Grimsby (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Grimsby
The Brothers Grimsby poster.png
Poster rilis di Britania
SutradaraLouis Leterrier
ProduserSacha Baron Cohen
Greg Basser
Peter Baynham
Dianne Beatty
Bruce Berman
Tim Bevan
James Biddle
Eric Fellner
Anthony Hines
Genevieve Hofmeyr
Phil Johnston
Adam McKay
Nira Park
Louise Rosner
Todd Schulman
Ben Waisbren
SkenarioSacha Baron Cohen
Phil Johnston
Peter Baynham
CeritaSacha Baron Cohen
Phil Johnston
PemeranSacha Baron Cohen
Rebel Wilson
Freddie Crowder
Jon-Jon Lockwood
Shaun Thomas
Claudia Adshead
Mark Strong
Lex Shrapnel
Isla Fisher
David James
Rory Keenan
Tamsin Egerton
Johnny Vegas
Ricky Tomlinson
David Harewood
MusikDavid Buckley
Erran Baron Cohen
SinematografiOliver Wood
PenyuntingJonathan Amos
Evan Henke
Debra Neil-Fisher
James Thomas
Perusahaan
produksi
Big Talk Productions
Blue Sky Films
Columbia Pictures
Four by Two Films
LStar Capital
Sony Pictures Entertainment (SPE)
Village Roadshow Pictures
Working Title Films
DistributorBig Picture 2 Films (Portugal)
Columbia Pictures (Amerika Serikat)
Feelgood Entertainment (Yunani)
Golden Village Pictures (Singapura)
Le Doyen (Ukraina)
Roadshow Films (Australia)
Sony Pictures Filmverleih (Austria)
Sony Pictures Releasing (Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda)
United International Pictures (Argentina, Norwegia)
Westec Media Limited (Kamboja)
Walt Disney Studios Motion Pictures Finland (Finlandia)
Tanggal rilis
  • 24 Februari 2016 (2016-02-24) (Britania Raya)
  • 10 Maret 2016 (2016-03-10) (Australia)
  • 11 Maret 2016 (2016-03-11) (Amerika Serikat)
Durasi
1 jam 23 menit
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Ukraina
Anggaran$35.000.000
Pendapatan kotor$25,182,929

Grimsby (dirilis di Amerika Serikat dengan judul The Brothers Grimsby) adalah sebuah film komedi aksi produksi Britania-Amerika tahun 2016 yang disutradarai oleh Louis Leterrier dan ditulis oleh Sacha Baron Cohen, Phil Johnston, dan Peter Baynham. Film ini dibintangi oleh Baron Cohen, Mark Strong, Rebel Wilson, Isla Fisher, Annabelle Wallis, Gabourey Sidibe, Penélope Cruz, dan Ian McShane. Film ini dirilis oleh Columbia Pictures pada 24 Februari 2016 di Britania Raya dan tanggal 11 Maret 2016 di Amerika Serikat.

Sayangnya, film ini hanya meraup keuntungan sebesar $25,182,929, kurang dari biaya produksinya yaitu $35.000.000.

Plot[sunting | sunting sumber]

"Nobby" Butcher (Sacha Baron Cohen) terpisah dari adiknya Sebastian (Mark Strong) selama 28 tahun. Selama waktu itu, Nobby menjadi seorang pecandu alkohol dan memulai hidupnya sendiri dengan istrinya Dawn (Rebel Wilson) dan 11 anaknya di kota pelabuhan Inggris, Grimsby.

Sebastian (sekarang bernama Sebastian Graves) menjadi salah satu agen top MI6. Setelah menyelesaikan interogasi, Sebastian mendapatkan informasi mengenai filantropis Rhonda George (Penélope Cruz), yang menjadi tuan rumah acara WorldCure dan merupakan target potensial untuk pembunuhan, Sebastian pun ditugaskan untuk pergi ke acara tersebut. Teman pub Nobby juga mengetahui bahwa adiknya akan berada di acara WorldCure dan meyakinkan Nobby untuk pergi dan bertemu kembali dengannya. Sebastian pergi ke acara tersebut dan melihat seorang pembunuh bayaran, kemudian dikenal sebagai Pavel Lukashenko (Scott Adkins), yang berencana untuk membunuh Rhonda menggunakan senjata yang disamarkan menjadi kamera video. Sebastian kemudian mempersiapkan diri untuk menembak kamera, Nobby melihat Sebastian dan memberinya pelukan, hal terebut menyebabkan dirinya menembak seorang anak Yahudi-Palestina yang terjangkit AIDS bernama Schlomo. Semprotan darah dari anak tersebut mendarat di mulut Daniel Radcliffe dan ia pun terjangkit AIDS.

