Gereja Katolik Latin di Timur Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Latin di Timur Tengah
Negara dan kawasan Siprus
 Israel
 Yordania
 Lebanon
 Suriah
 Turki (Provinsi Hatay)
DemonimKatolik Latin, Levant
BahasaBahasa Arab Syam, Ibrani, Aramaic, Armenia, Kirkasia, Yunani, Kurdish, Ladino, Turki, Domari
Zona WaktuUTC+02:00
Kota terbesar

Gereja Latin di Timur Tengah mewakili anggota Gereja Latin dari Gereja Katolik di Timur Tengah, terutama di Turki dan Levant (Suriah, Lebanon, Israel, Yordania dan Siprus). Katolik Latin di Timur Tengah tunduk pada Patriarkat Latin Yerusalem dan menggunakan ritus liturgi Latin, berbeda dengan Katolik Timur yang berada di bawah patriark gereja masing-masing dan menggunakan ritus liturgi Timur yang berbeda, sementara berada dalam persekutuan penuh dengan Gereja Katolik sedunia. Umat ​​Katolik Latin di Timur Tengah sering kali merupakan keturunan Eropa.

Bergantung pada daerah tertentu yang bersangkutan, karena warisan budaya mereka diturunkan dari umat Katolik yang hidup di bawah Kekaisaran Utsmaniyah, mereka terkadang disebut sebagai "Levantines",

I

Italo-Levantines, atau Franco-Levantines (Arab: شوام; Prancis: Levantins; Italia: Levantini; Yunani: Φραγκολεβαντίνοι Frankolevantini; Turki: Levantenler atau Tatlısu Frenkleri) setelah Frankokratia.

Era pengaruh yang khas terjadi selama Perang Salib dengan berdirinya Kerajaan Yerusalem selama Abad Pertengahan. Seperti kasus umat Katolik Timur dan Umat Kristiani di Timur Tengah lainnya, umat Katolik Latin memiliki sejarah dan masa kini penganiayaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Galata Tower, dibangun pada tahun 1348 oleh Republik Genoa di benteng Galata (modern Karaköy) di pantai utara Golden Horn, di seberang Konstantinopel (Fatih) di pantai selatan, adalah salah satu landmark arsitektur paling terkenal dari komunitas Levant Italia di Istanbul. Levant kebanyakan dari Italia (terutama Venetian dan Genoese), Prancis, atau Euro-Mediterania asal. Mereka telah tinggal di pantai timur Mediterania Lebanon dan Suriah sejak pertengahan Bizantium atau Ottoman dan di [ [Konstantinopel

(Istanbul), Smyrna (Izmir) dan bagian lain Anatolia (seperti kota pelabuhan Amasra, Sinop, Trabzon, Enez, Çanakkale, Foça, Çeşme, Bodrum, Alanya, Mersin, Iskenderun, dll., di mana ada koloni pedagang Genoa dan Venesia) di Turki sekarang.

Mayoritas adalah keturunan pedagang dari republik maritim Venesia, Genoa, Pisa, Ancona dan Ragusa yang memiliki koloni di pantai Mediterania Timur; atau keturunan Levant Prancis/Italia yang tinggal di negara Tentara Salib Levant (sekarang Lebanon, Israel dan Suriah), khususnya di kota-kota pelabuhan seperti Beirut, Tripoli, Tire, Byblos, Acre, Jaffa, Latakia, dll.; atau di kota-kota besar dekat pantai, seperti Tarsus, Antiokhia, Yerusalem, dll. Yang lain mungkin berpindah ke Katolik Roma, imigran dari Anglo- Penjajahan Prancis, atau Kristen Timur yang telah tinggal di sana selama berabad-abad.

Levant[sunting | sunting sumber]

Ketika Britania Raya mengambil alih bagian selatan Suriah Ottoman setelah Perang Dunia Pertama, beberapa penguasa baru mengadaptasi istilah "Levantine" secara merendahkan ke mengacu pada penduduk campuran Arab dan Eropaketurunan di Lebanon, Suriah dan Palestina, dan untuk orang Eropa (biasanya Prancis, Italia atau Yunani) yang telah mengasimilasi dan mengadopsi pakaian dan adat setempat.

Saat ini, sebagian kecil dari Lebanon kecil kelompok Katolik Latin setidaknya sebagian kecil Prancis/Italia keturunan.[1][2]

Siprus[sunting | sunting sumber]

Komunitas Katolik Roma Siprus (Latinoi, Λατίνοι) terdiri dari salah satu dari tiga agama minoritas yang diakui di Siprus, bersama dengan Armenia dan Maronit, menurut pada konstitusi 1960.[3]

Turki[sunting | sunting sumber]

Gereja St. Antonius dari Padua di İstiklal Avenue di Beyoğlu (Pera) distrik Istanbul, yang dibangun antara tahun 1906 dan 1912 oleh komunitas Levant Italia di kota itu.

