Situs Menggung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Situs Menggung adalah situs arkeologi dan sejarah yang berada di Dusun Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupatan Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Bangunan utama berbentuk seperti punden berundak, dilengkapi banyak arca yang tersebar di situs ini. Karena ditemukan yoni, situs Menggung diidentifikasi sebagai situs Hindu[1] yang mengalami akulturasi dengan tradisi lokal.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Situs terletak di Tawangmangu pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Punden berundak memiliki lima tingkat dan dibuat dengan memanfaatkan topografi setempat yang berundak-undak. Tingkat satu dengan lainnya dihubungkan menggunakan tangga batu. Punden Menggung menghadap ke Gunung Jogolarangan, suatu anak Gunung Lawu. Berbagai artefak, misal menhir, arca, dan yoni tersebar di tingkat-tingkat punden. Arca-arca memiliki ikonografi menyerupai arca di candi Sukuh dan candi Ceto.

Pembangunan punden Menggung diperkirakan telah ada sejak masa prasejarah dan berlanjut sampai masa klasik. Karena tidak ada sisa-sisa kuburan, disimpulkan bahwa situs ini tidak difungsikan sebagai kuburan, tetapi tempat pemujaan.[2] Selain dikeramatkan, sampai saat ini masih ada tradisi pemujaan di Menggung. Pada wuku Dhukut, diselenggarakan upacara "dhukutan" yang disertai pertunjukan wayang kulit.[3]

  1. ^ Dodik (21 September 2011). "SITUS MENGGUNG". Karanganyar Kab. Diakses tanggal 5 Maret 2020. 
  2. ^ Sumiyati Atmosudiro dkk. (2008). Jawa Tengah: Sebuah Potret Warisan Budaya. Klaten: Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. hlm. 49. 
  3. ^ Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. "Situs Purbakala Menggung". Pesona Indonesia. Diakses tanggal 5 Maret 2020.