Mereka berdua pun pergi melarikan diri dari kejaran otoritas berwenang dan pembunuh lainnya, dalam pelarian tersebut Sebastian mematahkan pergelangan kakinya. Meskipun Sebastian melakukan protes, Nobby meyakinkan Sebastian bahwa ia akan lebih baik untuk bersembunyi di rumahnya di Grimsby. Sementara itu, MI6 percaya bahwa Sebastian melakukan hal yang salah. MI6 mengirim seorang pembunuh bernama Chilcott (Sam Hazeldine) yang ditugaskan untuk melacak Sebastian. Namun, Sebastian menelepon rekan kepercayaannya bernama Jodie (Isla Fisher) dan menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah.

Chilcott dan anak buahnya menemukan mereka berdua di sebuah pub. Sebastian dan Nobby melihat mereka dan melarikan diri dengan bantuan dari para pelanggan pub tersebut, tapi Sebastian tertembak oleh dua anak panah yang mengandung racun Lonomia. Nobby dipaksa untuk menghisap racun keluar dari bahu adiknya dan kemudian menghisap testis Sebastian untuk menyelamatkannya.

Mereka berdua kemudian melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, setelah Jodie menginformasikan Sebastian bahwa Lukashenko melakukan kesepakatan dengan Joris Smit (Nick Boraine) di Tshukaru Bush Lodge. Sebastian secara tidak sengaja menyuntikkan dirinya dengan heroin, ia salah suntik karena ia kira yang disuntikkannya tersebut adalah cairan pengobatan untuk memperkuat patah pergelangan kakinya. Nobby pun harus terpaksa menjadi Sebastian dan pergi menyamar.

Nobby mencoba merayu istrinya Joris, yakni Lina, tapi ia menggoda wanita yang salah bernama Banu (Gabourey Sidibe) dan kemudian mereka terganggu oleh Joris dan dua anak buahnya. Sebastian tiba dan menyelamatkan Nobby. Lina mengatakan kepada mereka bahwa Lukashenko membeli semacam virus, tapi Lina ditembak oleh Chilcott dan anak buahnya dari kejauhan sebelum ia memberikan informasi lebih lanjut. Nobby dan Sebastian melarikan diri dari kejaran anak buahnya Chilcott, dan mereka bersembunyi di dalam vagina gajah, namun dalam prosesnya mereka terjebak di dalam setelah gajah jantan mulai melakukan hubungan seksual dengan gajah itu. Saat mereka membersihkan diri setelah kejadian itu, Sebastian bertanya mengapa Nobby meninggalkan dirinyaa saat waktu kecil. Nobby menjelaskan bahwa orang tua angkat Sebastian hanya ingin mengadopsi salah satu dari mereka tetapi tidak mampu untuk memutuskan, dan Nobby meninggalkan Sebastian agar ia bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

Dua bersaudara tersebut melakukan perjalanan ke Santiago, Chili, ke tempat pertandingan final sepak bola antara Inggris dan Jerman. Mereka menyadari bahwa sebuah sindikat berencana untuk melepaskan senjata pemusnah massal mereka pada pertandingan sepak bola tersebut, tapi sindikat menangkap Sebastian. Rhonda mengunjungi Sebastian yang sedang ditangkap dan mengatakan kepadanya rencana untuk meluncurkan virus (disebut sebagai WorldCure) ke arena via kembang api. Nobby akhirnya menemukan Sebastian, tapi ia dicegat oleh Lukashenko. Lukashenko mengalahkan Nobby, tapi ia memperoleh senjata Lukashenko dan menembaknya di kepala. Dia dengan mudah membunuh antek lain sebelum menyelamatkan Sebastian.

