Candi Bima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Candi Bima
Tampak sudut depan.
Candi Bima di Jawa
Candi Bima
Location within Jawa
Informasi umum
KotaJawa Tengah.
NegaraIndonesia

Candi Bima adalah salah satu peninggalan purbakala di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Candi Bima memiliki bangunan yang kokoh.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah,[2] candi ini terletak paling selatan di kompleks Percandian Dieng.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk berada di sisi timur. Candi ini cukup unik dibanding dengan candi-candi lain, baik di Dieng maupun di Indonesia pada umumnya, karena kemiripan arsitekturnya dengan beberapa candi di India. Bagian atapnya mirip dengan shikara dan berbentuk seperti mangkuk yang ditangkupkan.[3] Pada bagian atap terdapat relung dengan relief kepala yang disebut dengan kudu.

Pemeliharaan[sunting | sunting sumber]

Candi ini berada dalam kondisi buruk, antara lain karena beberapa kali kasus pencurian arca Kudu yang unik pada bagian atap tersebut[4] serta rusak akibat solfatara dari Kawah Sikidang.

Pada tahun 2012, Candi Bima kembali dipugar oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Pemugaran dilakukan karena susunan batuan candi sudah banyak yang lapuk dan bergeser akibat dimakan usia dan terkena getaran,[2] juga karena terdapat rongga yang dapat menyebabkan amblesnya bangunan.[5]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]