemar terbesar Amane. Setelah berdoa untuk teman-temannya yang sudah meninggal, Amane membawa Yūji ke lokasi di peta yang diberikan oleh Kazuki kepadanya, yang menjadi tempat mereka menemukan catatan yang mengisyaratkan bahwa Kazuki masih hidup di tempat lain. Sementara itu, pria yang menyapa Yūji memasuki Akademi dan menyandera siswa lain dan menuntut kehadiran Amane. Ketika mereka kembali ke akademi, Amane bersiap untuk menyerahkan diri dan Yūji, setelah dapat mendengarkan kejadian di sekolah melalui ponsel, muncul dengan rencana untuk mengakhiri kebuntuan itu. Penyandera terungkap sebagai ayah dari Chiaki Sakashita yang belum mampu menghadapi kematian putrinya dan ingin membunuh Amane untuk bertahan hidup. Setelah memutuskan bahwa menembak Amane akan terlalu mudah (karena Amane sudah pasrah bahwa ia memang seharusnya harus mati), Sakashita membawanya ke kamar kecil. Yūji kemudian menembak Sakashita melalui bidang pandang selebar 10 cm dari jarak lebih dari 900 meter, dan mengakhiri situasi penyanderaan itu. Satu tahun kemudian, sebuah perahu tak dikenal memasuki perairan Jepang. Satu dari dua penumpang menembaki helikopter pengawas pantai dan seorang lainnya membuka sebuah kotak musik.

Grisaia no Meikyuu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tayang perdana pada
1"The Cocoon of Caprice 0"
"Kapurisu no Mayu Rei" (カプリスの繭 0)
12 April 2015 (2015-04-12)

Grisaia no Rakuen[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tayang perdana pada
1"The Cocoon of Caprice I"
"Kapurisu no Mayu Ichi" (カプリスの繭I)
19 April 2015 (2015-04-19)
2"The Cocoon of Caprice II"
"Kapurisu no Mayu Ni" (カプリスの繭II)
26 April 2015 (2015-04-26)
3"The Cocoon of Caprice III"
"Kapurisu no Mayu San" (カプリスの繭III)
3 Mei 2015 (2015-05-03)
4"The Cocoon of Caprice IV"
"Kapurisu no Mayu Yon" (カプリスの繭IV)
10 Mei 2015 (2015-05-10)
5"The Seed of Blanc Aile I"
"Buran'ēru no Tane Ichi" (ブランエールの種I)
17 Mei 2015 (2015-05-17)
6"The Seed of Blanc Aile II"
"Buran'ēru no Tane Ni" (ブランエールの種II)
24 Mei 2015 (2015-05-24)
7"The Seed of Blanc Aile III"
"Buran'ēru no Tane San" (ブランエールの種III)
31 Mei 2015 (2015-05-31)
8"The Seed of Blanc Aile IV"
"Buran'ēru no Tane Yon" (ブランエールの種IV)
7 Juni 2015 (2015-06-07)
9"The Seed of Blanc Aile V"
"Buran'ēru no Tane Go" (ブランエールの種V)
14 Juni 2015 (2015-06-14)
10"The Seed of Blanc Aile VI"
"Buran'ēru no Tane Roku" (ブランエールの種VI)
21 Juni 2015 (2015-06-21)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NBC Universal". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 September 2015. 
  2. ^ "Grisaia no Kajitsu Anime Coming This Fall/Autumn". Otaku Tale. 1 Juli 2014. Diakses tanggal 1 Juli 2014. 
  3. ^ "Sentai Filmworks Licenses Le Fruit de la Grisaia". Anime News Network. 2 Oktober 2014. Diakses tanggal 5 Oktober 2014. 
  4. ^ "The Eden of Grisaia, The Labyrinth of Grisaia Anime's April Premiere Dates Unveiled". Anime News Network. 11 Maret 2015. Diakses tanggal 11 Maret 2015.