Gerakan Pionir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Syal Pionir (warna merah)
Salah satu Istana Pionir, juga dikenal sebagai "istana kreatifitas anak-anak dan pemuda" di Rusia. Setelah Organisasi Pionir Muda Uni Soviet dibubarkan, aset organisasi, termasuk istana ini, disita.
(Togliatti, Rusia)
Bumi perkemahan pionir muda "Alye Parusa".
(Togliatti, Rusia)

Gerakan pionir adalah salah satu organisasi untuk anak-anak yang dioperasikan oleh partai komunis. Umumnya anak-anak masuk ke dalam pionir muda di sekolah dasar dan berlanjut sampai masa remaja. Umumnya ketika beranjak remaja mereka bergabung dengan Liga Pemuda Komunis. Sebelum tahun 1990-an terdapat kerja sama yang luas antara organisasi pionir dan gerakan serupa dari 30 negara, yang dikoordinasikan oleh organisasi internasional, Komite Internasional Gerakan Anak-Anak dan Remaja (bahasa Prancis: Comité international des mouvements d'enfants et d'adolescents, CIMEA), didirikan pada tahun 1958, dengan kantor pusat di Budapest.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Pin anggota gerakan pionir di Uni Soviet, yang menggambarkan Lenin, dengan slogan "Selalu Siap".

Gerakan Pionir biasanya terdapat di negara-negara di mana Partai Komunis berkuasa serta di beberapa negara di mana Partai Komunis sebagai partai oposisi, memiliki simpatisan partai yang cukup besar untuk mendukung sayap organisasi untuk anak-anak. Di negara-negara yang dikuasai oleh Partai Komunis, keanggotaan anak-anak pada gerakan pionir secara resmi hanya bersifat opsional. Namun, jika tergabung dalam keanggotaan memberikan banyak manfaat, sehingga sebagian besar anak-anak biasanya bergabung dengan organisasi (meskipun pada usia yang berbeda). Pada masa Uni Soviet, ribuan bumi perkemahan pionir muda dan istana pionir muda dibangun khusus untuk pionir muda, dapat digunakan secara gratis, dan disponsori oleh pemerintah dan serikat pekerja. Ada banyak koran dan majalah diterbitkan untuk anggota pionir muda yang dicetak dalam jutaan eksemplar.

Gerakan pionir dibentuk menggunakan model seperti gerakan Kepanduan, tetapi terdapat beberapa perbedaan mencolok. Terutama, gerakan kepanduan bersifat independen dari kontrol pemerintah dan partai politik, yang tidak terdapat dalam gerakan pionir. Kesamaan antara kedua gerakan tersebut adalah mereka memiliki kesamaan prinsip, terutama pada nilai kesiap-siagaan dan mempromosikan olahraga dan keterampilan luar ruangan. Gerakan pionir juga mengajarkan prinsip-prinsip komunis. Lawan-lawan negara Komunis mengklaim bahwa gerakan pionir adalah sebuah bentuk indoktrinasi kepada anak-anak.

Anggota gerakan ini dikenal sebagai pionir, dan syal — biasanya berwarna merah, tetapi kadang-kadang biru muda — adalah atribut yang dikenakan oleh anggota pionir. Organisasi pionir sering diberi nama sama dengan anggota partai terkenal yang dianggap cocok untuk menjadi panutan bagi anak muda komunis. Di Uni Soviet tokoh tersebut adalah Vladimir Lenin; di Jerman Timur, Ernst Thälmann. Anggota Pionir Thälmann diajarkan slogan "Ernst Thälmann adalah panutan saya. Kita memakai syal merah dengan kebanggaan." Albania, yang memutus hubungan diplomatik dengan Uni Soviet pada tahun 1961, juga mempunyai varian dari organisasi Pionir, yang disebut Pionir Enver, nama dari penguasa dari Albania, Enver Hoxha.

Negara dengan gerakan pionir[sunting | sunting sumber]

Pelopor Gerakan sekarang ada di negara-negara ini:

Partai komunis di Rusia dan negara-negara lain terus menjalankan organisasi pionir, tetapi cenderung memiliki jumlah anggota yang sangat terbatas.

Gerakan Pionir yang pernah ada[sunting | sunting sumber]

Pionir muda Tiongkok

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE JOSE MARTI PIONEER ORGANIZATION OF CUBA, ONE OF 18 INDIVIDUALS AND ORGANIZATIONS, TO RECEIVE UNITED NATIONS ENVIRONMENT AWARD". United Nations Environment Programme. Diakses tanggal June 29, 2006. 
  2. ^ IFM-SEI list of members, retrieved 2009-02-22
  3. ^ "Young Pioneers honoured on Brigade's 65th anniversary". Vietnam News Agency. Diakses tanggal June 29, 2006. 
  4. ^ Decalo, Samuel (1997). Historical Dictionary of the Niger (3rd ed.). Boston & Folkestone: Scarecrow Press. ISBN 0-8108-3136-8. 
  5. ^ Anarchism in America

Pranala luar[sunting | sunting sumber]