Galaksi ledakan bintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Galaksi starburst)
Aktivitas starburst yang terjadi pada NGC 4449 terjadi secara menyeluruh di galaksinya.

Galaksi ledakan bintang (bahasa Inggris: Starburst galaxy) adalah galaksi yang mengalami tingkat pembentukan bintang yang sangat tinggi. Meskipun aktivitas yang tinggi ini terjadi selama 10 juta tahun atau lebih, ini akan lebih terasa seperti sebulan untuk kehidupan sebuah galaksi berumur 10 juta tahun.[1]

Meskipun mekanismenya masih sedikit yang diketahui, sejumlah astronom berteori bahwa galaksi ledakan bintang terbentuk dari galaksi-galaksi lain yang mengalami tabrakan galaksi di mana Hidrogen dan Helium pada awan-awan antarbintang di galaksi tersebut menjadi terpadatkan dan secara cepat membentuk bintang-bintang baru.[2] Dalam sebuah galaksi ledakan bintang, tingkat pembentukan bintang begitu besar bahwa galaksi akan mengkonsumsi semua waduk gas.

Suatu galaksi ledakan bintang dapat dideteksi oleh observatorium angkasa inframerah seperti Teleskop luar angkasa Spitzer, IRAS (Infrared Astronomical Satellite), dll. Ini dikarenakan unsur pembentuk bintang adalah gas dan debu. Cahaya-cahaya dari bintang diserap oleh debu-debu di awan antarbintang yang di mana debunya bia menghasilkan gelombang Inframerah.

Gelombang sinar-X (terutama oleh Observatorium Chandra) juga memainkan peran penting dalam penelitian galaksi ini. Laju kejadian supernova-supernova yang terjadi pada galaksi ledakan bintang akan membentuk sebuah gelembung raksasa yang mengembang. Ketika galaksi ledakan bintang menjadi sangat kuat, ia dapat membentuk supergelembung yang sangat panas dan berenergi sehingga dapat mengembang ke luar galaksi. Bentukan ini disebut superwind.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chandra :: Field Guide to X-ray Sources :: Starburst Galaxies". www.chandra.harvard.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-19. Diakses tanggal 2020-08-23. 
  2. ^ "Starburst Galaxy | COSMOS". astronomy.swin.edu.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-09. Diakses tanggal 2020-08-23. 
  3. ^ "Chandra :: Field Guide to X-ray Sources :: Starburst Galaxies". chandra.harvard.edu (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-16. Diakses tanggal 2018-02-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]