Organisasi Pionir Ernst Thälmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Organisasi Pionir Ernst Thälmann

Organisasi Pionir Ernst Thälmann, terdiri dari Pionir Muda dan Pionir Thälmann, adalah sebuah organisasi pemuda untuk anak-anak sekolah berusia 6 sampai 14 tahun, di Jerman Timur. Organisasi ini diberi nama dari Ernst Thälmann, mantan pemimpin Partai Komunis Jerman yang dieksekusi mati di kamp konsentrasi Buchenwald.

Organisasi ini merupakan bagian dari Freie Deutsche Jugend (FDJ, Pemuda Jerman Merdeka), gerakan pemuda Jerman Timur. Organisasi ini didirikan pada tanggal 13 desember 1948 dan runtuh pada tahun 1989 ketika reunifikasi Jerman. Dari tahun 1960-an dan 1970-an, hampir semua anak-anak sekolah berusia antara 6 dan 14 diorganisir menjadi anggota kelompok Pionir Muda atau Pionir Thälmann.

Kelompok ini awalnya dibentuk seperti gerakan Kepanduan, tapi diatur sedemikian rupa untuk mengajarkan ideologi sosialisme kepada anak-anak sekolah usia 6 – 14 dan mempersiapkan mereka untuk masuk Organisasi Pemuda Jerman Merdeka (FDJ). Kegiatan mereka terdiri dari penjelajahan alam, indoktrinasi ideologi sosialisme dan tradisi revolusioner. Di musim panas, anak-anak biasanya pergi ke bumi perkemahan pionir yang mirip dengan kegiatan Wandervogel atau Gerakan Kepanduan di Jerman Barat . Kegiatan kemah pionir internasional juga umum dilaksanakan untuk membina persahabatan antara bangsa-bangsa yang berbeda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kegiatan pionir muda pada salah satu sekolah di Biehla, sekitar tahun 1960

Pionir Muda secara resmi didirikan pada tanggal 13 Desember 1948, sewaktu kongres ke-17 dewan sentral FDJ . Pionir Muda menjadi organisasi politik massa untuk anak-anak di Jerman Timur, yang dijalankan oleh Partai Persatuan Sosialis Jerman (SED) melalui FDJ. Dari tahun 1949 pionir muda diketuai oleh Margot Feist, yang kemudian menikah dengan Erich Honecker. Dari tahun 1949 Pionir Muda memiliki koran yang disebut "Pionir Muda" (Der junge Pionier), kemudian disebut " Drum" (Die Trommel). Pada tahun 1952, organisasi itu berganti nama menjadi Pionir Ernst Thälmann.

Pada tahun 1949 organisasi ini telah memiliki 714,258 anggota, sekitar 30% dari semua anak usia sekolah di zona Soviet. Pada akhir tahun 1950-an sebagian besar anak-anak usia sekolah di Jerman Timur tergabung ke dalam di organisasi tersebut, dengan persentase dari 67.4% di Berlin hingga 89.4% di Dresden. Pada tahun 1989 hampir dua juta anak-anak sekolah tergabung ke dalam organisasi tersebut, atau 98% dari semua anak-anak sekolah di Jerman Timur.

Pionir Ernst Thälmann mengadakan pertemuan rutin setiap beberapa tahun, dengan mengangkat tema yang berbeda pada setiap pertemuan.

  1. 1952 Dresden, pertemuan pertama, pemberian nama organisasi
  2. Tahun 1955 Dresden
  3. 1958 Halle, Saxony-Anhalt, Für und Frieden Sozialismus (Untuk Perdamaian dan Sosialisme)
  4. 1961 Erfurt, Bekenntnis zu ihrem sozialistischen Staat (Bersumpah untuk Negara Sosialis)
  5. 1964 Chemnitz (kemudian Karl-Marx-Stadt)
  6. Tahun 1970 Cottbus
  7. 1972 Dresden: menunjukkan kinerja dari Pionir Muda / Pionir Ernst Thälmann
  8. 1988 Chemnitz

