The Weeknd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Templat:Patronymic name

The Weeknd
The Weeknd 2015.jpg
The Weeknd tampil di Bumbershoot pada 2015
Lahir Abel Makkonen Tesfaye
16 Februari 1990 (umur 28)
Toronto, Ontario, Kanada
Pekerjaan
  • Penyanyi
  • Penulis lagu
  • Produser rekaman
Tahun aktif 2010–sekarang

Karier musik
Genre
Instrumen Vokal
Label
Artis terkait
Situs web theweeknd.com

Abel Makkonen Tesfaye (lahir 16 Februari 1990; umur 28 tahun), yang lebih dikenal dengan sebutan The Weeknd (dibaca "the weekend"), adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman Kanada.[1]

Pada akhir 2010, Tesfaye secara anonim mengunggah beberapa lagu ke YouTube dengan nama "The Weeknd". Ia merilis tiga mixtapes sembilan lagu sepanjang 2011: House of Balloons, Thursday dan Echoes of Silence, yang meraih sambutan meriah.[2] Pada 2012, ia merilis sebuah album kompilasi Trilogy, tiga puluh lagu yang terdiri dari mixtape yang dimaster ulang dan tiga lagu tambahan. Album tersebut dirilis di bawah label Republic Records dan labelnya sendiri XO.

Pada 2013, ia merilis album studio debutnya Kiss Land, yang didukung oleh singel-singel "Kiss Land" dan "Live For". Album keduanya, Beauty Behind the Madness, yang menjadi album nomor satu pertamanya di Billboard 200 AS, meliputi singel nomor tiga "Earned It" dan memproduksi singel-singel nomor satu "The Hills" dan "Can't Feel My Face". Lagu-lagu tersebut masuk tiga besar di tangga lagu Hot R&B Songs Billboard, menjadikannya artis pertama dalam sejarah yang mencapainya.[3] The Weeknd memenangkan dua Grammy Award dan sembilan Juno Award.[4] Pada September 2016, perilisan album ketiga Starboy diumumkan bersama dengan perilisan singel lagu utama "Starboy", yang kemudian meraih peringkat satu pada Billboard Hot 100.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Page 6 of Sex, Drugs and R&B: Inside The Weeknd's Dark Twisted Fantasy". Rolling Stone. Diakses tanggal 1 November 2015. 
  2. ^ "House of Balloons – The Weeknd". Metacritic. Diakses tanggal 16 March 2012. 
  3. ^ "Alone on the podium: The Weeknd becomes first artist to take over Billboard R&B chart" Archived 1 March 2016 at the Wayback Machine.. CBC Music, 17 July 2015.
  4. ^ "The Weeknd really cleaned up this Juno Awards weekend" (dalam bahasa Inggris). CBC News. Diakses tanggal 2 March 2017. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]