Fifty Shades of Grey (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fifty Shades of Grey
Fifty Shades of Grey poster.jpg
Sutradara Sam Taylor-Johnson
Produser
Skenario
Berdasarkan Fifty Shades of Grey 
oleh E. L. James
Pemeran
Musik Danny Elfman
Sinematografi Seamus McGarvey
Penyunting Susan Littenberg
Sabrina Plisco
Perusahaan
produksi
  • Michael De Luca Productions
  • Trigger Street Productions
Distributor
Tanggal rilis
  • 13 Februari 2015 (2015-02-13)
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $40,000,000

Fifty Shades of Grey adalah sebuah film drama romantis/erotis Amerika Serikat yang disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson dan skenarionya ditulis oleh Kelly Marcel. Berdasarkan pada novel laris karya E.L James dengan judul yang sama, film ini dibintangi oleh Jamie Dornan dan Dakota Johnson. Film ini dirilis pada 13 Februari 2015, di bawah produksi Michael De Luce Productions, Trigger Street Productions[1], Focus Features, dan didistribusikan oleh Universal Pictures.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

bermula ketika Anastasia “Ana” Steele (Dakota Johnson) bersedia membantu teman sekampusnya, Kate Kavanagh (Eloise Mumford) untuk mewawancarai seorang miliarder muda berusia 27 tahun, Christian Grey (Jamie Dornan), yang akan dimuat di Koran kampus. Mahasiswi sastra dari Washington State University, Vancouver yang masih berusia 21 tahun itu pun pergi ke Seattle, di mana perusahaan milik Grey berlokasi.

Selesai melakukan wawancara, pertemuan mereka itu pun berlanjut dengan minum kopi bersama. Ternyata Grey adalah seorang pria yang sempurna, tampan, brilian, namun memiliki sifat yang suka memaksakan kehendak. Meskipun begitu, Ana yang seorang gadis polos dan lugu, rupanya diam-diam tertarik dan menyukai Grey. Dan tanpa disadarinya, begitu pula dengan Grey yang juga jatuh hati pada Ana. Namun, perasaan itu belum bisa terungkapkan.

Setelah Ana menyelesaikan kuliahnya, dia mengadakan pesta bersama teman-temannya. Karena terlalu banyak minum minuman beralkohol, Ana pun pingsan. Pada saat itu, Grey datang menjumpainya. Ketika bangun dari pingsannya, Ana menemukan dirinya telah berada di kamar hotel bersama Grey. Namun, dia merasa lega karena Grey sama sekali tidak berbuat jahat padanya. Sejak itu, mereka pun sepakat untuk menjalin hubungan berdua.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2012, beberapa studio Hollywood telah mempersembahkan atau telah menyiapkan presentasi kepada penulis dan agennya untuk mendapatkan hak cipta pembuatan film dari Trilogi Fifty Shades.[13] Warner Bros, Sony, Paramount, dan Universal, serta perusahaan produksi film Mark Wahlberg juga mengajukan diri untuk membeli hak cipta film.[14][15] dengan Universal Pictures dan Focus Features pada akhirnya memperoleh hak cipta untuk trilogi tersebut pada Maret 2012.[2] Akhirnya Universal dan Focus Features mendapatkan hak cipta untuk film trilogi ini pada Maret 2012. Sang penulis James berusaha untuk mengontrol produksi kreatif pembuatan film ini. E.L James memilih Produser The Social Network Michael De Luca dan Dana Brunetti untuk bergabung bersamanya sebagai produser film ini. Walaupun penulis American Psycho Bret Easton Ellis secara terang-terangan menyatakan ingin menulis skenario film ini, Kelly Marcel, penulis skenario Saving Mr. Banks, terpilih untuk menulis skenario film ini. Patrick Marber yang dibawa oleh Taylor-Wood dipilih untuk memoles skenario film ini, terutama dibagian “pengkarakteran”. Universal menyewa Mark Bomback untuk penulisan skrip kedokteran, Mark Bridges dipilih sebagai perancang kostum. Entertainment Weekly memperkirakan biaya produksi film ini “sekitar-atau-pas US$40 Juta”.

Sutradara[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2013, studio mempertimbangkan Joe Wright untuk mengarahkan film ini, tetapi tidak berhasil dikarenakan jawdal dari Wright sendiri yang padat. Sutradara lainnya yang dipertimbangkan untuk mengarahkan film ini termasuk Patty Jenkins, Bill Condon, Bennett Miller, dan Steven Soderbergh. Pada bulan Juni 2013, E.L James mengumumkan bahwa Sam Taylor-Johnson akan menyutradarai adaptasi film ini.

