FRÖSI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

FRÖSI adalah majalah anak-anak yang diterbitkan oleh Junge Welt di Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur). Majalah ini diterbitkan dengan sasaran pembaca dari  anggota dari Organisasi Pionir Ernst Thälmann. Kata FRÖSI berasal dari baris pertama lagu pionir yang populer "Fröhlich sein und singen". Judul Lengkap dari lagu tersebut digunakan sebagai nama majalah sampai tahun 1965, kemudian diperpendek. Edisi pertama FRÖSI dirilis pada tanggal 25 Juni 1953. Pada awalnya FRÖSI diterbitkan setiap 6 pekan sekali, dan kemudian diterbitkan setiap bulan dari tahun 1956.

Isi majalah FRÖSI terdiri dari komik, artikel tentang alam, ilmu pengetahuan dan teknologi dan konten lainnya. Sebagian besar isi majalah berisi propaganda. Beberapa isu juga ditambahkan dalam sisipan.

Pada tahun 1990 FRÖSI berganti nama menjadi tandem. Seiring dengan reunifikasi Jerman, pada bulan Maret 1991 penerbitannya dihentikan.

Pada bulan Juni 2002 Neues Deutschland mencoba untuk menghidupkan kembali majalah tersebut sebagai sisipan. Pada bulan Mei 2005 FRÖSI mulai diterbitkan lagi sebagai majalah bulanan. Namun hanya bertahan beberapa bulan, penerbitannya dihentikan pada bulan November 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]