Candi Pandegong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Candi Pandegong
Lua error in Modul:Location_map at line 439: Tidak ada nilai yang diberikan untuk garis bujur.
Informasi umum
Gaya arsitekturCandi Jawa Tengahan
KotaMojowarno, Jombang, Jawa Timur.
NegaraIndonesia
SelesaiAbad ke-10 (perkiraan)

Candi Pandegong adalah bangunan candi peninggalan dari masa Mataram Hindu yang berada di Dusun Kuwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Candi bercorak Hinduistik ini berada dalam kompleks punden Situs Pandegong, yang juga terdapat makam cikal bakal desa.

Bangunan candi baru diketahui pada tahun 2021 setelah ekskavasi yang dilakukan oleh BPCB Jawa Timur berdasarkan laporan warga mengenai gundukan tertutup pepohonan, dengan yoni yang ditemukan pada salah satu sudut pohon. Hasil penggalian menunjukkan bahwa candi disusun dari bata merah, dengan gaya menyerupai candi-candi dari masa Medang di Jawa Tengah. Tangga masuk candi berada pada sisi barat dengan kondisi sebagian hancur. Dinding kaki candi pada sisi barat dan selatan serta utara masih tampak baik dihiasi dengan pola tapakdara (palang caturlokha). Sisi timur hancur, diduga karena aktivitas perburuan artefak. Bagian tubuh atas dan kepala candi sudah runtuh.

Selain yoni yang sudah diketahui sejak lama, ekskavasi pada tahun 2021 dan 2022 menemukan arca kepala dewa, Nandiswara (terbelah dan ditemukan pada tahap penggalian berbeda), dan Mahakala, serta serpih-serpih gerabah dan keramik. Ekskavasi juga menemukan tanda-tanda aktivitas kegiatan manusia moderen yang terindikasi usaha pencurian artefak.