Interaksi galaksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tabrakan galaksi)
NGC 3169 (kiri) dan NGC 3166 (kanan) menampilkan beberapa fitur aneh, yang menunjukkan bahwa setiap anggota duo cukup dekat untuk merasakan pengaruh gravitasi yang mendistorsi dari yang lain. Gambar dari Wide Field Imager pada teleskop MPG / ESO 2,2 meter di Observatorium La Silla.

Galaksi yang saling berinteraksi (Inggris:colliding galaxies) adalah galaksi yang medan gravitasinya mengakibatkan gangguan satu sama lain. Contoh interaksi kecil adalah galaksi satelit yang mengganggu lengan spiral galaksi utama. Contoh interaksi utama adalah tabrakan galaksi, yang dapat menyebabkan penggabungan galaksi.

Interaksi satelit[sunting | sunting sumber]

Animasi tabrakan galaksi.

Galaksi raksasa yang berinteraksi dengan satelitnya adalah hal biasa. Gravitasi satelit dapat menarik salah satu lengan spiral primer, atau jalur satelit sekunder dapat bertepatan dengan posisi satelit primer dan dengan demikian akan memasuki galaksi primer (Galaksi Elips Katai ke Wilayah Sagittarius Bima Sakti merupakan salah satu contoh). Hal Itu mungkin bisa memicu sejumlah kecil pembentukan bintang. Kelompok bintang yang seperti itu kadang-kadang disebut sebagai "gumpalan biru" sebelum akhirnya mereka dikenali sebagai bintang.[1]

Tabrakan galaksi[sunting | sunting sumber]

penggabungan galaksi di alam semesta dengan lensa pembesar gravitasi.

Galaksi yang bertabrakan biasa terjadi selama evolusi galaksi.[2] Distribusi materi yang sangat lemah dalam galaksi berarti ini bukanlah tabrakan dalam pengertian tradisional kata tersebut, melainkan interaksi gravitasi.

Tabrakan dapat menyebabkan penggabungan jika dua galaksi bertabrakan dan tidak memiliki cukup momentum untuk melanjutkan perjalanan setelah tabrakan. Dalam hal ini, mereka jatuh kembali satu sama lain dan akhirnya bergabung menjadi satu galaksi setelah banyak galaksi melewati satu sama lain. Jika salah satu galaksi yang bertabrakan jauh lebih besar dari yang lain, sebagian besar akan tetap utuh setelah penggabungan. Galaksi yang lebih besar akan terlihat sama, sedangkan galaksi yang lebih kecil akan melepuh dan menjadi bagian dari galaksi yang lebih besar. Ketika galaksi melewati satu sama lain, tidak seperti saat penggabungan, mereka sebagian besar mempertahankan materi dan bentuk awalnya setelah melewati.

Tabrakan galaksi sekarang sering disimulasikan pada model komputer, yang menggunakan prinsip fisika realistis, termasuk simulasi gaya gravitasi, fenomena disipasi gas, pembentukan bintang, dan umpan balik. Gesekan dinamis memperlambat gerakan relatif pasangan galaksi, yang mungkin bergabung di beberapa titik, sesuai dengan energi relatif awal orbit. Perpustakaan simulasi tabrakan galaksi dapat ditemukan di situs web Observatorium Paris: GALMER.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HubbleSite". Choice Reviews Online. 47 (03): 47–1392–47–1392. 2009-11-01. doi:10.5860/choice.47-1392. ISSN 0009-4978. 
  2. ^ April 2015, Nola Taylor Redd 21. "How the Hubble Space Telescope Changed Our View of the Cosmos". Space.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-29.