Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Garuda Wisnu Kencana)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Patung Wisnu di GWK.jpeg
Informasi
Berdiri1989
PengelolaAlam Sutera Group
FasilitasSegway Fun Ride, GWK Photo Studio
AlamatJl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan Badung 80364, Bali-Indonesia
Telpon+62 (361) 700 808
E-mailinfo@gwkbali.com
Websitehttp://www.gwkbali.com

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (bahasa Inggris: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), atau kerap disebut dengan GWK, adalah sebuah taman wisata budaya di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.Di sini berdiri megah sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung Garuda Wisnu Kencana yang menggambarkan sosok Dewa Wisnu menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 121 meter.[1]

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.[1]

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Plaza Garuda di mana patung kepala Garuda setinggi 18 meter ditempatkan. Pada saat ini, Plaza Garuda menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yang dinamai Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental di Lotus Pond mencipatakan seni lansekap ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Patung Garuda Wisnu Kencana diresmikan pada tanggal 22 September 2018 oleh Presiden Joko Widodo.[2]

Tempat Rekreasi di GWK[sunting | sunting sumber]

GWK Cultural Park yang dimiliki oleh group PT. Alam Sutera Realty Tbk. ini mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya:

  • Plaza Wisnu
Panorama dari Wisnu Plaza

Plaza Wisnu adalah titik tertinggi di dalam kawasan GWK di mana terdapat potongan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter.

Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Plaza Wisnu, dikelilingi oleh air mancur dan sumber mata air suci yang tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Parahyangan Somaka Giri terletak di area Plaza Wisnu. Tempat yang disucikan oleh masyarakat sekitar ini secara historis telah dipercaya sebagai air suci yang dapat menjadi berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan bermacam penyakit.

  • Street Theater

Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi.

Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di Kencana Souvenirs. Kita bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini. Sementara di sini, mengapa tidak mencoba pijat refleksi kaki Bali setelah berjalan-jalan. Kita bisa mencicipi makanan yang baik dengan harga terbaik hanya di pengadilan makanan kita, Makanan Teater, dan restoran terbaru kami, The Beranda dengan paket all you can eat.

Pada beberapa kali sehari, kita dapat menikmati belanja dan makan sambil ditemani kinerja Bali khususnya seperti barong, rindik dan parade.

  • Lotus Pond
Informasi mengenai Lotus Pond didekat gerbang masuk

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian, Lotus Pond adalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

Selama bertahun-tahun, GWK telah dipercaya untuk skala besar diadakan, baik nasional maupun internasional, acara di Lotus Pond seperti konser musik, pertemuan internasional, partai besar. Lotus Pond adalah tempat yang unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang.

Lotus Pond berawal dari teratai. Teratai adalah simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan. Wisnu juga selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu yang duduk di teratai atau membawa bunga.

Beberapa fakta menarik adalah bahwa tanaman teratai tumbuh di air, memiliki akar dalam ilus atau lumpur, dan menyebarkan bunga di udara di atas. Dengan demikian, teratai melambangkan kehidupan manusia dan juga bahwa kosmos.

Akar teratai tenggelam dalam lumpur merupakan kehidupan material. Tangkai melewatkan melalui air melambangkan eksistensi di dunia astral. Bunga mengambang di atas air dan membuka ke langit adalah emblematical spiritual sedang.

  • Indraloka Garden

Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

  • Amphitheatre

Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

  • Tirta Agung

Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Lokasinya yang berdekatan dengan ticket counter Plaza Bhagawan kerap dimanfaatkan sebagai lokasi drop off dan parkir kendaraan pengunjung.

  • Tirta Amertha

Tirta Amertha merupakan gerbang masuk utama untuk menuju ke dalam kawasan GWK Cultural Park. Di lokasi ini terdapat miniatur patung Garuda Wisnu Kencana yang dihiasi dengan air mancur. Lokasi Tirta Amertha merupakan salah satu photo spot favorit para pengunjung sebelum masuk ke dalam kawasan. Di seblah timur, terdapat diinding besar yang dihiasi dengan lukisan mural bergambar kisah Ramayana. Sementara di sisi barat terdapat Kencana Souvenir Shop, dimana pengunjung dapat memilih berbagai oleh-oleh dan cendera mata untuk dibawa pulang.

  • Bali Parade

Sebuah pertunjukkan dimana beberapa penari dan pembawa alat musik mengelilingi area GWK. Parade ini menunjukkan bagaimana persiapan masyarakat Bali sebelum melakukan sembahyang. Disini para penari membawa beberapa sesajen yang biasa disuguhkan saat sembahyang. Tepat di depan patung Dewa Wisnu, para penari ini mulai melakukan pertunjukkan tari. [3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sarong, Frans (2003). "Mengukir Bukit Kapur Ungasan Menjadi Taman Budaya". Kompas Cyber Media. Diakses tanggal 27 September 2007. 
  2. ^ Resmikan Patung Garuda Wisnu Kencana Diarsipkan 2018-09-25 di Wayback Machine. - PresidenRI.go.id - 23 September 2018.
  3. ^ "Garuda Wisnu Kencana, Daya Tarik Baru Pulau Dewata". Suka Gitu (dalam bahasa Inggris). 2019-04-20. Diakses tanggal 2020-04-10. 

Koordinat: 8°48′35″S 115°10′05″E / 8.809808°S 115.168055°E / -8.809808; 115.168055