Pemilihan pemeran[sunting | sunting sumber]

James merasa bahwa memilih Robert Pattinson dan Kristen Stewart sebagai pemeran utama akan sangat “aneh”. Bret Easton Ellis menyatakan bahwa Pattinson adalah pilihan pertama James untuk memerankan tokoh Christian Grey. Ian Somerhalder dan Chace Crawford adalah nama-nama yang tertarik untuk memerankan tokoh Christian Grey. Somerhalder kemudian mengakui bahwa jika ia terpilih, proses syuting film ini akan sangat bertentangan dengan jadwal syutingnya untuk The CW, seri dari The Vampire Diaries. Pada 2 September 2013, penulis E.L James mengumumkan bahwa Charlie Hunnam dan Dakota Johnson telah terpilih sebagai pemeran tokoh Christian Grey dan Anastasia Steele. Daftar pendek beberapa aktris yang dipertimbangkan sebagai pemeran Anastasia termasuk Alicia Vikander, Imogen Poots, Elizabeth Olsen, Shailene Woodley, dan Felicity Jones. Keeley Hasell diaudisi untuk peran yang belum ditentukan. Lucy Hale juga diaudisi untuk film ini.

Studio pada awalnya menginginkan Ryan Gosling sebagai Christian, tetapi dia tidak tertarik terhadap karakter ini. Garret Hedlund juga dipertimbangkan, tetapi dia tidak “terhubung” dengan sang karakter. Stephen Amell berkata dia tidak ingin memerankan peran sebagai Christian Grey karena “saya benar-benar tidak menemukan dia untuk menjadi sesuatu yang menarik perhatian saya.. tak ada hal mengenai Christian Grey yang benar-benar berbicara kepadaku”. Hunnam pada awalnya menolak peran tokoh Christian tetapi kemudian dia kembali mempertimbangkan hal ini setelah bertemu dengan kepala studio. Hunnam berkata tentang proses audisi: “Aku merasa benar-benar tertarik mengenai peran ini, jadi aku pulang dan membaca buku pertama untuk lebih memperjelas gagasan akan siapa sebenarnya karakter ini, aku benar-benar lebih tertarik untuk membawa prospek untuk membawanya ke dunia nyata. Kami (Taylor-Johnson dan saya) sama-sama menyarankan untuk membaca bukunya bersama dengan Dakota, yang mana dia adalah favorit, segera setelah kami masuk ke dalam ruangan dan membaca bersama Dakota, aku tahu bahwa sesungguhnya aku menginginkan peran ini. Seperti ada ikatan di antara kami berdua. Aku merasa sangat bersemangat dan menyenangkan dan aneh dan juga menarik” . Menanggapi respons negatif dari penggemar mengenai proses pemilihan pemeran, produser Dana Brunetti mengatakan: “Ada banyak hal tak terlihat dalam proses pemilihan pemeran, bakat, ketersediaan, keinginan mereka memerankan, ikatan kepemeran yang lain, dan lain-lain. Jadi jika aktor favorit kalian tidak terpilih, kemungkinan besar karena sesuatu dalam daftar tersebut. Pelihara hal ini dalam kepalamu selagi kau membenci hal ini dan tetap jaga perspektif”.

Pada bulan Oktober 2013, aktris Jennifer Ehle melakukan pembicaraan untuk mendapatkan peran ibu Anastasia, Carla. Pada 12 Oktober 2013, Universal Pictures mengumumkan bahwa Hunnam memiliki konflik dengan jadwal syutingnya untuk perannya di FX, seri dari Sons of Anarchy. Alexander Skarsgard, Jamie Dornan, Theo James, Francois Arnaud, Scott Eastwood, Luke Bracey, dan Billy Magnussen berada pada daftar teratas untuk menggantikan Hunnam sebagai Chrtian Grey. Akhirnya, pada 23 Oktober 2013, Dornan terpilih sebagai pemeran Christian Grey. Pada 31 Oktober 2013 Victor Rasuk terpilih sebagai pemeran Jose Rodriguez, Jr. Pada 22 November 2013 Eloise Mumford terpilih sebagai pemeran Kate Kavanagh. Pada 2 Desember 2013, Penyanyi Rita Ora terpilih sebagai pemeran adik wanita Christian, Mia. Pada awalnya Ora ingin bekerja pada pembuatan soundtracknya. Pada 3 Desember 2013, Marcia Gay Harden, terpilih sebagai pemeran Grace, ibu Christian.

