Terisi, Indramayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Terisi
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenIndramayu
Pemerintahan
 • CamatAhmad Santoso, SE
Luas174,22 km²
Kepadatan314 jiwa/km²
Desa/kelurahan9

Terisi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Terisi berada di bagian utara pulau Jawa, sekitar 30 km di sebelah Barat daya Kota Indramayu. Koordinat Terisi berada pada 6° 35' - 6° 39' lintang selatan dan 107° 51' - 107° 54' bujur timur.[butuh rujukan] Secara topografi keseluruhan wilayah Terisi berada di dataran rendah dengan ketinggian 0 -100 M dari permukan laut yang dilewati oleh sungai Cipanas dengan curah hujan pada tahun 2009 adalah 1.096,2 mm/tahun.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Terisi merupakan pemekaran dari kecamatan Cikedung (berdasarkan ketentuan Perda Kabupaten Indramayu No. 19 tahun 2002 tentang Penataan dan Pembentukan Lembaga Perangkat Daerah Kabupaten Indramayu) dengan luas wilayah 174,22 km2 terdiri dari 9 desa, yaitu: Cibereng, Karangasem, Rajasinga, Kendayakan, Manggungan, Plosokerep, Jatimulya, Jatimunggul dan Cikawung.

Pusat pemerintahan kecamatan Terisi berada di desa Rajasinga, hampir seluruh kantor pemerintahan (kantor camat, Koramil, Polsek, Kantor Urusan Agama) berada di desa tersebut.[butuh rujukan]

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas administratif Kecamatan Terisi adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Losarang
Timur Kecamatan Cikedung
Selatan Kabupaten Sumedang
Barat Kecamatan Kroya, Kecamatan Gabuswetan dan Kecamatan Gantar

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian masyarakat Terisi sebagian besar adalah bertani dan berniaga, diikuti sebagai pegawai/karyawan dan industri kecil. Intensitas perdagangan di Terisi merupakan salah satu yang terbesar di Kabupaten Indramayu, bersama Jatibarang, Haurgeulis, dan Karangampel.

Pusat perekonomian terdapat di Pasar Terisi di desa Karangasem. Di desa ini selain pasar tradisional juga ada lebih dari 3 mini market dan ditunjang pula dengan keberadaan lembaga perbankan seperti BRI (plus Teras BRI), Bank Jabar, dan BPR Mitra Harmoni.

Industri kecil utama yang berkembang di kecamatan Terisi adalah batu bata (bata merah). Penjualan bata merah tidak hanya untuk lingkungan setempat namun sudah dipasarkan sampai ke kota-kota lain seperti Cirebon, Jakarta, Subang, Karawang dan Bekasi. Pusat industri kecil tersebut berada di desa Plosokerep, Rajasinga, dan Jatimulya.

Lahan pertanian di Terisi sebagian besar di manfaatkan untuk penanaman padi. Dalam setahun sebagian besar lahan bisa dua kali panen. Selain padi hasil pertanian lainnya adalah sayuran, palawija dan Mangga.

Selain pertanian di Terisi terdapat areal hutan produksi (Kayu Putih dan Jati)milik Perum Perhutani yang terletak di desa Jatimunggul dan Cikawung. Hasil hutan produksi di daerah ini adalah minyak kayu putih dan kayu jati. Pabrik Penyulingan Minyak Kayu Putih terletak di desa Jatimunggul.[butuh rujukan]