Partai Ba'ath

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendera Partai Ba'ath

Partai Ba‘ath (bahasa Arab: البَعْث, transliterasi huruf Latin menjadi al-Ba‘ts), atau Partai Kebangkitan terdiri dari beberapa partai politik yang mewakili sisi politik gerakan Ba'ath. Pada awalnya Partai Ba'ath berfungsi sebagai partai pan-Arab dengan cabang di beberapa negara Arab. Pada tahun 1996 partai ini terpecah dua, satu cabang berbasis di Suriah dan satu lagi di Irak. Kedua partai Ba'ath ini memiliki struktur yang paralel di dunia Arab.

Partai Ba'ath mulai memegang kuasa di Suriah pada tanggal 8 Maret 1963 dan tetap berpengaruh sampai sekarang; Ba'athis memegang kuasa di Irak sejak Februari 1968 sampai 2003. Setelah penyingkiran de facto pemimpin Baath Saddam Hussein pada perang Irak 2003, pemerintahan yang menduduki Irak melarang Partai Ba'ath pada Juni 2003.

Bahasa Arab kata Ba'ath berarti 'kelahiran kembali'. Keyakinan Ba'this yaitu menggabungkan Sosialisme Arab, militerisme, nasionalisme, dan pan-Arab. Ideologi sekulernya sering kali bertentangan dengan pemerintahan Arab lainnya di Timur Tengah, yang cenderung mendukung Islamisme dan teokrasi.

Motto partai ini adalah Wahdah, Hurriyah, Isytirokiah berarti "Bersatu, Merdeka, dan Sosialisme". 'Persatuan' yang dimaksud adalah persatuan pan-Arabisme, 'Merdeka' maksudnya adalah merdeka dari pengaruh Barat, dan 'Sosialisme' merujuk pada Sosialisme Arab.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]