Proses syuting[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2013, proses syuting dijadwalkan dimulai pada tanggal 5 November 2013 di Vancouver, British Columbia. Bulan berikutnya, produser Michael De Luca mengumumkan bahwa proses syuting akan dimulai pada tanggal 13 November 2013. Proses pengambilan gambar sekali lagi ditunda dan baru mulai pada 1 Desember 2013. Pengambilan gambar adegan dilakukan di Distrik Gastown, Vancouver. Bentall 5 digunakan sebagai Gedung Enterprise milik Gray. Universitas British Columbia digunakan sebagai Universitas Vancouver Negara Bagian Washington, tempat Ana kuliah. Hotel Vancouver Fairmont digunakan sebagai Hotel milik Heathman. Proses pengambilan gambar juga dilakukan di Studio North Shore. Produksi film secara resmi berakhir pada 21 Februari 2014. Adegan antara Dornan dan Johnson kembali direkam dan mengambil tempat di Vancouver selama sepekan yang berakhir pada tanggal 13 Oktober 2014.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama : Fifty Shades of Grey (Soundtrack)

Penulis novel E.L. James mengumumkan bahwa Sountrack dari film ini akan dirilis pada 10 Februari 2015. Sebelum perilisan sountrack, single pertama dari album ini, “Earned it” yang dibawakan oleh The Weekend, telah dirilis pada 24 Desember 2014. Pada 7 Januari 2015, single kedua “Love Me Like You Do” dibawakan oleh Ellie Goulding dirilis. Penyanyi Berkebangsaan Australia, Sia, akan merilis single ketiga dari album ini, “Salted Wound” pada 27 Januari 2015.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2013, Kepala Universal, Adam Fogelson mengatakan kepada The Hollywood Reporter tentang perilisan: “Kami telah membayangkan bahwa kami telah siap untuk merilis film ini pada awal musim panas tahun depan.” Pada awalnya studio mengumumkan akan merilis film ini pada 1 Agustus 2014. Entah bagaimana pada November 2013, jadwal rilisnya di dorong ke tanggal 13 Februari 2015 pada malam Hari Valentine.

Penulis skenario Marcel mengatakan bahwa dia berharap film ini akan diberi rating NC-17, walaupun produser Brunetti dan perwakilan dari Universal menolak mengkonfirmasi pernyataan tersebut. Produser De Luce mengatakan bahwa film ini akan diberi rating R. Seperti yang diperkirakan, pada 5 Januari 2015, MPAA memberi rating R “untuk konten seksual yang kuat termasuk dalam dialognya, beberapa perilaku yang tidak biasa, kebugilan, dan bahasa yang digunakan”.

Kontroversi rating[sunting | sunting sumber]

Pemberian rating R pada film ini telah menjadi subjek kritikan besar, Kelompok Pengawas Anti-Pornografi Morality in Media (Moralitas dalam Media) berpendapat mengenai rating R dalam film ini: “Tema kekerasan yang sangat merusak di film ini tidak cukup hanya dengan memberitahu orang tua dan penonton tentang konten film ini”. Mereka juga mengatakan bahwa MPAA membiarkan kekerasan seksual dalam film ini tanpa memberi rating NC-17.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Poster film ini dirilis tiga kali pada tahun 2014 sebagai bentuk pemasaran. Pada 25 Januari 2014 mengedarkan poster di 5 tempat berbeda di Amerika Serikat dengan menunjukkan kata “Mr. Grey will see you now” (Tn. Grey akan melihat Anda sekarang). Pada 14 Februari 2014 tepat setahun sebelum perilisan, poster film tentang Johnson sebagai Anastasia dirilis. Pada 18 Juni 2014, akun twitter resmi dari film ini merilis poster Dornan sebagai Christian sebagai bentuk penghargaan atas ulang tahun Christian pada tanggal tersebut.

Pada tanggal 9 Juli 2014, penulis buku, E.L. James, mengumumkan di akun resmi Twitternya bahwa trailer film ini akan dirilis pada 24 Juli 2014. Beyonce memulai debut teaser untuk trailer di akun resmi Instagramnya 5 hari sebelum trailer resmi dirilis. Dan pada perilisan trailer Dornan dan Johnson berada di The Today Show untuk menyajikan bagian yang sesuai dari trailer untuk acara televisi pagi; sebuah trailer penuh yang berisi adegan lebih bersemangat dirilis kemudian pada hari yang sama di internet. Trailer ini adalah versi baru dari lagu “Crazy in Love” oleh Beyonce, yang mengatur dan menyusun ulang lagu tersebut bersama kaloboratornya, Boots.