Pada bulan November 1989, terjadi kerusuhan di kota-kota Jerman Timur, seperti "demonstrasi senin" di Leipzig. Malam sebelum Jerman Timur memperingati ulang tahun ke 40, parade obor tradisional yang diisi oleh FDJ disertai dengan teriakan "Gorbi, Gorbi!" (Peristiwa ini, beserta FDJ dan lagu Pionir, ditampilkan pada film Good Bye Lenin!). Ketua organisasi pionir, Wilfried Poßner, yang telah memimpin organisasi selama empat tahun terakhir, mengundurkan diri. Ia digantikan oleh Birgit Gappa, yang diberi tugas untuk mereformasi organisasi, tetapi menjadi pemimpinnya yang terakhir. Pada bulan Agustus 1990, setelah runtuhnya Tembok Berlin dan sesaat sebelum reunifikasi jerman, Organisasi Pionir Ernst Thälmann dibubarkan. Sejak saat itu, belum ada organisasi pionir lanjutan di Jerman.

Slogan dan ucapan[sunting | sunting sumber]

Pionir Ernst Thälmann memiliki slogan "Für Frieden Sozialismus und seid bereit – Immer bereit" ("Untuk perdamaian dan sosialisme – selalu siap"). Ini biasanya disingkat menjadi "siap - selalu siap". Slogan ini selalu dibacakan sewaktu pengibaran bendera. Satu orang mengatakan bagian pertama, "siap!": biasanya pemimpin regu, guru atau pemimpin lokal organisasi pelopor. Anggota pionir menjawab "Selalu siap".

Seragam[sunting | sunting sumber]

Seragam dari Pionir Muda, yang dikenakan oleh laki-laki dan perempuan

Seragam pionir terdiri dari kemeja putih dan blus dibeli oleh orang tua mereka, bersama dengan celana biru atau rok hingga tahun 1970-an dan pada acara-acara khusus. Namun seringkali satu-satunya hal yang dipakai adalah syal segitiga. Pada awalnya syal tersebut biru, tetapi dari tahun 1973, Pionir Thälmann mengenakan syal berwarna merah seperti pionir muda di Uni Soviet, sedangkan Pionir Muda tetap berwarna biru. Anggota pionir mengenakan seragam mereka pada acara politik dan hari libur nasional seperti demonstrasi buruh pada May Day, serta pada festival sekolah dan acara pionir.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan di kedua Pionir Muda dan Thälmann Pionir bersifat sukarela – keanggotaan tidak diperlukan. Namun, status keanggotaan disarankan oleh negara (dan juga sekolah) serta oleh beberapa orang tua. Sebagian besar anak-anak ikut karena sebagian besar temannya juga ikut, dan hampir semua anak-anak masing-masing kelas di sekolah bergabung, meskipun selalu ada beberapa yang tidak melakukannya, misalnya dengan alasan agama atau hanya tidak ingin.

Terdapat perbedaan pendapat apakah merugikan atau tidak jika menolak tawaran untuk bergabung dengan organisasi tersebut. Beberapa orang mengklaim bahwa jika mereka tidak bergabung dengan organisasi, mereka dilarang untuk mengikuti kegiatan pionir, tetapi yang lain mengatakan bahwa mereka diizinkan untuk mengikuti sebagian kegiatan pionir yang mereka suka. Dalam kasus apapun, setidaknya dibutuhkan satu tahun keanggotaan Pionir Muda sebagai syarat untuk bergabung dengan Pionir Thälmann, dan keanggotaan dalam Pionir Thälmann dijadikan syarat untuk bergabung dengan FDJ. Beberapa orang yang tidak bergabung dengan FDJ kemudian mengalami kesulitan untuk mendaftar universitas pilihan mereka, atau untuk melakukan perjalanan sebebas orang lain.