Sekitar 35.000 Levant tinggal di Turki.[4]

Nama Italo-Levantine secara khusus diterapkan untuk orang-orang dari Italia (terutama Venesia atau Genoa), tetapi bahkan dengan beberapa Prancis atau akar Euro-Mediterania lainnya, yang pernah tinggal di Istanbul, İzmir dan bagian lain Anatolia di Turki. Beberapa Levant Italia mungkin memiliki asal-usul leluhur juga di pantai timur Mediterania (Levant, terutama di Lebanon sekarang dan Israel) sejak periode Perang Salib dan Kekaisaran Bizantium. Sekelompok kecil datang dari Krimea dan dari koloni Genoa di Laut Hitam, setelah Kejatuhan Konstantinopel pada tahun 1453.

Mayoritas Levant di Turki modern adalah keturunan pedagang/penjajah dari Italia republik maritim dari Mediterania (terutama Genoa dan Venesia) dan Prancis, yang memperoleh hak dan keistimewaan khusus yang disebut Kapitulasi dari sultan Utsmaniyah pada abad ke-16.[5]

Ada dua komunitas besar Levant Italia: satu di Istanbul dan yang lainnya di Izmir. Pada akhir abad ke-19 terdapat hampir 6.000 Levant dari akar Italia di Izmir.[6] Mereka datang terutama dari pulau dekat Genoa Chios di Laut Aegea.[7]

Komunitas tersebut memiliki lebih dari 15.000 anggota selama masa kepresidenan Atatürk pada tahun 1920-an dan 1930-an, tetapi saat ini berkurang menjadi hanya beberapa ratus, menurut penulis Levant Italia Giovanni Scognamillo.[8]

Mereka terus tinggal di Istanbul (kebanyakan di distrik Karaköy, Beyoğlu dan Nişantaşı), dan Izmir (kebanyakan di distrik Karşıyaka, Bornova dan Buka.)

Gereja Katolik terbesar di Turki adalah Gereja St. Antonius dari Padua di İstiklal Avenue di distrik Beyoğlu (Pera) Istanbul, yang dibangun antara tahun 1906 dan 1912 oleh komunitas Levantine Italia.

Mereka berpengaruh dalam menciptakan dan menghidupkan kembali tradisi opera.[9] Orang terkenal dari komunitas Levantine saat ini di Turki termasuk Maria Rita Epik, Franco-Levantine Caroline Giraud Koç dan Italo-Levantine Giovanni Scognamillo . Sebagian besar komunitas kecil Katolik Roma di Turki adalah Levant.

Orang terkenal[sunting | sunting sumber]

Orang-orang terkenal dari komunitas Levantine Italia di Turki meliputi:

  • Pak Alfred Biliotti, yang bergabung dengan dinas luar negeri Inggris dan akhirnya naik menjadi salah satu pejabat konsuler paling terkenal di akhir abad ke-19. Biliotti juga seorang arkeolog ulung yang melakukan penggalian penting di situs-situs di Laut Aegea dan Anatolia.
  • Livio Missir di Lusignano. Sejarawan. Mahakaryanya adalah Les anciennes familles italiennes de Turquie.
  • Giuseppe Donizetti, musisi. Dia adalah Instruktur Jenderal Kekaisaran Ottoman Musik di istana Sultan Mahmud II.[10]
  • Giovanni Scognamillo, penulis. Dia menggubah "Memorie di Beyoğlu di un Levantino" pada tahun 1989.[11]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gale Encyclopedia of the Mideast & N. Africa: Levantine". answers.com. Diakses tanggal 25-01-2012. 
  2. ^ "Tentang Jurnal Studi Levantine". levantine-journal.org. Diakses tanggal 2012-01-25. 
  3. ^ "ΓΕΝΙΚΟ Situs web = www.mfa.gov.cy". 
  4. ^ Levanten kültürü turizme açılıyor haberler.com (12.08.2013) Diarsipkan 30 Juni 2016 di Wayback Machine.
  5. ^ "Sejarah komunitas 3". www.levantineheritage.com. 
  6. ^ "Frangini: Italiani in Smirne/ Izmir (dalam bahasa Italia)" (PDF). 
  7. ^ "Kesaksian Levant 56". www.levantineheritage.com. 
  8. ^ "Kesaksian Levant 35". www.levantineheritage.com. 
  9. ^ Mersin'in bahanesi yok Diarsipkan 2012-10-19 di Wayback Machine., Radikal, 26 Mei 2007
  10. ^ "musicaltimes.co.uk". Diarsipkan dari archive/0203/arac.html versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 23 Februari 2003. 
  11. ^ "NTV HABER - Haberler, Son Dakika Haberleri". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Februari 2010.