Galaksi Starburst

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Messier 82 merupakan contoh galaksi starburst

Galaksi Starburst adalah galaksi yang mengalami tingkat pembentukan bintang yang sangat tinggi, dibandingkan dengan rata-rata jangka pembentukan bintang pada galaksi-galaksi lain.

Ini biasanya terjadi pada galaksi-galaksi lain yang mengalami tabrakan galaksi dimana Hidrogen dan Helium pada awan-awan antarbintang di galaksi tersebut menjadi terpadatkan dan secara cepat membentuk bintang-bintang baru. Dalam sebuah galaksi starburst, tingkat pembentukan bintang begitu besar bahwa galaksi akan mengkonsumsi semua waduk gas.

Suatu galaksi Starburst dapat dideteksi oleh observatorium angkasa inframerah seperti Teleskop luar angkasa Spitzer, IRAS (Infrared Astronomical Satellite), dll. Ini dikarenakan unsur pembentuk bintang adalah gas dan debu. Cahaya-cahaya dari bintang diserap oleh debu-debu di awan antarbintang yang dimana debunya bia menghasilkan gelombang Inframerah.

Gelombang Sinar-X (terutama oleh Observatorium sinar-X Chandra) juga memainkan peran penting dalam penelitian galaksi starburst. Laju kejadian supernova-supernova yang terjadi pada galaksi starburst akan membentuk sebuah gelembung raksasa yang mengembang. Ketika galaksi starburst menjadi sangat kuat, ia dapat membentuk supergelembung yang sangat panas dan berenergi sehingga dapat mengembang ke luar galaksi. Hal ini disebut superwind.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chandra :: Field Guide to X-ray Sources :: Starburst Galaxies". chandra.harvard.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-02-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]