Gantar, Indramayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gantar
Gantar.PNG
Peta lokasi Kecamatan Gantar
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenIndramayu
Pemerintahan
 • CamatDrs. Asep Mahmud
Populasi
 • Total91,622 jiwa (L: 34,428 P: 57,194) jiwa
Kode Kemendagri32.12.25 Edit the value on Wikidata
Luas125,56 km²
Desa/kelurahan6 desa

Demonim: Urang Gantar Suku bangsa: Sunda, Jawa lainnya (5 %) Bahasa: Indonesia, Sunda (dialek Cirebon), Jawa Tahun pembentukan: 2002 Dasar hukum: Perda Kabupaten Indramayu nomor 19 tahun 2002 Kecamatan Gantar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan Gantar merupakan kecamatan yang di kelilingi oleh pemandangan indah. Di sebelah selatan terlihat dengan jelas jajaran pegunungan, di antara jajaran pegunung tersebut terlihat dengan sangat jelas panorama gunung Tampomas yang berada di Kabupaten Sumedang. Tak heran jika gunung Tampomas terlihat dengan jelas di Desa Gantar Karena Desa Gantar sebelah selatan merupakan perbatasan dengan Kabupaten Sumedang. Kecamatan Gantar merupakan kecamatan dengan potensi pertanian yang sangat baik. Luas lahan pertanian yang luas dengan curah hujan lumayan tinggi membuat tanah menjadi subur. Kecamatan dengan potensi pertanian yang baik mendorong warganya untuk mengembangkan dan memoderenisasi cara penanaman, pemeliharaan dan menuai hasil panen. Seiring dengan perkembangan zaman banyak alat dan pupuk pertanian yang sangat modern. Komoditas hasil pertanian yang menjadi unggulan adalah padi, cabai dan mangga. Ada hal yang sangat disayangkan, dari potensi pertanian yang sangat baik yaitu belum adanya sistem irigasi yang terintegrasi.

Kecamatan Gantar merupakan perpaduan antara Jawa dan Sunda yang hidup rukun tetap menjalin silaturahim dengan baik.

Walaupun ada perbedaan tidak membuat masyarakatya saling bertikai, tetapi justru dengan perbedaan yang ada membuat masyarakatnya semakin kuat dan erat dalam menjalin silaturahim.

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan Haurgeulis
Timur Kecamatan Kroya dan Kecamatan Terisi
Selatan Kabupaten Sumedang
Barat Kabupaten Subang

Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Mekarwaru
  2. Bantarwaru
  3. Sanca
  4. Gantar
  5. Mekarjaya
  6. Situraja
  7. Baleraja