Fatih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fatih Acapella
AsalYogyakarta, Indonesia
GenreNasyid, a cappella
LabelMix Pro

Fatih Acapella adalah sebuah Grup Nasyid yang beraliran A cappella. Mereka berasal dari Yogyakarta. Berdiri pada tanggal 14 Mei 2002, Fatih pada mulanya adalah Nasyid yang terbentuk dari SMA Muhammadiyah I (MUHI) Yogyakarta. Fatih diambil dari Al Fatihah (surat 1 dalam Al Qur'an) yang berarti 'pembuka'.

Prestasi Fatih antara lain menjadi wakil Jogjakarta pada Festival Nasyid Indonesia 2004 di Indosiar. Kemudian tidak lama setelah mengikuti festival, tahun 2005 mereka membuat album perdana yang diberi tittle dengan nama mereka sendiri yakni album "Fatih Acapella". Fatih menyuguhkan Nasyid dengan gaya yang baru dan segar, ditujukan untuk penikmat musik yang berusia muda. Dalam album solo mereka ada beberapa aliran musik yang dibawakan secara a cappella, antara lain: pop, R n B, Jazz, Reage, dan Dangdut. Hal ini yang kemudian Fatih dijadikan referensi grup-grup nasyid acapella lainnya, terutama untuk mengenalkan Beatbox lagu hits single mereka "AnYta (Anugrah Yang Terindah)".

Eksistensi Fatih di blantika musik nasyid Indonesia semakin ditunjukkan dengan berbagai karya mereka. Tahun 2007 mereka meluncurkan album "Repackage Fatih Acapella". Dimana dari 10 lagu di album "Fatih Acapella" ditambah 2 lagu baru, yakni "Futur" dan "Kadang". Tahun 2010 mereka terus mengikrarkan karya mereka dengan mengeluarkan album "Nasyid Memang Asyik" yang terdiri dari 5 lagu, yakni Nasyid Memang Asyik, Ibrahim Bercerita, Resah, Sobat Kau Hebat, dan Telinga Jiwa.

Tahun 2010 mereka juga sebagai finalis di kompetisi grup vocal Indonesia "Suara Indonesia" yang diadakan telivisi swasta Nasional, Trans TV. Mereka ingin membuktikan bahwa grup nasyid Fatih Acapella telah memberi banyak anugrah bagi masing-masing anggota maupun keluarga mereka. Sehingga mereka dengan gigih mempertahankan grup ini walau kesibukan masing-masing anggota cukup padat. Sejak masing-masing personil mulai lulus dari bangku kuliah mereka, mereka berkomitmen untuk selalu menjaga eksistensi grup ini. Diky saat ini berkarier di Yogyakarta di studio pribadinya DFP (Diky Fatih Production) yang sudah menasional dengan customernya mulai dari Youtuber Ria Ricis dan Artis Oky Setianadewi . Taqin sebagai lead vocal, melebarkan karya album spiritualnya di Jogja dan Jakarta. Selain itu juga, Taqin mengembangkan usahanya di Jogja dan Jakarta sebagai Wedding Organizer. Dengan background sebagai lulusan apoteker, Rudin saat ini bekerja di perusahaan farmasi ternama di kota Bekasi. Marta bekerja di bagian keuangan di PSLH Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sedangkan Muchlis sebagai bassis, yang juga dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , harus cuti 4 tahun untuk melanjutkan study Doktoral di Belanda . Meski begitu, tawaran untuk perform tetap mereka layani sebagai mana biasanya.

Saat ini Fatih menjadi salah satu barometer dalam industri Nasyid Indonesia. Banyak Nasyid-nasyid baru yang terbawa oleh gaya Fatih dalam membawakan lagu a cappella.

Personil[sunting | sunting sumber]

Fatih beranggotakan:

  • Syahrial Fahrudin (Rudin)- Drum, Backing Vocal
  • Indha Marta Raharja (Marta) - Tenor, Lead, Backing Vocal
  • Arief Muttaqien (Taqien) - Lead, Backing Vocal
  • Diky Fathu Rahman (Diky) - Lead, Backing Vocal
  • Muchlisin (Muchlis) - Bass Vocal

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  1. Kompilasi Festival Nasyid Indonesia, 2004, Indosiar - Nada Hijrah Forte
  2. Fatih Acappella, 2006, MIX Pro
  3. Fatih Acappella (Repackage), 2007, MIX Pro
  4. Nasyid Memang Asyik, 2010, MIX Pro
  5. Kompilasi Nasyid Yogyakarta, 2015, ANN Yogyakarta
  6. Kompilasi Musik Positif, 2015, Alfa Records

Video Klip[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]