Trailer ini berhasil mengumpulkan 36.400.000 penonton di minggu pertama perilisannya, membuatnya sebagai trailer dengan penonton terbanyak di 2014, sampai rekor ini dikalahkan oleh trailer Avengers: Age of Ultron, pada bulan Oktober 2014. Pada bulan Desember 2014 trailer ini memecahkan rekor sebagai trailer yang paling banyak ditonton pada 2014 dengan 93 Juta tampilan dalam 4 bulan pertama peluncurannya. Akumulasi penonton trailer ini lebih dari 100 juta tampilan pada minggu pertama perilisan dari saluran dan situs web yang berbeda, menjadikannya trailer dengan penonton terbanyak di minggu pertama perilisannya dalam sejarah. Trailer kedua dari film ini dirilis pada 13 November 2014.

Film ini tidak ditayangkan di bioskop Indonesia karena tidak sesuai dengan kriteria sensor Lembaga Sensor Film (LSF).

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Menurut situs penjualan-tiket, Fandango, Fifty Shades of Grey menjadi film dengan rating R yang paling cepat terjual tiketnya dalam sejarah 15 tahun situs ini berdiri, melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh Sex and the City 2. Fandango juga melaporkan bahwa tiket ini telah habis terjual seperti film hits dengan rating R lainnya yakni Hangover kedua dan Gone Girl. Ia juga meraih rekor film dengan penjualan tiket terbesar diminggu pertamanya untuk film tanpa-sekuel, mengalahkan rekor film yang dipegang The Hunger Games (2012).

Karena permintaan besar untuk film ini maka pemilik teater diseluruh Amerika Serikat menambahkan jam tayang baru. Prediksi awal untuk penjualan minggu pertama film ini akan meraih keuntunggan antara US$40Juta – US$50 juta di akhir pekan pertama perilisannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miller, Julie (July 10, 2012). "Fifty Shades of Grey Film Gets Oscar-Nominated Producers, Christian Grey–Casting Inspiration". Vanity Fair. Diakses tanggal August 12, 2013. 
  2. ^ a b Fleming, Mike (March 26, 2012). "Universal Pictures and Focus Features win Fifty Shades of Grey". Deadline.com. PMC. Diakses tanggal May 7, 2012. 
  3. ^ SinopsisFilm.Reviews, Sinopsis Film Fifty Shades of Grey ~ Trailer Review dan Resensi, 13 Mei 2015
  4. ^ Kroll, Justin (22 November 2013). "‘Fifty Shades’: Eloise Mumford Tapped to Play Anastasia Steele’s Roommate". Variety. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  5. ^ Kit, Borys (25 Oktober 2013). "'True Blood' Actor Joins 'Fifty Shades of Grey'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  6. ^ Ora, Rita (2 Desember 2013). "Twitter / RitaOra : It's official! I've been cast ...". Twitter.com. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  7. ^ Sneider, Jeff (31 Oktober 2013). "‘Fifty Shades of Grey’ Casts ‘How to Make It in America’ Star Victor Rasuk as Jose". The Wrap. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  8. ^ Kroll, Justin (26 November 2013). "Max Martini to Play Christian Grey’s Bodyguard in ‘Fifty Shades of Grey’". Variety. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  9. ^ Denham, Jess (5 Desember 2013). "Dylan Neal to Play Anastasia's step-father in ‘Fifty Shades of Grey’". Independent. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  10. ^ Yamato, Jen. "'Fifty Shades Of Grey' Movie Casts Callum Keith Rennie". Deadline.com. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  11. ^ Fleming, Mike (7 Oktober 2013). "Jennifer Ehle Joining ‘Fifty Shades Of Grey’ As Anastasia Steele’s Mother". Deadline.com. PMC. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  12. ^ Kit, Borys Kit. "'Fifty Shades of Grey' Adds Marcia Gay Harden as Christian Grey's Mother". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  13. ^ Sperling, Nicole; Zeitchik, Steven (March 20, 2012). "50 Shades of Grey has studios hot and bothered". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 7, 2012. 
  14. ^ "Mark Wahlberg Talks Fifty Shades of Grey". Yahoo! Movies. June 18, 2012. Diakses tanggal July 5, 2012. 
  15. ^ Deahl, Rachel (January 9, 2012). "Publishers Weekly: British Erotica Series Catches Hollywood's Eye". Publishers Weekly. Diakses tanggal May 7, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]