Pendaftaran sebagai anggota berlangsung pada tanggal 13 Desember, hari ketika organisasi ini didirikan pada tahun 1948; biasanya mereka bergabung dengan Pionir Muda pada usia 6 dan bergabung dengan Thälmann pelopor pada usia 10 tahun.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu pionir biasanya dinyanyikan pada setiap kesempatan, termasuk judul-judul berikut ini:

  • Unser kleiner Trompeter – Peniup Terompet Kecil Kita
  • Thälmann-Berbohong – Lagu Thälmann
  • Pioniermarsch – Mars Pionir
  • Der Volkspolizist – Polisi Rakyat
  • Jetzt bin ich Junger Pionier – Sekarang Saya Pionir Muda
  • Unsere Heimat – Tanah Air Kita
  • Auf zum Sozialismus – Maju menuju Sosialisme
  • Kleine weiße Friedenstaube – Merpati Putih Kecil Perdamaian
  • Lied der jungen Naturforscher – Lagu Peneliti Alam Muda
  • Wenn Mutti früh zur Arbeit geht – Saat Ibu Pergi Bekerja di Pagi Hari
  • Gute Freunde – Teman Baik
  • Hab ' Se noch nicht Altpapier – Punya Limbah Kertas?
  • Pioniere terutama duke! – Majulah, Pionir!
  • Laßt Euch grüßen, Pioniere – Salam, Pionir
  • Immer lebe die SonneSemoga di sana Selalu Ada Sinar Mentari
  • Friede auf satu Erde – Damai di Bumi kita

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Kampanye pengumpulan kertas daur ulang untuk mendanai Festival Pemuda dan Mahasiswa Sedunia 1973 di Berlin Timur.

Anggota pionir ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti olahraga, upacara dan pertunjukan, pertemuan dan pengumpulan limbah untuk berbagai sebab yang berbeda. Dengan seragam mereka, dan dengan antusiasme anak-anak, meraka menjadi pengiring yang atraktif pada acara peringatan dan festival yang diselenggarakan oleh negara. Pada tahun 1966, misalnya, delegasi anak-anak dari Pionir dan FDJ secara simbolis menyerahkan seikat bunga anyelir merah untuk menghormati ulang tahun SED ke-20.

Selain menghadirkan wajah muda dan positif dari sosialisme ke dunia luar, kegiatan ini juga dirancang untuk memberi pesan untuk anak-anak yang terlibat bahwa Sosialisme memiliki nilai moral yang kuat. Pada tahun 1971 "aksi solidaritas" mengambil tempat di mana anak-anak dikumpulkan untuk mengumpulkan sejuta bunga mawar untuk merayakan pembebasan Angela Davis. Pada tahun 1973, Pionir Thälmann juga ikut serta dalam Festival Pemuda dan Mahasiswa Sedunia di Berlin dengan slogan "Untuk solidaritas anti-imperialisme, perdamaian dan persahabatan".

Kegiatan tersebut juga merupakan cara mengajar anak-anak tentang cita-cita sosialis, salah satunya gerakan "Kurs 80" pada tahun 1978 yang bertujuan untuk mengakrabkan anggota pionir dengan politik Partai Kelas Pekerja (SED).

Taman-taman dan kemah pionir[sunting | sunting sumber]

Pertemuan pemuda pertama dilaksanakan pada tahun 1950 di Wuhlheide di Berlin Timur, sebuah taman dibuka yang dikenal sebagai Pionierrepublik "Ernst Thälmann" ("Republik Pionir Ernst Thälmann"), kemudian berubah menjadi "taman pionir". Sekitar 20.000 anak-anak yang tinggal di sana untuk mengikuti pertemuan. Kantor pusar untuk pionir muda dibuka di Berlin pada waktu yang sama.

Pada tahun 1952 Wilhelm Pieck, Presiden Jerman Timur, membuka lagi "republik pionir" di Werbellinsee Berlin. Taman ini dibangun berdasarkan pada bumi perkemahan pionir Soviet Artek. Menjadi kehormatan bagi anggota pionir yang terpilih untuk berkemah di bumi perkemahan ini, karena tiap tahun hanya sekitar 1.000 pionir yang terpilih untuk pergi ke sana. Situs ini saat ini sedang dimodernisasi oleh investor dari Karlsruhe.