Mereka kembali ke stadion dan menemukan Rhonda. Sementara Nobby mencoba untuk mencegat Rhonda, Chilcott mencoba untuk membunuh Sebastian, tetapi anak-anak Nobby membuang kursi roda Schlomo ke arah Chilccott, Chilcott terjatuh di atas helm yang ujungnya tajam dan ia pun tewas tertusuk. Nobby memperoleh senjata dan melihat Rhonda berjalan melalui arena. Ia pun mengejarnya. Sementara itu, Raheem Sterling di pertandingan final antara Inggris dan Jerman mencoba tembakan dari jarak jauh, namun, tendangan itu akan melebar. Nobby kemudian menembakan sebuah pistol dan bola tersebut terbelokkan akibat tembakan Nobby dan masuk ke gawang. Nobby juga menembak wasit yang akan menganulir gol tersebut, sehingga Inggris pun akhirnya memenangkan pertandingan. Nobby kemudian mencoba untuk menembak Rhonda tapi senjatanya macet dan ia menyadari ia harus menghentikan kembang api sendiri. Ia duduk di salah satu kembang api yang mengandung virus; Sebastian duduk di sisi lain pada menit terakhir, menegaskan kembali persaudaraannya dengan Nobby. Kembang api pun meluncur bersama dengan mereka berdua diatasnya, dua bersaudara tersebut tak sadarkan diri setelah mendarat. Pistol Nobby terpelatuk dan menembak Daniel Radcliffe, yang menularkan tumpahan darahnya ke mulut Donald Trump.

Dilaporkan bahwa kemudian Rhonda ditangkap, Grimsby bersaudara "mati" setelah menyelamatkan dunia, dan Donald Trump terjangkit AIDS. Schlomo berada dalam tahanan setelah "membunuh" Chilcott. Nobby dan Sebastian sebenarnya dalam masa pemulihan di rumah sakit. Jodie mengunjungi dan memberikan mereka identitas baru, menginformasikan mereka bahwa virus tidak mempengaruhi mereka karena obat penawarnya adalah air mani gajah. Keluarga Nobby juga mengunjungi mereka.

Dalam adegan akhir, delapan minggu kemudian, Nobby dan Sebastian berada di sebuah misi di Jakarta, Indonesia. Di atas sebuah kapal, Nobby didekati oleh sekelompok pria bersenjata, di mana kemudian ia dengan cepat membunuh mereka. Ia menghampiri Sebastian, yang bertanya kepadanya apakah telah bertemu dengan tim; Nobby menyadari bahwa orang-orang bersenjata tersebut adalah timnya.

Dalam sebuah adegan pasca kredit, dua saudara berada dalam mobil dan berhenti untuk bertanya ke seorang pria mengenai arah ke stadion, setelah menerima penjelasan arah Nobby menembak pria tersebut dan mengatakan "jangan tinggalkan saksi".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2013, Sacha Baron Cohen terlihat menonton pertandingan sepak bola antara Grimsby Town melawan Cambridge United. Baron Cohen, yang mengenakan seragam Grimsby, juga terlihat mengobrol dengan fans Grimsby di sebuah pub terdekat setelah pertandingan.[6] Ia kemudian menegaskan bahwa ia tengah mencari tahu informasi di kota untuk pembuatan filmnya, dan juga telah mendatangi Scunthorpe, Hull dan Newcastle untuk menemukan inspirasi pada peran barunya nanti.[7] Pada 3 Desember 2013, Louis Leterrier ditetapkan sebagai sutradara film ini.[8]

Casting[sunting | sunting sumber]

Pada 24 April 2014, Mark Strong bergabung ke dalam film untuk memainkan peran sebagai mata-mata operasi hitam Inggris dan adik dari karakter Baron Cohen.[9] Pada 25 April, Annabelle Wallis bergabung menjadi salah satu tokoh di dalam film.[4] Pada 11 Juni, Ian McShane, Gabourey Sidibe, David Harewood, dan Johnny Vegas bergabung menjadi pemeran dalam film ini.[3] Pada tanggal 12 Juni, istri Baron Cohen, Isla Fisher bergabung dengan Baron Cohen dalam film ini untuk memainkan salah satu peran pendukung.[10] Pada hari yang sama, Rebel Wilson pun turut bergabung menjadi pemain,[1] dan pada 9 Juli, Penélope Cruz bergabung menjadi pemain film ini.[2]

