Partai Komunis Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Partai Komunis Jerman
Kommunistische Partei Deutschlands
Didirikan 1918
Dibubarkan Dicekal dari 1933 sampai 1945, digabung dengan SPD pada 1946 di Jerman Timur, dicekal pada 1956 di Jerman Barat
Didahului oleh Liga Spartacus
Diteruskan oleh Partai Serikat Sosialis Jerman (Jerman Timur), Partai Komunis Jerman (Jerman Barat)
Surat kabar Die Rote Fahne
Sayap pemuda Liga Komunis Pemuda
Sayap paramiliter Rotfrontkämpferbund (RFB)
Keanggotaan  (1932) 360,000[1]
Ideologi Komunisme
Faksi internal:
 • Marxisme
 • Marxisme–Leninisme
 • Luxemburgisme
Posisi politik Kiri jauh
Afiliasi internasional Comintern
Warna resmi Merah
Bendera partai
Flag of the Communist Party of Germany.svg
Politik Jerman
Partai politik

Partai Komunis Jerman (bahasa Jerman: Kommunistische Partei Deutschlands, KPD) adalah sebuah partai politik utama di Jerman antara 1918 dan 1933, dan sebuah partai minor di Jerman Barat pada masa setelah perang sampai partai tersebut dicekal pada 1956. Pada 1920an, partai tersebut disebut "Spartakis", sejak partai tersebut dibentuk dari Liga Spartacus.

Dibentuk pada masa setelah Perang Dunia Pertama oleh para sosialis yang menentang perang tersebut, dipimpin oleh Rosa Luxemburg, setelah kematiannya, partai tersebut menjadi ke arah Leninisme dan kemudian Stalinisme. Pada masa Republik Weimar, KPD mendapatkan suara antara 10 sampai 15 persen dari jumlah suara dan terwakili dalam Reichstag dan dalam parlemen-parlemen negara bagian.

Di Jerman Timur, partai tersebut digabung, melalui dekret Soviet, dengan Partai Demokratik Sosial untuk membentuk Partai Serikat Sosialis yang memerintah Jerman Timur sampai 1989–1990. Partai tersebut dicekal di Jerman Barat pada 1956 oleh Dewan Konstitusional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catherine Epstein. The last revolutionaries: German communists and their century. Harvard University Press, 2003. Pp. 39.

Templat:Partai politik Republik Weimar Templat:Partai politik GDR