Selama bulan-bulan musim panas, anggota pionir dikirim ke bumi perkemahan musim panas pionir di Jerman Timur dan berbagai negara sosialis lainnya.

Pada tahun 1979 Istana Pionir Ernst Thälmann dibuka.

Event internasional[sunting | sunting sumber]

Anggota elit pionir sering dikirim ke luar negeri, biasanya ke negara sosialis atau komunis lain, untuk mendorong hubungan internasional dan menekankan sifat internasional dari sosialisme untuk anak-anak. Pada tahun 1967, Kereta Persahabatan melakukan perjalanan ke Uni Soviet membawa anggota FDJ dan Pioneer. Pada tahun 1972 oganisasi ini mengirim lebih dari satu juta "pesan persahabatan" ke Pionir Muda Uni Soviet, yang sedang merayakan ulang tahun organisasi mereka ke-50.

Pada tahun 1974, aksi Salut, Pobyeda dimulai sebagai persiapan untuk ulang tahun ke-30 jatuhnya Fasisme: kata "Pobyeda" (Победа) berarti "Kemenangan!". Ini adalah acara pionir internasional pertama di mana anak-anak dari Mongolia, Vietnam Utara dan Kuba ikut berperan.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Pionir muda juga memiliki kegiatan untuk mengumpulkan sampah untuk didaur ulang, seperti kertas dan logam, karena Jerman Timur memiliki sumber daya alam yang cenderung sedikit. Sebagai contoh, untuk ulang tahun Wilhelm Pieck ke-80, anggota pionir mengumpulkan bahan yang dapat didaur ulang senilai 1,5 juta Ostmark untuk membiayai pembuatan kapal dagang, yang disebut "Thälmann Pioneers". Pada tahun 1957 mereka juga mengumpulkan batu-batu dari berbagai negara bagian Jerman Timur untuk membangun dermaga baru di Pelabuhan Rostock.

Pada tahun 1962, kegiatan "Minggu Bantuan PIonir Sosialis" pertama kali berlangsung, dimana anggota pionir mengumpulkan bahan daur ulang yang cukup untuk membayar 900 km pembangunan pipa minyak bumi "Pipa Persahabatan"(Trasse der Freundschaft).

Pada tahun 1980, 3,307,585 Ostmark dikumpulkan untuk anak-anak di Kamboja, dan pada tahun 1983, berbagai mainan dikumpulkan untuk anak-anak dari Nikaragua.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Salah satu bentuk penghargaan untuk anggota pionir berprestasi adalah pemberian medali, seperti medali perak "atas jasa untuk tanah air" (Vaterländischer Verdienstorden) yang diberikan kepada pionir Thälmann pada acara ulang tahun ke-10 berdirinya Republik Demokratik Jerman pada tahun 1959. Pada tahun 1968 penghargaan emas diberikan untuk menghormati ulang tahun ke-20 berdirinya Organisasi Pionir Thälmann.

Simbol-simbol lainnya juga digunakan untuk memberikan perasaan kebanggaan pada anggota pionir, seperti memakai syal merah, yang telah disetujui secara resmi oleh Komite Sentral Pionir pada tahun 1973.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Hensel, Jana (2004) After The Wall: Confessions from an East German Childhood and the Life that Came Next by Jana Hensel, 2004 ISBN 1-58648-266-1
  • Kaiser, Beate (2013). Die Pionierorganisation Ernst Thälmann: Pädagogik, Ideologie und Politik: eine Regionalstudie zu Dresden 1945-1957 und 1980-1990. Studien des Forschungsverbundes SED-Staat an der Freien Universität Berlin. Frankfurt am Main: Peter Lang. ISBN 9783631643303. 
  • Weyer, Jochen (1974) Youth in the GDR: Everyday life of young people under socialism.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]