Louis Leterrier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Louis Leterrier
Louis Leterrier.jpg
Leterrier in Paris, July 22, 2008
Lahir17 Juni 1973 (umur 46)
Paris, France
PekerjaanDirector, producer
Tahun aktif2002–present
Suami/istriBéatrice Leterrier

Louis Leterrier (lahir 17 Juni 1973; umur 46 tahun) adalah sutradara film berkebangsaan Prancis. Namanya dikenal melalui karya penyutradaraannya dalam film-film antara lain film Transporter, Unleashed (2005), The Incredible Hulk (2008), Clash of the Titans (2010) dan Now You See Me (2013).

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Leterrier lahir di Paris, putra dari sutradara François Leterrier dan desainer kostum Catherine Leterrier. Ia dibimbing secara artistik oleh ibunya. Leterrier awalnya adalah drummer untuk grup musik sebelum bereksperimen dengan film-film pendek. Pada usia 18 tahun, setelah beberapa pelatihan di bidang periklanan dan publisitas, dia meninggalkan Prancis untuk studi perfilman di Tisch School of the Arts di New York University.

Pada tahun 1997, ia dibantu Jean-Pierre Jeunet dalam merencanakan film Alien Resurrection. Kembali ke Prancis, ia bekerja dengan Luc Besson menangani produksi iklan untuk Klub Internet dan l'oréal serta film Joan of Arc. Ia juga berkolaborasi, sebagai asisten sutradara dengan Alain Chabat pada produksi Astérix & Obélix: Misi Cleopatre (2002).

Kemudian pada tahun 2002, Louis Leterrier mengarahkan Transporter, sebuah film aksi yang dibintangi oleh Jason Statham. Meskipun rilis Amerika Serikat mencatat dia sebagai direktur artistik dan Corey Yuen sebagai sutradara, kredit pembukaan Eropa rilis menayangkan namanya sebagai sutradara dan Yuen sebagai pengarah peran. Leterrier kemudian memasuki apa yang disebut "Besson stable" - sebuah kelompok sutradara yang bekerja pada film-film yang diproduksi oleh, atau terkait dengan Luc Besson - bersama Chris Nahon dan Pierre Morel. Ia mengarahkan Jet Li dalam Unleashed, debut solonya film fitur layar lebar bergene laga (2004). Luc Besson kemudian mempercayakan kepadanya sebagai sutradara pengendali untuk film Transporter 2.[1]

Pada tahun 2008, sebagai bagian dari gelombang arus sutradara Prancis yang bekerja di Hollywood, ia mengarahkan film Amerika berbiaya besar berjudul The Incredible Hulk. Proyek berikutnya, sebuah daur ulang film tahun 1981 Clash of the Titans yang diproduksi oleh Warner Bros., dirilis pada April 2, 2010. Leterrier menyebut ia ingin membuat film waralaba Clash of the Titans, bisa jadi merupakan film sukses yang akan dibuktikan.[2][3] Namun, pada bulan juni 2010, Jonathan Liebesman disebut-sebut menyutradarai sekuel, meninggalkan keterlibatan Leterrier.[4]

Leterrier mengarahkan film komedi spionase Grimsby (2016), yang ditulis oleh dan dibintangi, Sacha Baron Cohen.[5] Pada bulan Maret 2015, Deadline.com melaporkan bahwa Leterier sedang dalam pembicaraan untuk mengarahkan film thriller tenang hiu berjudul In the Deep, untuk Sony Pictures Entertainment.[6] Namun, pada tanggal 3 juni 2015, TheWrap melaporkan bahwa Leterrier telah keluar dari film ini karena perbedaan pandangan dan adanya pengurangananggaran.[7]

Filmografi sebagai sutradara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fleming Jr., Mike (23 March 2015). "Louis Letterier Transporter". BD. Diakses tanggal 23 March 2015. 
  2. ^ "The Gods Should Fear Perseus' Plans for 'Clash' Trilogy". BloodyDisgusting. 
  3. ^ "EXCLUSIVE: 'Clash Of The Titans' Director Louis Leterrier Sees Franchise Potential, Hints At A Trilogy". MTV. 
  4. ^ "Liebesman Confirmed for Clash of the Titans 2". 
  5. ^ Kit, Borys (3 December 2013). "Louis Leterrier to Direct Sacha Baron Cohen in Spy Spoof 'Grimsby'". hollywoodreporter.com. Diakses tanggal 25 April 2014. 
  6. ^ Fleming Jr., Mike (23 March 2015). "Louis Letterier In Swim On Sony Shark Tale 'In The Deep'". Deadline. Diakses tanggal 23 March 2015. 
  7. ^ Geier, Thom (2015-06-03). "Sony's Shark Movie 'In the Deep' Loses Director Louis Leterrier (Exclusive)". Thewrap.com. Diakses tanggal 2016-06-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]