Pemfilman[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama film dimulai pada 4 Juni 2014, di stasiun kereta api Weald Utara, dan di sekitar wilayah Epping Forest di Essex, Inggris.[11][12] Syuting berlangsung selama enam minggu di Inggris dan kemudian pindah ke Afrika Selatan.[13] Pada tanggal 3 Juli, komedian Eric Idle mencuit sebuah foto ke Twitter, yang merupakan fotonya bersama dengan Baron Cohen di lokasi syuting film tersebut.[14] Pada 10-11 Juli, Baron Cohen melakukan syuting Grimsby di Tilbury, yang menjadikan Grimsby berlatar waktu tahun 1980-an.[15] Pada tanggal 14 Juli, Baron Cohen dan Strong terlihat melakukan syuting beberapa adegan untuk film di jalan-jalan.[16] Sejumlah warga Grimsby marah dengan Baron Cohen karena menggambarkan kota mereka sebagai kota yang penuh sampah, ghetto kekerasan di mana pemabuk buang air kecil dari jendela.[17]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Februari 2014, film ini pindah distributor dari Paramount Pictures menjadi Columbia Pictures, dan diumumkan bahwa film ini akan dirilis di AS pada 31 Juli 2015.[18]

Pada 21 Januari 2015, tanggal rilis film ini di AS dipindahkan menjadi tanggal 26 Februari 2016.[19] Film ini kemudian dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 4 Maret 2016, namun kembali pindah menjadi tanggal 11 Maret 2016.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rebel Wilson Joins Sacha Baron Cohen in Sony's 'Grimsby' (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal 14 Juni 2014. 
  2. ^ a b "Penelope Cruz Joins Sacha Baron Cohen in Spy Comedy 'Grimsby' (Exclusive)". Hollywoodreporter.com. Diakses tanggal 10 July 2014. 
  3. ^ a b c d e "Sacha Baron Cohen's 'Grimsby' Adds Ian McShane and More". /Film. 10 June 2014. Diakses tanggal 14 June 2014. 
  4. ^ a b NANCY TARTAGLIONE, International Editor. "Annabelle Wallis Joins Sacha Baron Cohen Comedy 'Grimsby'". Deadline.com. Diakses tanggal 14 June 2014. 
  5. ^ http://www.imdb.com/title/tt3381008/fullcredits?ref_=tt_cl_sm#cast
  6. ^ NewsdeskGy (9 Oktober 2013). "Borat star Sacha Baron Cohen watches Grimsby Town at Blundell Park". Grimsby Telegraph. 
  7. ^ Telegraph, Grimsby (4 Desember 2013). "Louis Leterrier to direct Sacha Baron Cohen in Paramount's spy spoof 'Grimsby'". Grimsby Telegraph. 
  8. ^ Kit, Borys (3 Desember 2013). "Louis Leterrier to Direct Sacha Baron Cohen in Spy Spoof 'Grimsby'". 
  9. ^ Fleming Jr, Mike (24 April 2014). "Mark Strong Joins Sacha Baron Cohen In Sony Comedy 'Grimsby'". deadline.com. Diakses tanggal 25 April 2014. 
  10. ^ Sneider, Jeff (12 Juni 2014). "Isla Fisher Joins Husband Sacha Baron Cohen in Sony's Spy Spoof 'Grimsby'". thewrap.com. 
  11. ^ "Sacha Baron Cohen's new movie Grimsby is currently shooting in Epping Forest". radiotimes.com. 4 Juni 2014. 
  12. ^ Reason, Matt (4 Juni 2014). "Sacha Baron Cohen filming at North Weald Station for new film Grimsby". brentwoodgazette.co.uk. 
  13. ^ "Shooting begins on new Sacha Baron Cohen film Grimsby". Grimsby Telegraph. 4 Juni 2014. 
  14. ^ "First Look: Sacha Baron Cohen's Shaggy Soccer Hooligan in 'Grimsby'". twitter.com. 3 Juli 2014. 
  15. ^ "Sacha Baron Cohen in Tilbury shooting new film". echo-news.co.uk. 10 Juli 2014. Diakses tanggal 10 July 2014. 
  16. ^ Ellis-Petersen, Hannah; Child, Ben (14 Juli 2014). "Grim outlook for Grimsby as Sacha Baron Cohen sets comedy in town". theguardian.com. 
  17. ^ Galvin, Nick (15 Juli 2014). "Sacha Baron Cohen film outrages residents of UK town of Grimsby". smh.com.au. 
  18. ^ Fleming, Mike. "UPDATE: Sacha Baron Cohen Hails Leo's 'Wolf' Hooker Anus Coke-Snorting In Paramount Re-Up, As 'Grimsby' Moves To Sony". Deadline.com. 
  19. ^ "Southpaw Set for July 31st Release; Sacha Baron Cohen Comedy Pushed to 2016". Collider. 
  20. ^ Evry, Max. "The Brothers Grimsby". ComingSoon.net. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]