FlyLal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
FlyLal (Lithuanian Airlines)
FlyLAL.PNG
IATA ICAO Kode panggil
TE LIL LITHUANIAN
Didirikan1991
Berhenti beroperasi17 Januari 2009
PenghubungBandar Udara Internasional Vilnius
Kota fokusBandar Udara Internasional Palanga
Program penumpang setiaGintarinės mylios (Amber Miles)
Armada13
Tujuan13
Kantor pusatVilnius, Lithuania
Tokoh utamaVytautas Kaikaris, CEO
Situs webflyLAL.com

FLyLAL (juga disebut sebagai Lithuanian Airlines dan LAL) merupakan maskapai penerbangan nasional Lithuania yang berbasis di Vilnius. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan terjadwal domestik dan internasional. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Vilnius[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan ini didirikan pada tanggal 20 September 1938 dan memulai operasinya pada 29 September 1938 sebagai perusahaan penerbangan sipil "Lietuvos oro linijos" (Lithuanian Air Lines), yang memiliki 2 pesawat Percival Q-6. Maskapai ini memulai penerbangannya dari Kaunas ke Palanga dan Riga. Tahun 1940, Lithuania diduduki oleh Uni Soviet. Semua penerbangan di negara itu dioperasikan oleh sebuah cabang regional maskapai Soviet, Aeroflot.

Maskapai tersebut didirikan ulang dan diganti namanya menjadi Lietuvos avialinijos tanggal 20 September 1991, setelah kemerdekaan Lithuania dari USSR. Dibentuk pada basis armada Aeroflot di Vilnius. Selama periode dari tahun 1991 hingga 1993, maskapai ini membuat rute baru dari negara bekas Uni Soviet menuju Eropa Barat. Sementara itu, pesawat buatan Rusia diganti dengan pesawat Barat. Tahun 1991, Boeing 737-200 dimasukkan dalam armada Lithuanian Airlines, pertama kali sejak pendudukan USSR. Hingga 2005, 100% sahamnya dikontrol oleh pemerintah Lithuania.[butuh rujukan]

Setelah kehilangan operasi selama satu dekade, rencana penerbangan trans-Atlantik, mengkritik penjualan slot pendaratan di London Heathrow dan memiliki hutang puluhan juta litas, tahun 2005, perusahaan ini menjadi milik pribadi dan diambil alih oleh "LAL Investiciju Valdymas", yang mengganti nama maskapai ini menjadi "FlyLAL- Lithuanian Airlines". Sahamnya dimiliki seluruhnya oleh "FlyLAL Group" dan memiliki 542 karyawan (Maret 2007).[1]

Maskapai nasional "flyLAL - Lithuanian Airlines" pada perempatan pertama 2007 menjadi maskapai yang mengangkut penumpang terbanyak dari Lithuania. FlyLAL, yang menerbangkan penumpang dari bandar udara Vilnius dan Palanga, selama periode Januari-Maret telah mengangkut 107,6 ribu penumpang (18% lebih banyak dari tahun sebelumnya).

Bulan Februari 2007, "flyLAL - Lithuanian Airlines" menjadi maskapai tepat waktu di Bandar Udara Gatwick, London. Dalam salah satu bandara terbesar Eropa, maskapai nasional Lithuania ini memiliki 38 pesaing dalam bidang ketepatan waktu.

Penerbangan charter perusahaan "flyLAL - Lithuanian Airlines" mulai 2008 akan dioperasikan oleh perusahaan barunya, "flyLAL charters". Pada masa depan, maskapai itu sendiri berencana untuk mengoperasikan penerbangan reguler saja. Sebagai sebuah maskapai penerbangan, "flyLAL charters" akan menjadi cabang dari "flyLAL Group".

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

flyLAL melayani 15 bandar udara di Eropa (tidak termasuk pertukaran kode).[butuh rujukan]

Kota yang dilayani flyLAL adalah:

Armada[sunting | sunting sumber]

FlyLal Boeing 737-500

Armada "FlyLAL - Lithuanian Airlines" mencakup:

2 "Boeing 737-300"

LY-AQU, LY-AQV

5 "Boeing 737-500"

LY-AGZ, LY-AGQ, LY-AZY, LY-AZW, LY-AWD

6 "Saab 2000"

LY-SBC Suvalkietis, LY-SBD Dzūkas, LY-SBK, LY-SBQ, LY-SBY, LY-SBW

Armada Terdahulu:

Antonov An-24B, Antonov An-26B, Boeing 737-2Q8/Adv, Boeing 737-2T2/Adv, Saab 340B, ATR 42-300, Yakovlev Yak-40, Yakovlev Yak-42, Yakovlev Yak-42D, Tupolev Tu-134A

Warna[sunting | sunting sumber]

Boeing pertama Lithuanian Airlines, dicat merah, dengan lambang negara putih yang digunakan sebagai logo. Segera, semua pesawat LAL akan dicat putih dengan garis kuning-hijau-merah (warna bendera nasional). Warna tersebut dapat dilihat pada beberapa pesawat LAL. Mulai 2005, setelah perusahaan ini menjadi milik pribadi dan berganti nama, warna pesawatnya diganti menjadi merah jambu dan putih.[butuh rujukan]

flyLAL Technics[sunting | sunting sumber]

Departemen Teknis flyLAL, yang dinamai flyLAL Technics merupakan Organisasi Perbaikan dan Perawatan yang disetujui EASA PART 145.

Pengguna flyLAL Technics adalah:

Mitra pertukaran kode[sunting | sunting sumber]

Sekarang, flyLAL mengoperasikan penerbangan langsung dari Vilnius dan Palanga menuju 18 kota. Dalam kerjasama dengan mitra pertukaran kodenya, maskapai ini menawarkan penerbangan antara Vilnius dan 600 kota lainnya di dunia. FlyLAL memiliki perjanjian pertukaran kode dengan beberapa maskapai[butuh rujukan]:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Flight International 3 April 2007